Staycation dan Workcation, Makin Ngetren Sejak Pandemi

Ilustrasi Kamar Hotel.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pandemi telah mengubah banyak hal, termasuk perilaku dan preferensi masyarakat dalam merencanakan perjalanan. Traveloka melihat bahwa terdapat dua tren yang semakin mengemuka semenjak pandemi, yaitu staycation dan workcation.

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

Selain itu, preferensi terbaru juga timbul terhadap tren menginap yang lebih mengedepankan privasi dan eksklusivitas. Hal ini tercermin dari data internal Traveloka yang mencatat bahwa terdapat peningkatan pemesanan akomodasi privat sebesar 2 kali lipat pada bulan Oktober 2021 dibandingkan periode Januari-Agustus 2021.

Salah satu alasan utamanya adalah akomodasi privat dinilai dapat menghadirkan suasana yang lebih intim serta sanggup menampung jumlah orang yang lebih banyak dalam satu area bersama.

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Merespons fenomena dari hasil pengamatan tersebut, Traveloka memperkenalkan produk teranyar ‘Traveloka Holiday Stays’, yang merupakan wajah baru dari produk Vila & Apartemen yang telah tersedia sejak tahun 2019.

“Akomodasi privat menjadi salah satu pilihan yang digemari, terutama selama era pandemi karena sifatnya yang lebih privat dan fleksibel,” ujar VP of Brand and Marketing Traveloka, Shirley Lesmana dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Traveloka Holiday Stays menawarkan fitur-fitur baru yang dapat memungkinkan konsumen mengakses layanan ini secara mudah dan aman. Fitur seperti Discovery Mode, memungkinkan konsumen mencari akomodasi privat sesuai dengan destinasi dan harga secara fleksibel tanpa harus memasukkan tanggal secara spesifik (fitur ini telah tersedia secara bertahap dan akan tersedia secara serentak mulai 1 Desember 2021).

Konsumen juga dapat mengetahui informasi akomodasi privat pilihan secara lengkap melalui fitur Complete Accommodation Information. Fitur lainnya yaitu Chat Pengelola mempermudah konsumen untuk menghubungi pengelola properti secara langsung melalui platform pesan untuk keperluan menginap. Konsumen juga dapat dengan mudah mencari properti sesuai dengan filter tipe akomodasi yang diterapkan: vila, resort, glamping, apartemen, hingga private homes.

Tidak kalah penting, para konsumen juga dapat menemukan pilihan akomodasi privat Traveloka Holiday Stays yang sudah terdaftar menjadi mitra Clean Accommodation sehingga konsumen dapat dengan mudah memilih properti yang telah memiliki sertifikasi CHSE guna memastikan penerapan safe travel dengan protokol kesehatan yang ketat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya