Mengenal 10 Pulau di Indonesia dari Sabang sampai Merauke

Pulau Pulau di Indonesia
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pulau di Indonesia sangat banyak jumlahnya sehingga dinobatkan sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia dilewati dengan garis Khatulistiwa dan juga mencakup jarak yang setara dengan seperdelapan keliling bumi.

Rekomendasi Destinasi Liburan Lebaran untuk Keluarga, 4 Wisata Pantai Menawan di Tanjung Lesung

Berdasarkan data dari BPS tahun 2019, Indonesia mempunyai sekitar 16.506 pulau yang terbesar dari Sabang sampai Merauke dengan total luas wilayah yang mencapai 1.916906,77 km2. Dari jumlah tersebut masih banyak pulau yang belum diberi nama.  

Luas negara Indonesia didominasi oleh perairan yang mencapai sekitar 70% dari total luas keseluruhan. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak mengenai pulau pulau di Indonesia terbesar secara lengkap yang disadur dari berbagai sumber.

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

Lalu, Apa Saja Pulau-pulau di Indonesia Terbesar?
1. Pulau Papua – 786.000 km2

Pulau Misool, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Photo :
  • U-Report
Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

Papua merupakan pulau pulau di Indonesia terbesar pertama dengan total luas wilayah sebesar 786.000 km2. Namun, yang menjadi bagian dari Indonesia sekitar 418.707 km2 karena sisanya menjadi bagian dari Papua Nugini.

Untuk bagian paling barat, Papua didominasi dengan jajaran pengunungan kecil yaitu Kepala Burung, Wandamen, Fakfak, Kumawa dan kepulauan Raja Ampat serta Teluk Cendrawasih. Pada berbagai hal, Papua mempunyai kemiripan dengan daratan Papua Nugini (PNG).

Namun, gunung-gunung di Papua lebih tinggi ketimbang di Papua Nugi dan bahkan ada yang bisa mencapai garis salju seperti puncak Jaya Wijaya dan rawa-rawanya pun cukup luas seperti Mamberamo dan Asmat.

Pulau ini adalah habitat asli untuk 15.000 sampai 20.000 jenis tumbuhan dengan 55% endemik, 602 jenis burung dengan 52% endemik, 125 jenis mamalia dengan 58% endemik, serta 223 jenis reptil 35% endemik. Binatang dan juga tumbuhan endemik tersebut termasuk burung cendrawasih, kanguru pohon, berbagai jenis kupu-kupu dan ribuan tumbuhan lainnya.

2. Pulau Kalimantan – 743.330 km2

Pulau Derawan, Kalimantan Timur.

Photo :
  • U-Report

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau yang juga berbagi klaim dengan dua negara lain yaitu Malaysia dan Brunei. Tapi, bagian terbesar pulau tersebut masuk ke dalam wilayah Indonesia. Pulau Kalimantan mempunyai luas keseluruhan sekitar 743.330 km persegi.

Sebagian besar pulau ini masih dihuni oleh hutan dan juga berbagai jenis habitat tumbuhan serta satwa endemik. Karena berada di jantung Maritim Asia Tenggara dan telah berusia lebih dari 100 juta tahun lalu, hutan hujan Kalimantan merupakan salah satu yang tertua di dunia.

Pulau Kalimantan mempunyai batas laut di bagian timur dengan Selat Makasar, bagian barat dengan Selat Karimata, bagian selatan dengan Laut Jawa, dan bagian utara dengan Laut China Selatan.

3. Sumatera – 473.481 km2

fakta unik danau toba

Photo :
  • U-Report

Berikutnya, pulau pulau di Indonesia adalah Sumatera dengan luas wilayah sekitar 473.481 kilometer persegi yang hampir seluas dengan negeri Inggris Raya. Bagian barat Pulau Sumatera terbentang Samudra Hindia, sebelah timur dan tenggara adalah Selat Malaka, Selat Karimata, dan Laut Jawa, sedangkan untuk bagian selatan membentang Selat Sunda.

Pulau Sumatera membentuk ukuran memanjang dari Ulee Lheue di bagian utara hingga Tanjung Cina di bagian selatan dengan panjang sekitar 1.659 km. lebar di utara sekitar 100 dan 200 km sedangkan lebar untuk bagian selatan sekitar 350 km. Teluk terbesar di Sumatera adalah Semangka dan Lampung di Provinsi Lampung.

Berdasarkan administratif, wilayah Pulau Sumatera terbagi ke dalam satu daerah istimewa yaitu Aceh dan 9 provinsi yang terdiri atas Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, serta Bangka Belitung.

Dalam hutan hujan serta daerah vulkaniknya, terdapat berbagai satwa liar yang sangat menakjubkan mulai dari orangutan Sumatera, harimau Sumatera, dan badak Sumatera. Semua hewan tersebut masuk ke dalam satwa yang hampir punah.

4. Pulau Sulawesi – 180.681 km2

Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara

Photo :
  • U-Report

Pulau Sulawesi juga sering dikatakan sebagai Celebes yang termasuk ke dalam empat bagian Kepulauan Sunda Besar di Indonesia. Sebagai pulau terbesar ke-11 yang ada di Bumi, Pulau Sulawesi tidak kurang dari empat semenanjung yang dipisahkan dengan tiga teluk.

Pulau ini mempunyai bentuk unik yang dihubungkan dengan laut ketimbang dengan jalan darat. Selat Makassar merupakan selat yang memisahkan dari Kalimantan di ujung barat, serta berbagai pulau di selatan yang termasuk Kepulauan Selayar. Semuanya turut berkontribusi guna membentuk enam provinsi di wilayah Sulawesi.

5. Pulau Jawa – 128.297 km2

Kendaraan melintas di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Rabu, 17 April 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Ukuran Pulau Jawa cukup besar dan menjadi pulau terbesar ke-13 di dunia sehingga tak mengherankan bila Jawa termasuk ke dalam salah satu pulau terbesar di Indonesia. Pulau Jawa dikelilingi dengan Samudera Hindia di sebelah sisi dan Laut Jawa di sisi lainnya.

Pulau Jawa menjadi rumah untuk 140 juta orang. Angka tersebut lebih dari setengah populasi Indonesia bila digabungkan. Pulau ini juga merupakan campiuran dari berbagai budaya, bahasa, dan juga agama. Jawa terus menerus menjadi situs bersejarah penting dan pertempuran berdarah.

Dengan total luas pulau yang mencapai 128.297 kilometer persegi, pulau ini terdiri atas 6 provinsi besar mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

6. Pulau Timor – 30.777 km2

Pantai Kolbano Kupang.

Photo :
  • U-Report

Pulau Timor adalah pulau yang tidak hanya dimiliki oleh Indonesia, tapi sebagian besar wilayahnya juga dimiliki oleh Republik Demokratik Timor Leste. Nama Timor mempunyai arti Timur dalam bahasa Melayu.

Pulau ini dinamakan sebagai Timor karena lokasinya berada di paling timur kepulauan Sunda Kecil di Indonesia. Tidak sama dengan berbagai pulau lainnya, Pulau Timor tidak vulkanik dan juga tidak jauh lebih tua.

7. Pulau Halmahera – 17.780 km2

Tanjung Bongo menjadi pusat kegiatan Festival Winderful Halmahera

Photo :
  • Istimewa

Ini adalah pulau pulau di Indonesia yang termasuk ke dalam 50 pulau terbesar di dunia dan sekaligus menjadi pulau terbesar ke-7 di Indonesia yang berada di Provinsi Maluku Utara. Para ilmuwan mengatakan bahwa istilah lain Pulau Halmahera adalah Gilolo karena dihuni oleh suku bangsa Gilolo.

Suku bangsa tersebut adalah kerajaan tertua yang berada di Pulau Halmahera. Istilah tersebut lalu digunakan untuk menyebut semua Pulau Halmahera yang saat itu dikuasai oleh Kerjaan Gilolo.

Halmahera berada di rantai gunung berapi aktif yang termasuk Kepulauan Raja Ampat, dengan pulau berbentuk K Halmahera dicirikan dengan pantai berpasir indah, hutan yang terlihat tidak terjamah, dan pemandangan gunung yang keren.

8. Pulau Seram – 17.100 km2

Hewan misterius raksasa yang terdampar di laut pantai Seram Bagian Barat, Rabu (10/5/2017)

Photo :
  • VIVA.co.id/Angkotasan

Pulau Seram adalah salah satu pulau yang berada di sebelah selatan Laut Seram dan di sebelah utara Laut Banda dengan total luas wilayah 17.100 km2. Secara administratif, Pulau Seram termasuk ke dalam bagian wilayah Provinsi Maluku.

Pulau Seram merupakan rumah untuk gua terdalam di Indonesia dan salah satu sungai bawah tanah terbesar yang ada di Bumi yaitu Sungai Sapalewa. Pulau ini dinamakan sebagai rumah untuk banyak spesies burung karena lebih dari 100 jenis burung dan 14 diantaranya adalah endemik.

9. Pulau Sumbawa – 15.414 km2

Pantai Lawar, Kab, Sumbawa Barat

Photo :
  • U-Report

Sumbawa berada di jantung Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia. Semenjak ratusan tahun yang lalu, Pulau Sumbawa telah dihuni oleh banyak gunung berapi, sawah, dan sabana kering. Pulau ini juga terkenal dengan sumber madu, kayu gubal, dan kayu cendana.

Pulau Sumbawa merupakan rumah untuk dua budaya yang terbagi atas orang yang berbahasa Sumbaware di timur dan yang berbahasa Bima di barat. Tapi, terlepas dari pulau yang sangat nyaman seperti Lombok, Bali, dan Flores, Sumbawa sebagian besar jauh dari kunjungan turis.

10. Pulau Flores – 13.540 km2

Keindahan alam Flores

Photo :
  • Bhena Geerushtia

Pulau Flores berada di sebelah timur Komodo dan baratnya Lembata, pulau ini mempunyai arti Bunga dalam bahasa Portugis. Flores juga merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil yaitu gugusan dari pulau di Indonesia bagian timur.

Pulau Flores juga dikenal dengan gunung berapi Kelimutu yang begitu besar dengan tiga danau kawah warna-warni yang sangat keren untuk berpetualang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya