Adian Nalambok, Salah Satu Spot Terbaik Nikmati Keindahan Danau Toba

Adian Nalambok, Danau Toba, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan destinasi wisata Adian Nalambok di kawasan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Sandiaga berharap, Adiana Nalambok akan menjadi salah satu titik yang akan dikunjungi saat ke kawasan Danau Toba yang menjadi destinasi super prioritas (DSP). 

"Adian Nalambok adalah 1 dari 34 spot yang dulu pernah dipetakan sebagai spot-spot yang akan menjadi bagian dari travel pattern, dari titik ke titik dalam kunjungan wisata Danau Toba," ujarnya saat meresmikan tempat wisata tersebut pada Kamis, 10 Juni 2021. 

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Lebih lanjut, Sandiaga berharap 34 destinasi wisata yang pernah dipetakan tersebut bisa terbangun dengan konsep public travel partnership. Dengan kemitraan antara pemerintah, badan usaha dan masyarakat. 

"Nah, 33 lokasi lain ini yang akan nanti sama-sama memetakannya dan menawarkan kepada para perantau-perantau yang ada di Jakarta dan di luar Tanah Batak ini untuk berpartisipasi di tanah kelahirannya atau tanah leluhurnya. Karena ini bagian daripada membangun Danau Toba harus merangkul semua pihak," tandas dia. 

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Sandiaga mengatakan, pemerintah akan turut membantu demi terbangunnya tempat-tempat wisata di Sumatera Utara yang tersebar di beberapa kabupaten. Namun, dia masih membutuhkan partisipasi dari pihak lain. 

"Pemerintah bisa untuk beberapa spot membantu dari tempatnya Pak Jimmy (Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Danau Toba (BPOPDT), Jimmy Bernando Panjaitan) di badan pengelola Danau Toba, tapi kita perlu partisipasi dari dunia usaha. Polanya nanti mungkin kerja sama, mungkin CSR seperti ini, atau pola lainnya," pungkas dia. 

Sandiaga turut berpesan agar pemerintah setempat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE). 

"Saya titip pesen kepada Pak Bupati dan Forkopimda, agar CHSE-nya dijaga, karena ini digagas oleh Kemenparekraf. Berarti ini juga harus bisa menjadi salah satu percontohan untuk penerapan protokol kesehatan, kebersihan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan yang tepat dan disiplin," tutur Sandiaga. 

Adian Nalambok merupakan sebuah rest area, di mana terdapat perbukitan hijau yang memanjakan mata sekaligus bisa melihat pemandangan Danau Toba yang menakjubkan. Adian Nalambok juga menyediakan spot untuk mendapatkan foto dengan pemandangan terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya