Sensasi Mendaki 6 Gunung Cantik Indonesia, Atasi Stres di Masa Pandemi

Hasil foto Gunung Bromo dengan jepretan Oppo Reno2
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik masyarakat saja. Pandemi COVID-19 juga diketahui berdampak pada psikologis seseorang. Hal ini lantaran terbatasnya pertemuan masyarakat dengan masyarakat lain demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas.

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Sebagai mahluk sosial yang terbiasa untuk bertemu orang, tentu pandemi ini membuat masyarakat merasa stres. Maka dari itu tidak sedikit dari orang yang mencoba untuk menghilangkan stres mereka.

Salah satunya adalah dengan mendaki gunung. Ya, gunung menjadi salah satu lokasi paling baik untuk melepaskan penat atau healing. Hal ini lantaran masyarakat dapat merasakan hembusan udara pegunungan yang masih sejuk dan segar.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Selain itu, masyarakat juga dapat menikmati pemandangan hijau di sepanjang jalur pendakian. Namun mengingat pandemi corona masih berlangsung, masyarakat yang ingin melakukan pendakian harus menjalankan protokol kesehatan.

Tapi mungkin kamu bisa melakukan pendakian di saat keadaan sudah membaik. Berbicara tentang pendakian, kamu bisa mencatat sejumlah lokasi pendakian di Tanah Air yang memiliki keindahan untuk membantu kamu menghilangkan stress atau healing.

Geopark Rinjani, Situ Wisata Unggul Pulau Lombok yang Diakui UNESCO

Lantas, apa dan dimana sajakah lokasi dari deretan gunung-gunung eksotis nan memukau tersebut? Berikut ini 6 lokasi pegunungan cantik di Indonesia versi VIVA.co.id yang bisa membantu kamu menghilangkan penat:

1. Gunung Semeru

Photo :
  • U-Report

Gunung Semeru menjadi salah satu lokasi pendakian yang populer dui kalangan pecinta alam. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa.

Gunung Semeru juga begitu populer di kalangan pendaki karena memiliki keindahan yang memukau. Beberapa lokasi cantik yang bisa dinikmati selama melakukan pendakian di Gunung Semeru antara lain Ranu Kumbolo, sebuah danau alami yang berada pada ketinggian 2.400 mdpl.

Selain itu, ada juga Oro-oro Ombo yang ditumbuhi oleh bunga lavender yang dapat membuat kamu semakin rileks karena dapat menikmati keindahan warna dari bunga lavender.

2. Gunung Ijen

Photo :
  • BNPB

Terletak di Banyuwangi, Jawa Timur
menjadi salah satu lokasi yang kamu bisa kunjungi untuk healing. Dataran tinggi ini merupakan kawah aktif yang berukuran sangat besar dengan luas 134 kilometer persegi.

Ijen merupakan gunung berapi yang tenang namun aktif dengan bentang alam yang didominasi oleh puncak gunung berapi Ijen (2.368 dpl), Merapi (2.800 mdpl) di sisi timur laut dari dataran ini, dan Raung (3.332 mdpl) di sudut barat daya. Di Gunung Ijen ini kamu juga dapat menikmati blue fire ketika mendaki saat malam hari atau dini hari.

Blue fire ini sendiri merupakan cairan belerang yang ada di sana yang sering ditambang oleh masyarakat sekitar. Atau dapat menikmati keindahan dari kawah gunung ijen yang berwarna biru yang berasal dari belerang.

3. Gunung Rinjani

Photo :
  • U-Report

Gunung Rinjani yang terletak di Nusa Tenggara Barat masuk dalam UNESCO Global Geopark. Gunung Rinjani memiliki lanskap yang kaya dan beragam, jenis hutan mulai dari savana dan hutan semi-gugur hingga hutan pegunungan bawah yang lebih rendah dan hutan cemara dan pegunungan tropis.

Gunung yang juga favorit para pendaki tanah air dan mancangera ini memiliki padang savana yang ditumbuhi oleh bunga edelwis hingga danau segara anak yang merupakan danau berkawah yang menyimpan segala keindahan alamnya.

Danau ini memiliki warna hijau kebiruan dan sangat jernih, yang tentunya bisa membuat Anda rileks. Anda bisa bermalam di Danau Segara Anak dengan membuat tenda dan menyaksikan matahari terbit pada keesokan harinya sebelum melanjutkan pendakian.

4. Gunung Batur

Photo :
  • U-Report

Gunung Batur yang terletak di Bali diketahui telah masuk dalam UNESCO Global Geopark. Gunung Batur bisa menjadi lokasi kamu untuk healing, sebab mencakup dua kaldera gunung api.

Selain itu, gunung Batur juga menyajikan lanskap vulkanik lengkap dengan dinding kaldera, kerucut dan kawah, fenomena geothermal (fumarol, mata air panas), danau, aliran lava, aliran piroklastik dan tephra. Yang juga menjadi daya tarik dari Gunung ini adalah Danau Batur dari puncak gunung.

5. Gunung Kelimutu

Photo :
  • U-Report

Gunung Kelimutu merupakan gunung aktif yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung Kelimutu sendiri dikelilingi hutan dengan flora khas seperti pinus, casuarinas dan kayu merah.

Yang tentunya dapat membuat kamu lebih rileks ketika melakukan pendakian di gunung ini. Selain itu, yang juga menjadi daya tarik dari gunung ini adalah adanya tiga danau vulkanik yang sangat berwarna di puncak Kelimutu bernama Danau Tiga Warna.

Dua dari danau kawah yang sangat dalam secara teratur berubah warna akibat adanya perubahan zat mineral di dalamnya mulai dari coklat dan oranye hingga hitam dan merah.

6. Gunung Bromo

Photo :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Ini tidak lain karena alamnya yang menakjubkan.

Gunung berapi aktif berada di tengah dataran yang disebut Laut Pasir (Segara Wedi), serta pancaran asap sulfur di puncak gunung menjadi salah satu pemandangan paling populer untuk diabadikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya