Festival Kreatif Lokal Kemenparekraf 'Sampai' di Mandalika

Sirkuit Mandalika akan jadi pemandangan indah
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021 di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) Pariwisata Indonesia, telah 'sampai' di Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Tiket Pesawat ke Labuan Bajo, Lombok dan Danau Toba Turun

Program kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Adira Finance itu, mendukung 56 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Mandalika, agar menciptakan produk berskala nasional yang dapat bersaing secara internasional.

Head of Regional SSD - Bali & Nusa Tenggara, Surya Almada Syahlani, meyakini pelaku UKM yang menjadi peserta FKL 2021, akan menjadi local heroes yang turut berperan menumbuhkan geliat positif aktivitas ekonomi kreatif di Mandalika, dan pada akhirnya bermuara pada peningkatan perekonomian setempat. 

Menangkap Cacing Warna-warni Jelmaan Putri Mandalika: Festival Bau Nyale Kembali Digelar di Lombok!

"Kami menilai penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Mandalika, akan membawa para UKM lebih matang dalam menyiapkan produk yang memiliki daya tarik dengan kualitas prima, sehingga mendapatkan nilai jual lebih tinggi," ujarnya saat Konferensi Pers Pengumuman 9 UKM Finalis Destinasi Super Prioritas Mandalika, yang digelar Adira Finance secara virtual, Kamis 14 Oktober 2021.

Foto areal pantai bukit Seger Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu, 24 Februari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Tiket MotoGP Mandalika 2024 Sudah Bisa Dipesan, Segini Harganya

 
Terutama, menurut Surya, dengan adanya pembangunan sirkuit Mandalika yang turut membantu destinasi super prioritas ini menjadi pusat perhatian dunia, di samping Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terus mempromosikan kawasan tersebut sebagai salah satu primadona tujuan wisata di Indonesia, dengan kekayaan alam dan kearifan budaya lokal. 

"Kondisi ini akan menjadi peluang istimewa bagi para UKM untuk menunjukkan diri, sehingga dapat menjadikan Mandalika juga dikenal akan keunikan produk ekonomi kreatifnya," kata dia. 
 
Pendapat yang sama juga dilontarkan Founder e-Camp sekaligus mentor Festival Kreatif Lokal 2021, Kukuh Indra Prasena. Dia berharap peserta FKL di Destinasi Super Prioritas Mandalika, mampu mengoptimalkan potensi bisnis dari peluang perhelatan balapan internasional.
 
"Kegiatan selama Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan bagian dari rangkaian pelaku UKM untuk menghasilkan terobosan yang inovatif dan nyata sebagai jawaban tuntutan pasar. Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, pelaku UKM mendapatkan materi yang relevan sehingga produk dan jasanya dapat memiliki nilai ekonomi dan kompetitif di pasaran," terangnya.
 
Dari 56 pelaku UKM di Mandalika yang berasal dari kategori usaha Fesyen, Kuliner, dan Kriya, berdasarkan proses pelatihan dan penjurian awal, terpilih 9 UKM local hero yang akan mewakili Mandalika ke babak final Festival Kreatif Lokal. 
 
Sebanyak 9 UKM local hero ini akan menjalani coaching camp yang lebih intensif dari Prasetiya Mulya ELI dan e-Camp Indonesia, menggunakan metode yang dapat langsung diterapkan para UKM untuk menumbuhkan usaha kreatif mereka.
 
Selain itu, 9 UKM local hero ini akan dinilai dewan juri, yang terdiri dari 5 tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif. Dewan juri akan menilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan para UKM dari tiga kategori Fesyen, Kuliner, dan Kriya.

Wisatawan kunjungi Pulau Komodo

Flight Ticket Fares for Three Super Priority Tourism Destinations Drop

The government to reduce airfare prices by up to 20 percent in three Super Priority Tourism Destinations (DPSP).

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024