Suhu Minus 4,5 Derajat, Dataran Tinggi Dieng Kembali Beku

Suhu minus Dieng
Sumber :
  • Instagram Aryadi Darwanto

VIVA – Suhu minus di daerah Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah pada Kamis pagi, 30 Juli 2020 membuat dedaunan diselimuti oleh es. Bahkan, di sekitar komplek Candi Arjuna Karangsari, Dieng suhu telah mencapai minus 4,5 derajat celcius. 

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

Kabar itu disampaikan oleh salah seorang warga, Hasta Dhauta di Instagram pribadinya. Ia mengingatkan kepada wisatawan dan masyarakat untuk menggunakan pakaian hangat dikarenakan suhu yang cukup ekstrem ini. 

"Dieng beku lagi, hari ini tgl 30 juli 2020 suhu di sekitaran komplek candi Arjuna mencapai -4,5 °C yang hendak ke Dieng pakai pakaian hangat ya guys," tulis @hasta_dhauta dikutip Kamis, 30 Juli 2020.

Wisata Kawah Gunung Populer di Jawa Tengah, Ada Ungaran dan Sikidang Dieng

Baca juga: Galeri Video Seksi Hana Hanifah, Tampil Imut dan Menggoda

Ia juga sempat memperlihatkan tangannya yang sudah mulai mengering dan pecah-pecah akibat suhu dingin yang ada di Dieng. 

AS Dilanda Badai Salju Dahsyat, 33 Orang Tewas Dipicu Kecelakaan hingga Hipotermia

"Korban keganasan bun upas. kulit kering pecah-pecah,linu dan perih banget. Jangan coba-coba di tiru,gunakan selalu sarung tangan kalau gak kepengen sepertiti saya," tulisnya.

Selain itu salah satu pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Aryadi Darwanto memperingatkan kepada pendaki yang berada di gunung-gunung wilayah Dieng untuk mempersiapkan alat penghangat, makanan, dan tenda.

Baca juga: Aktif Instagram Lagi, Pose Anggun Hana Hanifah Guncang Warganet

"Dieng pagi ini membeku kembali. Suhu permukaan tanah tidak ada pendataan. Dilihat dari ketebalan dan sebaran, diperkirakan suhunya sekitar minus 3'C Perhatian banget untuk pendaki di gunung - gunung wilayah Dieng, matras, SB, Jaket, makanan, tenda itu wajib," tulis Aryadi.

Sementara itu, di Twitter Dieng telah menjadi trending topik sejak pagi hari ini. Banyak warganet yang justru menjadikan suhu minus di Dieng sebagai bahan becandaan. 

"Di Dieng kalau mau minum yang dingin-dingin ga perlu ambil es lagi di kulkas. Dinginnya alami udah," tulis @cheariyaa.

"Potret warga bandung, batu, malang, dieng, baturaden dan sebagainya saat ini," tulis @ookerss.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya