6 Puncak Tertinggi di Thailand, Ada yang Mencapai 2.565 mdpl

Doi Inthanon
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA – Puncak tertinggi di Thailand adalah Doi Inthanon yang mempunyai ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Secara geografis, Thailnad dicirikan oleh beberapa pegunungan yang merupakan bagian dari perbukitan yang membentang dari Perbukitan Shan di perbatasan Myanmar hingga Laos, dan lembah-lembah sungai yang membelahnya.

10 Aktor BL Thailand yang Mencuri Hati Penggemar: Aslinya Bukan Gay?

Begitu juga sebagian besar wilayah Thailand bagian utara yang memiliki iklim sabana tropis dengan musim hujan dan kemarau di daerah pegunungan. Ada banyak gunung di Thailand dengan pemandangan yang indah dan tenang untuk dikunjungi.

Bila kamu mengira Thailand hanya tentang pantai dan laut yang tak berujung, kamu salah besar! Ada beberapa Gunung di Thailand yang menawarkan pemandangan paling menakjubkan dan tentunya yang terbaik untuk hiking. Nah, berikut ulasan mengenai puncak tertinggi di Thailand yang disadur dari traveltriangle.com.

Indonesia Mengalami Hampir 100 Ribu Serangan di 2023

Lalu, Di Mana Puncak Tertinggi di Thailand?

1. Doi Inthanon

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Doi Inthanon

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Terkenal dengan air terjun, jalan setapak, desa terpencil, matahari terbit dan terbenam, serta pengamatan burung, Doi Inthanon adalah salah satu gunung paling populer di Thailand. Dikenal sebagai "The Roof of Thailand", Taman Nasional Doi Inthanon meliputi area seluas 482 km di provinsi Chiang Mai, Utara Thailand.

Taman ini merupakan bagian dari pegunungan Himalaya dan termasuk puncak tertinggi di Thailand dengan total 2.565 meter di atas permukaan laut. Ini juga memiliki berbagai macam flora yang terdiri dari hutan awan lembab yang selalu hijau, rawa Sphagnum di ketinggian lebih dari 1.800 mdpl, dan hutan cemara kering, pinus, jati gugur campuran di ketinggian yang lebih rendah.

Taman ini buka sepanjang tahun, termasuk pada hari libur nasional, jalur utama taman. Lokasi Doi Inthanon berada di Kecamatan Ban Luang, Jom Thong, Chiang Mai. Doi Inthanon berjarak 120 km dari pusat kota Chiang Mai. Dibutuhkan sekitar dua setengah jam untuk sampai ke sana dengan mobil.

2. Doi Pha Hom Pok

Doi Pha Hom Pok

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Puncak gunung ini berbatasan di barat laut dengan distrik Fang, di selatan dengan Doi Ang Khan, di timur dengan Mae Ai dan di utara serta barat perbatasan dengan Burma. Gunung Pha Hom Pok sendiri berdiri di ketinggian 2.285 meter merupakan puncak tertinggi di Thailand yang kedua.

Ada sumber air panas dan geyser yang luas di sekitar wilayah ini bersama dengan pemandian alami untuk relaksasi yang menjadikannya salah satu gunung yang sangat terkenal di Thailand. Berjalan dua jam dari sini akan membawa kamu ke gua dan air terjun. Disarankan untuk berkemah semalam di puncak untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

3. Khao Mokoju

Khao Mokoju

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Terletak di Mae Wong, provinsi Nakhon Sawan dan Kamphaeng Phet, Thailand Barat dan merupakan salah satu gunung terkenal di Thailand. Taman ini terjal dan berbukit dengan puncak tertinggi Khao Mo Ko Chu berdiri 1.964 meter di atas permukaan laut yang menjadikannya puncak tertinggi di Thailand ketiga.

Tidak ada pilihan transportasi umum di taman, jadi transportasi pribadi adalah suatu keharusan. Pengunjung disarankan untuk memiliki obat nyamuk dan kaus kaki lintah selama musim hujan untuk menghindari lalat yang mengganggu dan serangga lainnya.

4. Doi Ang Khang

Doi Ang Khang

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Doi Ang Khang terletak di Distrik Mae-Ngon, di Provinsi Chiang Mai. Puncak gunung ini berdiri dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Wilayah ini dikelilingi oleh serangkaian lembah sepanjang 5 kilometer. Suhu rata-rata di tempat ini berkisar antara 17,7 hingga 21 °C.

Selama bulan Januari, suhu juga turun hingga -3 °C. Doi Ang Khang juga merupakan salah satu taman alami. Di sini kamu juga berkesempatan untuk jalan-jalan dan belajar tentang pertanian Thailand dan tempat ini bisa disebut-sebut sebagai salah satu gunung terbaik di Thailand.

Doi Ang Khang berjarak sekitar 160 km dari Pusat Kota Chiang Mai dan dapat dicapai dengan van atau bus. Kemudian dibutuhkan minibus untuk mendaki gunung.

5. Doi Chiang Dao

Doi Chiang Dao

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Hiking adalah aktivitas paling terkenal di pegunungan Doi Chiang Dao di Thailand. Ini adalah suaka margasatwa yang dilindungi, sehingga menjadikannya salah satu puncak terindah untuk hiking. Seseorang dapat menemukan berbagai jenis flora dan fauna dan kehidupan burung yang tidak mudah ditemukan di bagian lain Thailand.

Jika hiking ke puncak Chiang Dao adalah tujuannya, seseorang harus melakukan perjalanan semalam dan tinggal di kamp di dekat puncak untuk menikmati matahari terbenam dan matahari terbit. Karena enjadi sangat terkenal, jumlah pintu masuk pun dibatasi sehingga seseorang harus merencanakan sebelumnya.

Puncak Chiang Dao hanya dapat didaki selama 20-30 menit, tetapi jalurnya curam dan berbatu yang bisa sedikit melelahkan ditambah dengan angin sangat kencang. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah bulan November?sampai Maret.

Lokasi Doi Chiang Dao terletak di Taman Nasional Pha Daeng dengan 72 km dari pusat kota Chiang Mai dan hanya 50 km dari perbatasan Myanmar. Cara mencapainya bisa dengan bus umum berangkat dari terminal bus lama Chang Pheuak dengan waktu perjalanan sekitar 90 menit.

6. Doi Kiew Lom

Doi Kiew Lom

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Doi Kiew Lom adalah pilihan tepat bagi pejalan kaki. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi yang spektakuler ini adalah pagi hari karena seseorang dapat memanjakan mata dengan rona magis sinar matahari yang mengintip melalui pegunungan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini antara bulan November?sampai bulan?Maret. Doi Kiew Lom berada di Mae Tang, Chiang Mai. Doi Kiew Doi berjarak 120 km dari pusat kota Chiang Mai sehingga dibutuhkan sekitar dua setengah jam untuk sampai ke sana dengan mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya