6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum ke Singapura

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum ke Singapura
Sumber :

VIVA – Sebelum liburan ke Singapura untuk pertama kalinya, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi mengenai negara singa laut ini. Selain untuk membantu Anda menyesuaikan diri disana, Anda juga bisa menyiapkan kebutuhan tersebut lebih dulu sebelum berangkat. Ada beberapa hal kecil yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum pergi ke Singapura.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Mata Uang

Singapura menggunakan Dollar Singapura sebagai mata uang untuk bertransaksi. Pecahan uangnya terdiri dari S$2, S$5, S$10, S$50, S$100, S$1,000 dan S$10,000. Beberapa pecahan koin juga ada seperti 5, 10, 20 and 50 sen dan S$1.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Cuaca

Singapura termasuk negara tropis dan cenderung panas. Suhunya bisa melebihi dari 30°C. Tidak perlu membawa jaket tebal atau syal musim dingin, karena Singapura memiliki cuaca yang hampir sama persis dengan Indonesia. Anda juga harus siap sedia payung karena hujan bisa mengguyur Singapura kapanpun.

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum ke SingapuraCuaca cenderung panas di Singapura

Stop Kontak (Steker Listrik)

Siapapun butuh aliran listrik untuk memenuhi kebutuhan barang-barang elektronik. Tidak seperti standar stop kontak di Indonesia yang menyediakan stop kontak dengan dua kaki berbentuk silinder, Singapura menyediakan stop kontak dengan tiga kaki berbentuk persegi. Anda bisa membawa universal adaptor untuk menyesuaikan steker listrik di Singapura.

Kran Air Minum

Anda bisa meminum air langsung dari kran air yang disediakan di beberapa tempat di Singapura yang dikenal dengan sebutan “Tap Water”. Air ini sudah melewati WHO standar, jadi tidak perlu khawatir untuk meminumnya. Anda bisa membawa botol sendiri setiap pergi jalan-jalan, dan mengisinya di kran air. Biasanya, tempat isi air minum

gratis ini terdapat di tempat-tempat wisata dan berdekatan dengan toilet. Akan lebih hemat kan, dari pada membeli sebotol air mineral di kios setempat? Tap Water bisa anda temui salah satunya di Bandara Changi.

Tourist Pass

Berencana untuk mengelilingi Singapura dengan transportasi umum? Sebaiknya Anda membeli Singapore Tourist Pass yang bisa Anda dapatkan di Stasiun MRT Bandara Changi. Sama halnya dengan e-money yang biasa Anda gunakan di Indonesia, Tourist Pass ini bisa Anda gunakan untuk MRT, LRT atau Bus.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum ke SingapuraTourist Pass atau EZ Link

Eskalator

Saat Anda sedang berada di Bandara atau Stasiun MRT, ada peraturan khusus yang tidak tertulis yang harus Anda tahu. Anda harus berdiri di sisi kiri eskalator untuk naik atau turun. Kecuali, Anda sedang tergesa-gesa mengejar waktu, Anda diperbolehkan menggunakan eskalator sisi kanan. Anda bisa berlari menaiki atau menuruni eskalator di sebelah kanan tanpa mengganggu orang lain yang berdiri di sisi kiri eskalator.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum ke SingapuraEskalator

Sebenarnya masih banyak hal yang perlu Anda ketahui sebelum pergi ke Singapura. Beberapa informasi diatas mungkin bisa membantu Anda untuk bisa menyesuaikan diri di negara singa laut tersebut.

Mau cari tempat belanja murah lainnya? Coba jelajahi Singapura dengan buku petunjuk wisata yang sudah dilengkapi dengan stasiun-stasiun MRT dan moda transportasi umum lainnya. Unduh di sini dan dapatkan juga jalur-jalur lain yang bisa diakses bis kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya