Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Posko kesehatan dan musala di Gunung Prau.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gunung Prau yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, menjadi salah satu gunung favorit pendaki. Pemandangannya yang luar biasa indah, menjadi alasan gunung dengan tinggi 2.565 Mdpl itu jadi buruan pendaki.

Curug Jeglong Kendal, Air Terjun Menawan Sumber Airnya dari Lereng Gunung Prau

Selain itu, keberadaannya yang tidak terlalu tinggi, digolongkan sebagai salah satu gunung yang pas sebagai pilihan pendaki pemula. Tapi tentunya, meski menyajikan pemandangan indah, naik gunung tetaplah naik gunung. Maksudnya?

Ya, untuk dapat menikmati pemandangan di atas gunung sana, ada pengorbanan yang harus dibayar. Selain lelah, minimnya fasilitas juga akan kamu rasakan. Jangankan toilet, mencari tempat berteduh pun sulit didapat.

Indahnya Golden Sunrise di Gunung Prau Jawa Tengah

Tapi sekarang, para pecinta ketinggian boleh bersorak. Karena kini, Gunung Prau sudah memiliki shelter emergency atau fasilitas perlindungan keselamatan pendakian gunung dan musala, yang dibuat oleh Arei Outdoor Gear.

Owner Arei Outdoor Gear, Billy Andrias Budijanto, mengatakan, sejak September 2020 lalu, gunung yang berada di empat kabupaten ini sudah dilengkapi dengan dua fasilitas tersebut.

Cerita Mistis saat Mendaki Gunung Arjuno, Wendy Walters: Beberapa Kali Dikasih Liat

"Kami membangun shelter emergency untuk menanggulangi kecelakaan para pendaki gunung. Saat ini kami sudah membangun shelter emergency yang berlokasi di Gunung Prau di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Tujuannya untuk menanggulangi kecelakaan yang ada di gunung," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu 13 Januari 2021.

Billy menambahkan, saat ini mereka tengah berupaya untuk membangun banyak shelter emergency sekaligus tempat ibadah, agar banyak para pecinta alam, baik dari dalam dan luar negeri, yang melakukan kegiatan pelestarian alam di gunung serta aktivitas pendakian.

"Dengan demikian, secara tidak langsung kami turut membantu potensi pengembangan pariwisata di Tanah Air bangkit kembali di tengah masa sulit seperti sekarang oleh karena pandemi corona," kata dia.

Lebih lanjut Billy mengatakan, dia ingin memberikan sumbangsih kepada bangsa, khususnya dalam membangun banyak shelter emergency di berbagai gunung yang ada di Tanah Air. Dengan demikian, adanya posko kesehatan tersebut, membuat persepsi orang terhadap para pendaki gunung tidak dilabeli dengan hal negatif seperti kegiatan yang membahayakan jiwa.

"Jika kabar ini tersebar luas di telinga para pendaki asing, bahwa banyak shelter emergency yang terjamin yang ada di berbagai trayek pendakian gunung di Indonesia. Pastinya membuat mereka berdatangan karena safety keamanan dan kesehatan yang kita terapkan,” tutur Billy Andrias Budijanto.

“Dengan demikian, potensi untuk mengembangkan pariwisata pendakian gunung di Indonesia pun bisa menjadi lahan baru untuk industri pariwisata kita," tambahnya.

Rencananya, dalam waktu dekat, Billy mengatakan, akan merilis satu shelter emergency lagi di salah satu gunung yang ada di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya