8 Cara Aman Solo Travelling untuk Perempuan, Nomor Tiga Wajib

solo traveling
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hampir dua tahun pandemi melanda dunia. Kegiatan manusia pun jadi terbatas, terutama travelling. Seluruh negara berusaha memulihkan dengan memperketat aturan, agar setiap warganya melakukan vaksin dalam dosis penuh. Di Indonesia, hal ini bertujuan juga untuk memulihkan dan mendukung bangkitnya sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

Beruntung kini pariwisata sudah mulai pulih dan kegiatan travelling, termasuk solo travelling, bisa dilakukan kembali, baik di domestik maupun mancanegara asal melengkapi syarat-syarat bepergian selama pandemi.

Travelling pastinya menjadi dambaan sebagian besar orang. Maka tak heran jika aktivitas ini kian meningkat setiap tahunnya. Dilansir dari Condor Ferries, di tahun 2020 ada sekitar 25% orang yang berpikir untuk melakukan perjalanan solo.

Kemen-PPPA: Perempuan Lebih Rentan Terdampak Perubahan Iklim karena Peran Tradisional Gender

Bahkan, 84% solo traveller berjenis kelamin perempuan. Durasi terbaik dalam melakukan solo travelling adalah 10-12 hari agar Anda memiliki banyak waktu untuk mengunjungi setiap tempat yang ingin dituju.

Menurut Solo Female Travelers, para perempuan melakukan perjalanan solo karena ingin mendapatkan kebebasan, menikmati waktu sendiri, dan bertemu orang baru. Mereka juga mempercayai saran dari grup Facebook solo traveller perempuan dan blog. Ada pun satu perhatian khusus yang menjadi kekhawatiran solo female travelers saat memilih destinasi, yaitu keselamatan mereka. 

Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

Faktanya, solo travelling bagi perempuan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Berikut kita bahas delapan tips aman perjalanan solo buat Anda para pemula. Semoga bisa menjadi pedoman yang informatif untuk Anda di rumah.

Persiapkan pouch khusus

Ketika bepergian di masa pandemi, tentu perlu memperhatikan kebersihan dan sanitasi di mana pun kamu berada. Maka persiapkan sebuah tas kecil atau pouch khusus yang berisikan hand sanitizer, masker cadangan, sabun portable, semprotan disinfektan, tisu, hingga alat makan sendiri. Hal ini dilakukan agar Anda bisa tetap higienis tanpa perlu merasa khawatir.

Jangan mudah percaya orang baru

Saat ingin mengunjungi kota atau negara yang asing, banyak dari kita yang sudah mulai berkenalan dengan teman baru lewat aplikasi daring. Namun, Anda tetap perlu waspada terhadap orang asing yang baru dikenal, agar dapat meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Simpan kontak darurat

Hal satu ini jangan sampai terlewatkan. Penting sekali untuk menyimpan nomor dan kontak lainnya saat situasi darurat. Ada empat kontak tujuan yang wajib dimiliki baik di ponsel maupun catatan Anda.

Yaitu keluarga, local emergency contact di kota atau negara setempat, rumah sakit, hingga Kedutaan Besar Republik Indonesia yang bertempat di destinasi tujuan. Anda juga bisa mengirimkan itinerary kepada keluarga atau kerabat.

Menginap di tempat strategis

Anda mempertimbangkan untuk memilih hotel budget? Ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan Anda menginap di daerah yang tidak terpencil. Yang kedua, hindari pemilihan hotel yang berada di gang. Sebagai alternatif, pilihlah hotel yang berada di samping jalan besar. Usahakan jangan pulang larut malam.

Adaptasi dan kenali budaya baru

Pastikan sebelum mengunjungi suatu tempat, pelajari budaya dan norma yang berlaku di kota atau negara tersebut. Lalu, gunakanlah pakaian yang sopan dan nyaman selama bepergian. Hindari penggunaan aksesoris atau perhiasan yang berlebihan atau mencolok. Berpenampilan sesederhana mungkin, akan sangat tepat untuk Anda.

Gunakan dan manfaatkan teknologi

Untuk memudahkan diri sendiri di dunia yang sudah serba digital, Anda dapat membeli simcard lokal, dan Wi-Fi portable sebagai alat pendukung kegiatan. Unduh juga offline maps untuk memudahkan Anda dalam bepergian ketika berada di daerah sulit sinyal. Selain itu, pesan tiket atau hal-hal lainnya menggunakan aplikasi atau situs web untuk menghindari penipuan.

Hanya membawa essential things

Sebagai solo traveller, artinya Anda tidak bisa mengandalkan siapa-siapa di situasi tertentu. Oleh sebab itu, dalam sekali bepergian bawalah barang-barang penting yang sekiranya diperlukan jika terjadi hal darurat.

Seperti uang tunai untuk berbelanja di toko kecil, duplikasi dokumen, charger, dan lainnya. Sembunyikan juga barang-barang berharga tersebut, di bagian paling dalam tas yang sulit untuk dijangkau orang.

Bangun komunitas dan pertemanan

Walau bepergian sendiri, namun usahakan untuk mencari koneksi sebelum sampai ke tujuan. Bisa join ke dalam grup traveller yang ada di media sosial. Hal ini akan memudahkan Anda juga untuk mendapatkan tips serta teman sebagai local guide. Tak hanya itu, ketika sedang tersesat atau terjadi masalah, Anda dapat juga mengabarkan kepada komunitas tersebut.

Itu dia informasi dan tips aman yang perlu Anda ketahui saat solo travelling, terutama bagi para pemula. Agar perjalanan Anda lebih hemat, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo hanya di Pegipegi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya