7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

Kota Yerusalem.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Yerusalem adalah salah satu kota tertua di dunia dan menjadi rebutan banyak orang di dunia. Salah satu faktor utama yang menjadikan kota ini sebagai rebutan lantaran diklaim sebagai kota suci dari tiga agama besar yang ada di dunia, yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi. Selain itu, tahun 2017 silam Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Keputusan tersebut disambut dengan kecaman dari berbagai belahan dunia. Sebab, kota tersebut sangat khusus untuk kedua negara yaitu Israel dan Palestina,

Israel Bakal Ubah Status Al-Aqsa, Izinkan Umat Yahudi Beribadah dalam Masjid

Kata Yerusalam begitu bergema di hati umat Islam, Kristen, dan Yahudi sejak berabad-abad lalu karena mengalami sengketa dan sejarah milik bersama. Dalam bahasa Ibrani, Yerusalem adalah Yerushalayim dan dalam bahasa Arab dikatakan sebagai Al Quds. Sejak dulu, kota ini pernah berulang kali ditaklukkan, dihancurkan, direbut, dan dibangun kembali oleh beberapa pihak. Nah, berikut adalah fakta menarik kota Yerusalem yang menjadi kota suci tiga agama besar di dunia yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Fakta Menarik Kota Yerusalem?

Diam-diam Ternyata Israel Terima Sumbangan yang Sangat Besar, Ini Dia Sumbernya

1. Masjid

Kubah Batu (Dome of the Rock) di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

Photo :
  • tvOne
Di Balik Hancurnya Hiroshima dan Nagasaki, Ini 5 Fakta 'Bapak Bom Atom' Robert Oppenheimer

Di kota ini terdapat Kawasan Muslim yang terbesar dari keempat tempat suci. Dalam Kawasan ini terdapat Kubah Batu atau Dome of the Rock dan juga Masjid al-Aqsa di dataran tinggi yang diyakini oleh umat Muslim sebagai Haram al-Sharif. Masjid ini dikelola oleh sebuah Lembaga wakaf dan merupakan tempat suci ketiga bagi umat Muslim sesudah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Umat Muslim mempercayai bahwa Rasulullah SAW mendatangi Masjidil Aqsa dari Mekkah ketika melakukan Isra Miraj. Nabi Muhammad kemudian sholat dan berdoa bersama dengan ruh para Nabi. Beberapa langkah dari masjid tersebut, terdapat Kubah As-Shakrah yang terdapat batu fondasi dan dipercaya oleh umat Islam sebagai tempat Nabi Muhammad menuju surga.

2. Gereja

Kubah Batu (Dome of the Rock) di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

Photo :
  • tvOne

Nama kawasan Muslim memang abadi dikatakan sebagai Masjid Al-Aqsa. Tapi di situs bersejarah ini sebenarnya terdapat beberapa masjid. Di sebelah selatan bangunan terdapat masjid yang dikenal sebagai Masjid Qibly, sebutan untuk masjid yang paling dekat dengan kiblat.

Tapi, seluruh bangunan termausk kubah di situs ini dipandang sebagai Masjid Al-Aqsa dan kadang dinamakan juga sebagai Haram Al-Sharif. Selain itu, beberapa masjid yang berada di situs suci bagi umat Islam ini adalah Masjid Buraq, Masjid Marwani, dan beberapa masjid lain.

6. Yerusalem Timur di Bawah Kekuasaan Israel

Wisata sejarah di Yerusalem, kota yang diperebutkan Israel dan Palestina.

Photo :
  • Pixabay

Tahun 1967 pada perang 6 hari, Israel berhasil memukul mundur aliansi Mesir, Yordania, dan Suriah. Israel berhasil merebut Sinai, Tepi Barat Yordan, Dataran Tinggi Golan, Jalur Gaza, dan bagian timur Yerusalem. Pertama kalinya sejak tahun 1949, Israel menguasai Tembok Ratapan di kota tua Yerusalem. Israel mengatakan bahwa Yerusalem Timur tidak menganeksasi tapi mengintegrasikan administratifnya.

7. Kiblat Pertama Sholat Umat Islam

sholat

Photo :
  • U-Report

Fakta menyebutkan bahwa Masjid Al-Aqsa merupakan tempat pertama kiblat untuk umat Islam melaksanakan sholat. Tapi, setelah Rasulullah SAW memperoleh petunjuk dari Allah SWT, kiblat sholat pun dipindahkan menghadap ke Ka’bah yang berada di Masjidilharam, Makkah, Arab Saudi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya