Alternatif Perjalanan Menuju Singapura

Alternatif Perjalanan Menuju Singapura
Sumber :

VIVA.co.id – Salah satu negara yang dekat dengan Indonesia, adalah Singapura. Karena kedekatan jaraknya, Anda bisa memilih opsi perjalanan menuju Singapura dari berbagai arah. Ada tiga pilihan, yaitu jalur udara, laut dan darat. Mungkin, beberapa opsi ini bisa dipertimbangkan sesuai kondisi materi dan fisik Anda.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

Perjalanan Udara
Tentu perjalanan udara memang lebih praktis dan cepat. Namun, tarifnya lebih mahal jika dibanding dengan perjalan udara dan perjalanan darat. Untuk itu, biaya perjalanan perlu diatur sebaik mungkin, karena biaya penerbangan menghabiskan separuh anggaran perjalanan. Jika Anda ingin menekan biaya perjalanan tapi tetap ingin melalui jalur udara, Anda bisa mencari promo-promo tiket di waktu-waktu tertentu. Anda bisa memilih maskapai-maskapai budget airline jika Anda ingin.

Singapura memiliki Bandara Changi yang merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia. Ada empat maskapai lokal Singapura, salah satunya adalah Singapore Airlines yang terkenal dan maskapai murah, Tiger Airways dan Scoot.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Perjalanan Laut
Pilihan lain untuk menuju Singapura adalah lewat jalur laut. Anda bisa mencapainya dengan naik kapal ferry ke pelabuhan Singapore HarbourFront Centre yang terhubung ke pelabuhan Batam Center, Harbour Bay, Sekupang, dan Nongsa. Traveler lebih sering melakukan perjalanan laut dari Batam Center karena banyak pilihan ferry untuk dinaiki dan memakan waktu tempuh dari Batam Center ke Singapura sekitar 1 jam.

Beberapa perusahaan ferry beroperasi dari pagi sampai malam dengan jadwal pemberangkatan hampir setiap jam. Tarifnya juga berubah-ubah sesuai dengan penyesuaian harga bahan bakar.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Selain tujuan Singapura, dari Batam beroperasi juga ferry dengan tujuan ke Malaysia, Johor Bahru, yaitu ke Pelabuhan Stulang. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan darat ke Singapura.

Rute ini merupakan alternatif untuk menghemat biaya perjalanan. Tarif yang ditawarkan ditambah dengan biaya ferry memang lebih murah dibanding penerbangan langsung.

Perjalanan Darat
Jika ingin perjalanan darat langsung dari Indonesia, Anda tidak bisa mencapainya karena terpisah oleh laut. Namun, Anda bisa melakukan perjalanan darat dari Malaysia. Sangat disarankan jika Anda ingin berjalan-jalan ke Singapura dan Malaysia sekaligus.

Perjalanan darat ke Singapura dapat ditempuh melalui Johor Bahru Malaysia, yang berbatasan langsung dengan Singapura. Kedua perbatasan ini dihubungkan oleh jembatan Causeway Bridge sepanjang 1,2 Kilometer.

Ada dua imigrasi di Singapura yaitu di Woodlands untuk bagian utara, dan Tuas untuk bagian barat yang beroperasi selama 24 jam sehari. Antriannya cukup panjang jika sudah musim liburan. Anda bisa memilih opsi perjalanan darat ini jika Anda tidak terburu-buru, dan tertarik berjalan-jalan di Kota Johor Bahru terlebih dahulu.

Itulah tiga pilihan untuk menuju Singapura. Ada banyak rute, bukan? Sekali lagi, perjalanan laut dan darat memang lebih murah dibanding jalur udara. Namun, perjalanan darat dan laut bisa Anda pertimbangkan kembali, jangan sampai pengeluarannya lebih banyak daripada rute jalur udara. Anda juga harus melihat kondisi materi dan fisik, serta jumlah orang yang ikut serta dengan Anda. Selamat melancong ke Singapura!

Mau cari tempat belanja murah lainnya? Coba jelajahi Singapura dengan buku petunjuk wisata yang sudah dilengkapi dengan stasiun-stasiun MRT dan moda transportasi umum lainnya. Unduh di sini dan dapatkan juga jalur-jalur lain yang bisa diakses bis kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya