Siap untuk Bepergian Dimasa Pandemi, Lakukan Ini Sebelum Memesan Tiket

solo traveling
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi virus corona telah mengubah hidup kita sepenuhnya. Dari cara kita bekerja hingga cara kita bepergian, semuanya telah berubah. Sementara kita kembali ke kehidupan normal, namun masih perlu berhati-hati karena ketakutan akan virus COVID-19 masih menghantui kita.

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Tetapi bepergian untuk pekerjaan atau urusan pribadi mungkin masih tidak aman, itu dapat mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh kita. Tapi jangan khawatir, berikut adalah beberapa langkah kecil yang dapat dilakukan sebagai bagian dari rutinitas Anda untuk tetap sehat dikutip dari Times of India.

Menjaga kekebalan kita tetap tinggi dan ketat tidak pernah begitu penting bagi kita semua, tetapi sekarang. Saat bepergian, kita semua bertanya-tanya langkah apa yang harus diambil untuk menjaga diri kita tetap aman dan sehat serta jauh dari risiko virus corona. Lagi pula, tidak seorang pun dari kita ingin jatuh sakit, saat dalam perjalanan, bahkan jika itu adalah pekerjaan.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemeriksaan kekebalan perjalanan

Menghabiskan waktu di bandara dan stasiun kereta api dapat meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi. Mengikuti jadwal yang sehat saat bepergian juga sulit di tengah jadwal yang padat. Semua ini disertai dengan makanan yang tidak sehat dan pola tidur yang tidak normal.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Hal ini meningkatkan masalah mulai dari sakit punggung, sakit kepala hingga kekebalan yang rendah, yang merupakan banyak masalah yang dihadapi oleh pelancong rutin. Namun kabar baiknya, ada beberapa cara untuk melakukan travel immunity check sebelum merencanakan perjalanan selanjutnya.

Diet sehat

Menu diet

Photo :
  • Times of India

Mengikuti diet sehat merupakan ide yang baik, apakah Anda berencana untuk bepergian atau tidak. Meskipun dapat merencanakan perjalanan yang telah diperkirakan sebelumnya, hampir tidak ada yang dapat dilakukan tentang rencana perjalanan yang tidak terduga, baik itu terkait dengan pekerjaan atau alasan pribadi. 

Saat bepergian, Anda kebanyakan mengandalkan makanan kemasan, makanan siap saji dan makanan cepat saji, yang dapat mengganggu kekebalan Anda.

Selain itu, jika Anda mengikuti diet yang tidak sehat sebagai bagian dari rutinitas harian, Anda tidak memberi tubuh nutrisi yang cukup, yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan yang lebih kuat.

Pastikan untuk memelihara sistem kekebalan tubuh secara teratur dengan mengikuti diet yang kaya akan mikronutrien setiap hari. 

Jangan lupa untuk mengemas beberapa makanan sehat dari rumah untuk dibawa dalam perjalanan. Anda juga dapat memiliki protein bar, buah-buahan dan buah-buahan kering

Tetap terhidrasi

Tubuh yang terhidrasi dapat mencegah infeksi lambung dan dehidrasi. Miliki jumlah air yang cukup setiap hari, terutama selama musim panas. Juga, sertakan buah dan sayuran berbasis air dalam diet Anda seperti mentimun, semangka, melon musk, dan jeruk. Pastikan untuk tetap terhidrasi saat bepergian dan hindari alkohol dan minuman berbasis kafein.

Tidur yang cukup

tidur dibulan ramadhan

Photo :
  • U-Report

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh yang kuat. Kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan seseorang jatuh sakit. Cobalah untuk tidur nyenyak beberapa hari sebelum perjalanan agar perjalanan Anda sehat, aktif, dan aman.

Untuk mendapatkan tidur malam yang baik, hindari penggunaan smartphone dan gadget di malam hari dan kurangi asupan alkohol dan kafein.

?Bergerak dan minum vitamin

Rutinitas olahraga yang teratur dan pola makan yang sehat berbanding lurus dengan imunitas yang baik. Anda dapat melakukan yoga, lari, gym, berenang, menari, atau bentuk aktivitas fisik lainnya yang Anda suka.

Buah Kiwi.

Photo :
  • U-Report

Konsumsi makanan super seperti beri, pisang, kiwi, dan lemon bersama dengan multivitamin untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Jangan sentuh permukaan yang sering disentuh

Bahkan jika Anda harus mencuci tangan dari keran umum, pastikan untuk membersihkan tangan. Hindari menyentuh pegangan tangan, gagang pintu, dan sandaran tangan. 

Jangan menyentuh wajah Anda tanpa membersihkan tangan. Anda dapat menggunakan sanitiser semprot untuk mendisinfeksi bagian atas meja, kursi, gagang pintu, dan permukaan lainnya sebelum menyentuhnya saat bepergian.

Masker

Memakai masker

Photo :
  • Times of India

Kenakan masker dan dapatkan vaksinasi saat giliran Anda tiba. Pastikan untuk mengikuti protokol COVID-19 meskipun sudah divaksinasi lengkap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya