Liburan Saat Pandemi, Ingat 3 Hal Ini Saat Pesan Hotel

Ilustrasi hotel.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Selama pandemi masih berlangsung, berlibur menjadi kegiatan yang cukup berisiko. Namun, beberapa alternatif liburan yang lebih aman kini juga mulai bermunculan, salah satunya staycation.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Meski liburan ini tidak banyak melakukan aktivitas bepergian yang sering, tapi kewaspadaan tetap dibutuhkan. Bagi kamu yang ingin melakukan staycation di musim liburan di akhir pekan ini, perhatikan dahulu tips aman menginap di hotel berikut.

Pastikan hotel menerapkan protokol kesehatan

Liburan di Dubai, Shandy Aulia Terdampak Badai Ekstrem

Sebelum memesan hotel, pastikan bahwa hotel yang kamu pilih menerapkan protokol kesehatan. Pastikan bahwa protokol kesehatan ini juga diterapkan dalam pembersihan berkala barang-barang, seperti kunci kamar agar tamu merasa aman dan nyaman.

Tidak memakai layanan hotel

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Sebaiknya bawa sendiri barang-barang kamu menuju ke kamar daripada menggunakan layanan antar barang dari staf hotel. Hal ini demi mengurangi kontak dengan orang lain.

Perhatikan ventilasi kamar

Saat menginap, pastikan kamar memiliki ventilasi yang baik. Buka jendela untuk meningkatkan pertukaran udara sebab aliran udara yang baik merupakan salah satu cara agar COVID-19 tidak menetap di satu ruangan.

Petugas hotel saat merapikan kamar di Kota Malang. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

Melalui pengalaman pengelolaan universitas dan salah satu pemegang saham Marriott Bonvoy, Yayasan Menara Bhakti bersama EHL Group & Marriott Bonvoy tergerak membangun sekolah perhotelan bernama Tedja Institut Perhotelan Indonesia (TIPI). 

Tedja Institut Perhotelan Indonesia (TIPI) adalah sekolah hotel dengan paduan kuat budaya Indonesia. “TIPI bekerja sama dengan Sekolah Hotel Swiss yang legendaris, EHL (Ecole hôtelière de Lausanne), dan didukung oleh Yayasan Menara Bhakti, Le Meredien & Marriott Hotel Group,” ujar Ibu Rindangsari Kuriniawati, selaku Pembina Yayasan Menara Bhakti, dalam keterangannya.

Kurikulum pendidikan TIPI menggunakan kurikulum internasional dari EHL School. Dengan mengedepankan kearifan lokal dalam inovasi dan kreativitas, TIPI ingin menciptakan lulusan yang terampil, cakap, kompeten, dan berkontribusi aktif bagi industri pariwisata dalam negeri dan dunia.

“TIPI bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berprestasi untuk memberikan jaminan kesuksesan dalam karir masa depan mereka,” ungkap Rindangsari Kurniawati. Oleh karena itu, kompetensi perhotelan dengan standar internasional diberikan kepada lulusannya. 

TIPI berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur (Indonesia). Pendaftaran siswa baru akan dibuka tahun 2023. Informasi lengkap mengenai TIPI dapat dilihat di media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya