Tagar Save Komodo Menggema, 5 Wisata Ini Wajib Dikunjungi

Berwisata ke Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, NTT
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – komodo">Pulau Komodo tengah menjadi perhatian usai tagar Save Komodo menggema dam trending di Twitter. Warganet seolah geram dengan adanya dugaan pembangunan di Taman Nasional yang menjadi 'rumah' para hewan purba itu.

Gelombang Tinggi, Kapal Wisata Dilarang Berlayar ke Pulau Komodo

Salah satu foto yang ramai diperbincangkan menunjukan sebuah truk yang melintas di dataran luas dan dihadang oleh seekor komodo. Warganet pun menyebut bahwa keindahan alam di pulau tersebut telah membuat habitat komodo dan fauna lainnya betah sehingga tak perlu 'diusik'.

Nah, apa saja sebenarnya spot wisata yang disuguhkan dari Pulau Komodo ini, berikut rangkumannya dikutip dari laman Kementerian Pariwisata.

Pesawat AirAsia Tegelincir di Bandara Komodo, Begini Penjelasan Manajemen

Dan pesona Taman Nasional yang luasnya sekitar 2.000 km2 ini dijamin bakal bikin kita jatuh cinta!

Pulau Padar
Buat kamu yang hobi mendaki, Pulau Padar di Taman Nasional Komodo merupakan spot yang tepat buat ditaklukan! Hanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam saja dengan medan pendakian jalan bebatuan yang menanjak, sudah bisa sampai di puncak bukit Pulau Padar.

Video Detik-detik Keganasan Komodo Telan Kambing

Rasa lelah akan hilang seketika, saat tiba di puncak bukit. Pemandangan indah yang disuguhkan Pulau Padar dilihat dari ketinggian memang tidak ada duanya.

Baca juga: Ramai Tagar Save Komodo, Ini 4 Pesona Pulau Komodo

Hamparan lautan lepas terlihat bak kilauan berlian akibat terpaan sinar matahari. Riak ombak yang tenang juga mampu menyuguhkan ketenangan jiwa dan pikiran. Akan lebih sempurna lagi jika kalian datang ke sini sambil berburu panorama matahari tenggelam.

Pantai Pink
Kawasan ini memang selalu penuh kejutan termasuk dengan tempat yang tengah ramai di media sosial. Namanya Pantai Pink! Ya, seperti namanya, pantai ini memang memiliki pasir berwarna pink.

Warna pink ini berasal dari paduan pasir putih dengan degradasi karang merah. Berfoto di pantai ini jadi hal wajib, apalagi jika difoto menggunakan drone. Pemandangan birunya laut yang berpadu dengan hijaunya alam sekitar terlihat sangat instagrammable deh, pokoknya!

Pulau Mesa
Ini wajib juga masuk ke dalam bucket-list saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo, yaitu mampir ke desa tradisional di Pulau Mesa yang penduduknya terkenal ramah.

Saat mengunjungi desa ini, keseruannya yaitu bisa melihat aktivitas keseharian penduduk, seperti mengeringkan timun, mengolah ikan, dan menyiapkan bahan pangan laut. Jangan sungkan-sungkan untuk ngobrol dengan mereka ya!

Pulau Kalong
Panorama sunset menjadi daya tarik utama di Pulau Kalong. Bagaimana tidak, saat hari menjelang senja, mata akan disuguhi pemandangan yang memikat dengan menyaksikan ribuan kelelawar yang terbang di angkasa menuju hutan bakau dengan latar belakang lembayung senja yang memesona.

Pulau Kanawa
Jika kalian hobi snorkeling, Pulau Kanawa yang terletak di Taman Nasional Komodo punya spot snorkeling yang sempurna. Saat mampir ke Pulau Kanawa, siap-siap terpesona lagi nih dengan keindahan alam bawah lautnya yang sungguh menawan.

Airnya yang jernih memungkinkan kalian bisa melihat dengan jelas warna-warni terumbu karang, ragam biota laut, dan jenis ikan yang bermacam-macam.

Pulau Rinca
Atraksi yang cukup lengkap, bisa kamu temukan di Pulau Rinca. Pulau yang satu ini jadi incaran para wisatawan, sebab dapat melakukan berbagai aktivitas sekaligus, seperti menyusuri hutan bakau yang masih alami, melihat satwa liar seperti komodo, rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, dan masih banyak lagi di hamparan padang savana.

Pokoknya, jangan lewatkan berkunjung ke Pulau Rinca ya saat Sobat Pesona punya kesempatan ke Taman Nasional Komodo!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya