Kemenparekraf akan Jadikan Hotel Tempat Tinggal Petugas Medis COVID-19

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Pandemi virus corona atau COVID-19, juga merugikan sektor perekonomian dan pariwisata. Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama. 

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Melalui Virtual Press Statement Menparekraf yang membahas mengenai Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Tengah Wabah COVID-19, Wishnutama mengatakan, kalau pariwisata merupakan sektor paling pertama yang terdampak dan memiliki tantangan terbesar.

"Ketika kita bicara sektor pariwisata, saya tidak hanya bicara mengenai hotel, restoran, event organizer, travel agent, dan lain-lain. Juga ada jutaan pekerjaan di dalamnya, ada usaha kecil menengah di sana, ada penduduk daerah tertentu yang mengandalkan pariwisata sebagai mata pencaharian utamanya di sana, ada supply change pariwisata, pekerja, usaha yang menjadi supplier hotel, restoran dan berbagai usaha pariwisata yang jumlahnya besar," ujarnya saat virtual press statement di YouTube Kemenparekraf, Senin, 23 Maret 2020. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Saat ini, menurutnya, pemerintah sedang mempersiapkan berbagai kebijakan dan langkah agar dapat mengurangi dampak pandemi ini terhadap berbagai usaha, termasuk sektor pariwisata, ekonomi kreatif, dan juga para pekerjanya dalam waktu dekat. Saat ini Kemenparekraf sedang melakukan koordinasi kementerian dan lembaga terkait untuk mewujudkan langkah-langkah tersebut. 

Sejalan dengan Inpres Nomor 4 tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi pada 22 Maret,mengenai refocusing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam percepatan penanganan COVID-19. Kemenparekraf sedang merealokasi berbagai anggaran untuk penanganan COVID-19 ini. Ada beberapa langkah yang Kemenparekraf lakukan, apa saja?

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kemenparekraf sedang mempersiapkan kerja sama dengan jaringan hotel untuk menjadi sarana tempat tinggal para tenaga medis dan gugus tugas di berbagai daerah, agar mereka lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani wabah. Dan jika diperlukan, nantinya bisa dijadikan lokasi isolasi mandiri," kata dia. 

Secara khusus, Wishnutama mengaku sudah berbicara dengan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, untuk berkoordinasi tentang hal ini. Kemenparekraf juga sedang melakukan koordinasi dengan penyedia transportasi untuk menyediakan alat transportasi untuk para petugas medis dan gugus tugas. 

"Pemerintah juga akan berupaya mengusulkan berbagai stimulus ekonomi agar dapat meringankan beban dan biaya untuk para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga dapat mengurangi potensi PHK karyawan di sektor tersebut," tutur Wishnutama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya