Terpaksa Naik Pesawat? Begini Cara Minimalkan Risiko Tertular COVID-19

Ilustrasi penumpang pesawat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Meski kasus virus corona atau COVID-19 terus meningkat, pemerintah di beberapa negara memutuskan untuk melonggarkan karantina. Perjalanan udara domestik sudah dibuka kembali, namun para pelancong diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan tindakan pencegahan, yaitu selalu menggunakan masker.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Tidak dapat disangkal bahwa virus corona akan mengubah cara kita hidup dan bepergian. Beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat melakukan penerbangan adalah dengan mempraktikkan social distancing dengan membiarkan kursi tengah kosong, sementara pramugari dan petugas lain diwajibkan mengenakan masker dan alat pelindung lainnya untuk menghindari infeksi. Makanan yang biasanya diberikan di pesawat juga dihentikan dan pihak penerbangan rutin melakukan disinfeksi.

Saat ini, bepergian telah dibatasi atau hanya disarankan bagi mereka yang memiliki keperluan yang sangat penting saja. Jika membicarakan bepergian dengan pesawat, risikonya memang tinggi, karena transportasi udara ini memiliki lingkungan tertutup, di mana memudahkan kuman atau virus corona berkembang biak. 

Viral Seorang Ibu Lahirkan Anak di Pesawat, Netizen Ramai-ramai Puji Sosok Ini

Melakukan penerbangan pasti berisiko di masa pandemi ini, karena di dalam pesawat memiliki banyak permukaan, di mana percikan batuk atau bersin seseorang dapat mengendap, dari makanan, toliet, sandaran kepala atau meja yang ada di pesawat. 

Bahkan, pesawat bisa menjadi rumah penangkaran infeksi. Sebuah penelitian baru-baru ini juga menyatakan bahwa kursi pesawat adalah salah satu tempat paling berisiko sebagai tempat penularan COVID-19. 

2 WNI Dituduh Curi Teknologi Jet Tempur, Polisi Korsel Geledah Kantor Korea Aerospace

Meskipun bepergian tidak disarankan saat ini, namun jika terpaksa, berikut beberapa tindakan pencegahan yang harus kamu terapkan untuk meminimalisir risiko penularan, seperti dilansir dari Times of India.

- Simpan dan bersihkan koper, yang bisa menjadi permukaan yang mudah untuk menampung virus. 

- Menggunakan hand sanitizer adalah hal mutlak. Meskipun pihak penerbangan sudah menerapkan pembersihan dan disinfeksi, tetap gunakan pembersih setiap saat. Dari kursi hingga sandaran kepala, bersihkan terlebih dahulu menggunakan tisu. 

- Hindari menyentuh permukaan yang sering disentuh banyak orang. 

- Pihak penerbangan telah meminta untuk menghindari penggunaan toilet dan kamar mandi jika tidak terlalu penting. 

- Jangan menyentuh wajah dan jauhkan diri dari orang yang sedang batuk. 

- Jangan melepas masker, kecuali sangat terpaksa. 

- Jika kamu memiliki pilihan, pertimbangkan untuk memilih tempat duduk dekat jendela. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa penumpang yang duduk di kursi dekat jendela memiliki kemungkinan paling kecil terkena infeksi. 

- Menerapkan social distancing adalah suatu keharusan. 

- Cuci tangan kamu sesering mungkin dan ikuti juga protokol disinfeksi yang diperlukan 

- Wanita hamil, anak kecil dan lanjut usia, atau mereka yang masuk dalam kategori berisiko tinggi, disarankan untuk menghindari bepergian. 

- Jika kamu sakit atau menunjukkan gejala, jangan bepergian karena dapat memperburuk keadaan kamu dan orang-orang di sekitarmu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya