7 Tips Staycation Hemat Budget, Ramah di Kantong dan Tetap Seru!

Liburan Staycation.
Liburan Staycation.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Staycation merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu berlibur bersama orang terdekat. Biasanya, staycation tidak menghabiskan terlalu banyak uang seperti liburan pada umumnya. Namun, apabila kamu ingin menekan lebih banyak lagi pengeluaran saat staycation, kamu bisa menerapkan tips staycation hemat budget.

Istilah staycation sendiri merupakan gabungan dari kata stay dan vacation yang berarti liburan dengan cara menetap. Konsep staycation sebenarnya sudah mulai populer di Amerika Serikat sejak tahun 2007-2010. 

Namun, konsep staycation semakin populer di masa pandemi ini, di mana kebanyakan orang belum bisa berlibur dengan bebas seperti masa sebelum pandemi dulu. Karenanya, banyak dari mereka yang memilih untuk staycation.

Nah, bagi kamu yang ingin merencanakan liburan hemat, berikut ini VIVA merangkum sejumlah tips staycation hemat budget yang ramah di kantong tetapi dijamin tetap seru dan menyenangkan!

1. Membuat alokasi dana

Menentukan jumlah budget yang kamu miliki di awal dapat membantu kamu menentukan destinasi lokasi untuk staycation nantinya. Mempersiapkan dana sesuai dengan kebutuhan tentunya merupakan langkah awal yang esensial agar kamu bisa berlibur dengan tenang. Dengan mempersiapkan alokasi dana dari awal, kamu bisa menghindari risiko over-budget.

2. Memilih destinasi lokasi dengan bijak