Pandemi Virus Corona, Amankah Menginap di Hotel?

Ilustrasi hotel.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Setelah berdiam diri kurang lebih 3 bulan di rumah, perlahan orang-orang mulai keluar. Tempat-tempat umum dan moda transportasi secara bertahap mulai berfungsi kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, demi meminimalisir penularan virus corona atau COVID-19.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Beberapa orang juga sudah mulai bepergian ke berbagai kota untuk bekerja dan menjalani keperluan lain, yang tentunya akan menggunakan jasa hotel untuk menginap. Sangat wajar, jika mengkhawatirkan keamanan menginap di hotel saat pandemi seperti sekarang ini.

Lalu, seberapa amankah menginap di hotel?

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Hotel merupakan tempat yang sibuk, di mana orang-orang dari berbagai kota datang dan menginap. Dalam kondisi seperti ini, kemungkinan kontak dengan virus corona menjadi cukup tinggi.

Kamu mungkin bisa menjaga jarak saat berada di dalam kamar hotel, tetapi tidak mungkin melakukan hal yang sama saat berada di lobi atau restoran hotel. 

Liburan di Dubai, Shandy Aulia Terdampak Badai Ekstrem

Masalah yang lain adalah tata graha. Banyak orang memiliki akses ke dalam kamarmu. Dan jika salah seorang masuk ke dalam kamar hotelmu, ada kemungkinan besar mereka akan membawa kuman dari luar. 

Ketiga, Kamu tidak tahu siapa yang menginap di kamar itu sebelum Kamu dan apakah orang itu terinfeksi atau tidak. Ini juga meningkatkan peluang untuk bersentuhan dengan virus, demikian dilansir dari laman Times of India, Rabu, 24 Juni 2020.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Kamu harus tinggal di rumah dan menghindari bepergian sebisa mungkin. Jika tidak bisa, ingatlah keselamatan Kamu ada di tangan dirimu sendiri. 

Memang, manajemen hotel akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan memastikan keamanan pengunjungnya. Tetapi untuk pencegahan, Kamu bisa melakukan hal-hal berikut. 

Selalu gunakan masker dan cuci tangan secara teratur setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi atau sebelum makan dan menyentuh wajah. Bawa disinfektan sendiri. Saat masuk ke toilet, bersihkan area yang sering disentuh. 

Berhati-hatilah sebelum menyentuh apa pun di luar kamar hotel seperti tombol lift. Bersihkan tangan setelahnya dan hindari menyentuh mulut, hidung dan mata, dengan tangan yang belum dibersihkan. 

Daripada makan di restoran, lebih baik makan di dalam kamar hotel. Kamu akan berhubungan dengan lebih sedikit orang. Yang terbaik adalah, mengamati staf hotel saat mereka membersihkan kamar dan area hotel. Dari situ, Kamu bisa mengetahui seberapa serius manakemen hotel menangani pandemi ini. 

Daripada mencoba-coba menginap di hotel baru, lebih baik menginap di hotel yang terpercaya, dan Kamu sudah pernah menginap di situ sebelumnya. Stay safe, guys!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya