Cara Sandiaga Uno Perkenalkan Indahnya Desa Rammang-Rammang pada Dunia

Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Rammang-Rammang
Sumber :
  • Dokumentasi Menparekraf

VIVA – Rammang-Rammang berada di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan belakangan jadi sorotan. Hanya 40 km dari Makassar dan kurang lebih 10 km dari Maros.

Ungkapan Duka, Sandiaga Uno Kenang Kebersamaan dengan Babe Cabita

Kawasan tersebut merupakan kunjungan terakhir dari rangkaian perjalanan mempromosikan desa wisata dalam program Anugerah Desa Wisata Indonsia 2021 yang membawa Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno ke desa wisata Rammang Rammang.
 
Objek wisata Rammang Rammang adalah gugusan karst atau pegunungan kapur. Di seluruh dunia hanya ada tiga lokasi yang memiliki bentangan karst yang cukup luas, ya tentu salah satunya di Maros ini. Dua lainnya berada di China Selatan dan Vietnam. Gugusan karts Rammang Rammang ini adalah pegunungan kapur terluas kedua setelah China.
 
Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO telah mengajukan secara resmi Geopark Nasional Maros-Pangkep sebagai kandidat Global Geopark Indonesia. 
 
Pengajuan dialamatkan kepada Sekertariat UNESCO di Paris seperti tertuang dalam surat 66600/A6/KS/2020 ditandatangi Executive Chairman for Indonesia Nasional Commision for UNESCO Prof Arief Rachman. Sebelumnya, Geopark Rammang Rammang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada November 2017.
 
"Dilihat dari potensinya Rammang Rammang ini harusnya masuk dalam destinasi wisata kelas dunia. Karena tidak semua tempat memilikinya. Saat ini kami istilahkan masih tidur dan tersembunyi. Adalah tugas kami membangunkannya dan mengungkap pesonanya agar warga dunia mengetahui nilai kelangkaannya, eksotisnya," tegas Sandiaga Uno dalam kunjungan kerja ke desa wisata Rammang Rammang, Kamis 17 Jui 2021 lalu. 
 
"Kami akan mengikutsertakannya dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021," ujar Sandi lagi.

Desa Wisata Rammang-Rammang, Kabupaten Maros ini terpilih kedalam Daftar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, karena terkenal dengan wisata alamnya yang berupa kawasan pegunungan karst (kapur) terbesar dan terindah kedua di Dunia setelah Tiongkok. Rammang-Rammang juga masuk kedalam Geopark UNESCO. Kategori lainnya adalah homestay, konten kreatif, desa digital, kuliner, kerajinan tangan, dan CHSE. 

Bertamu ke Rumah Prabowo, Sandiaga: Hanya Silaturahmi Lebaran

Desa Wisata Rammang-Rammang juga terkenal dengan Atraksi Budaya, salah satunya Tarian Tradisional Makassar yaitu Tarian Paduppa yang biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu. 

Rammang-rammang juga berkembang dalam bidang UMKM Produk lokal, seperti suvenir khas yang berupa hasil kerajianan anyaman dari daun Nipah, Fashion payet yang juga menjadi salah mata pencaharian warga Kabupaten Maros, dan juga kuliner seperti abon telur, ikan bandeng tanpa tulang, dan ikan kambu. Serta adanya fasilitas homestay dan rumah makan di rammang-rammang cafe ecolodge and coffee. Ditambah lagi adanya keindahan Kampung Berua, yang dikelilingi oleh bukit karst yang bisa ditempuh dengan menggunakan perahu menyusuri sungai Putai.

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha
Wakil Ketua Umum Gerindta sekaligus Waka Komisi III DPR RI, Habiburokhman

Soal Sandiaga Kunjungi Rumah Prabowo, Gerindra Sebut Ada Gestur Politik

Menurut Habiburokhman, makna politiknya adalah semangat rekonsiliasi.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024