Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini di Dalam Pesawat

Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini di Dalam Pesawat
Sumber :

VIVA – Etiket pesawat ini harus kamu hapal agar perjalananmu dan penumpang lain tetap nyaman meski terbang belasan jam.

Israel vs Iran, Mana Lebih Unggul dalam Perlengkapan Militer?

Sembari menunggu kesimpulan dari perdebatan tidak boleh memotret atau memvideokan aktivitas di dalam pesawat terbang, satu hal yang pasti: memang ada beberapa hal (baca: etiket) yang sebaiknya tidak penumpang lakukan saat berada di ketinggian puluhan ribu kaki. Dosa besar. Sulit dimaafkan (mungkin harus menunggu hari raya berikutnya agar kesalahan terlupakan dan permohonan maaf dikabulkan). Berikut beberapa di antaranya:

Menendang-nendang sandaran kursi
Serius, ini sangat super duper menyebalkan. Satu-dua kali terjadi mungkin bisa dimaklumi, tapi lebih dari itu niscaya akan terjadi reaksi. Dari penumpang yang super agresif, kamu mungkin akan dilabrak secara verbal (atau fisik); sementara yang introvert dan pendiam akan terwujud dalam bentuk pasif agresif, yakni mata melotot dan ekspresi culas ala Maleficent. Respon yang sama bisa juga terpancing jika sandaran kursimu menginvasi teritori penumpang lain. Kita tahu kakimu panjang, tapi tidak perlu pamer, lho.

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

httpsnypost.com

Memakai celana pendek
Seandainya kamu baru terbangun dari tidur panjang selama ribuan tahun, kamu perlu tahu bahwa pesawat terbang bukanlah tempat paling higienis di dunia ini. Bahkan ketika interiornya terlihat elegan, berkilau dan putih tidak berdosa. Semua itu hanya sebatas mata memandang saja.

10 Negara Paling Bahagia di Asia, Indonesia Peringkat Berapa?

Sama seperti beberapa bagian pesawat lainnya (jendela–jangan bersandar; flush toilet—jangan disentuh dengan tangan telanjang; lantai–jangan bertelanjang kaki; nampan–jangan makan makanan yang jatuh di atasnya), tempat duduk biasanya tidak bersih dan bisa menjadi tempat persembunyian kaum kuman. Dan kamu tidak pernah tahu siapa yang duduk di situ sebelum kamu (*merinding). Jadi, usahakan memakai rok/celana/gaun panjang.

Lupa diri terhadap alkohol
Ah, nikmatnya berada di pesawat ditemani segelas wine atau bir atau sampanye. Apalagi dengan pemikiran “ini servis gratis”–padahal “there’s no such thing as a free lunch”. Jangan salah kaprah, silakan menikmatinya, terlebih jika kamu mengidap aerophobia dan terkadang alkohol memang bisa menenangkan saraf-saraf tegang.

Akan tetapi yang disarankan di sini adalah meminumnya layaknya orang dewasa yang bertanggung jawab. Efek minum dua gelas alkohol di dalam pesawat lebih cepat dan kuat dibandingkan satu botol di daratan. Percayalah, skenario Home Alone 2 hanya lucu di film.

www.elledecor.com

Bicara 24/7
Sejujurnya keahlian ini akan sangat dihargai dan dibutuhkan dari seorang customer service, misalnya. Sedikit basa-basi masih bisa dimaklumi (dan terkadang dibutuhkan), tapi seluruh penumpang pesawat tidak perlu mengetahui silsilah percintaanmu dari jaman nabi Adam. Simpanlah untuk siapa pun yang kamu temui setelah mendarat nanti.

www.pinterest.cacntraveler

Meninggalkan “jejak” di toilet
Serius, siapa atau apa sih, yang mengejar atau menghantui hidup seseorang sehingga tidak sempat membersihkan sisa-sisa makanannya? Sekali lagi, keberuntungan akan menyelimuti hidupmu jika kamu membersihkan toilet dengan benar setelah pemakaian.

viewfromthewing.boardingarea.com

Wah, membaca ini pasti membuatmu mengangguk-angguk dan mengingat kekesalan lama. Ceritakan dong, pengalaman menyebalkan yang pernah kamu alami di dalam pesawat? Atau jangan-jangan, kamu pernah melakukan hal-hal tabu di atas! Tuliskan kisahmu di bagian komentar, ya.

Mau cari tempat belanja murah lainnya? Coba jelajahi Singapura dengan buku petunjuk wisata yang sudah dilengkapi dengan stasiun-stasiun MRT dan moda transportasi umum lainnya. Unduh di sini dan dapatkan juga jalur-jalur lain yang bisa diakses bis kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya