Ketama Adventure Park, Wisata Alam Tawarkan Suasana Berbeda

Area camping di Ketama Adventure Park, Minahasa, Sulut
Sumber :
  • Rochimawati/VIVA.co.id

VIVA – Menikmati suasana di alam terbuka menjadi pilihan yang di saat pandemi COVID-19. Salah satu tempat wisata petualangan yang menawarkan suasana alam dengan pemandangan Danau Tondano, di Minahasa, Sulawesi Utara bisa Anda temukan di Ketama Adventute Park. 

Warga Suku Kawanua Dukung Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Berada di lahan seluas 14 hektare, Ketama Adventure Park menawarkan pemandangan yang asri. Ditambah lagi area bukit yang sepanjang mata memandang akan terlihat keindahan Gunung Lokon dan Gunung Soputan. 

Ketama Adventura Park sendiri mulai beroperasi sejak empat tahun lalu. Menurut Bram Rompas, pemilik Ketama Adventure Park, pihaknya menawarkan suasana wisata alam yang memang berbeda bagi pengunjung. 

Kampanye di Sulawesi Utara, Prabowo: Kapan Lagi Ada Putra Minahasa Masuk Istana!?

Selain ada cafe yang saat ini tengah menjamur di wilayah sekitarnya, Ketama Adventure Park juga menyediakan area camping ground, dan arena permainan untuk keluarga seperti flying fox, dan tracking. 

Prabowo Kenang Ibunda di Kampung Halaman Langowan, Nyanyikan Lagu ‘Sio Mama’

"Luas lahan yang kami gunakan untuk activity sekitar 5 hektare, di sini tersedia lokasi buat camping, ada juga 4 rumah kayu yang bisa disewa, dan sejumlah area bermain untuk anak-anak," ujar Bram kepada VIVA.

Uniknya lagi, semua bangunan yang ada di Ketama Adventure Park terbuat dari kayu yang berasal dari kebun tersebut. 

Rumah kayu di Ketama Adventure Park, Minahasa, Sulut

Photo :
  • Rochimawati/VIVA.co.id

Pohon-pohon seperti Jati, Pinus, Cempaka, dan pohon yang berbuah menambah asri suasana. Sehingga suasana laiknya berada di hutan pun semakin terasa, ditambah suara serangga yang terdengar saat siang hari.

"Ya suara serangga ini namanya Rie-Rie, memang hanya terdengar sejak pagi hingga jelang malam. Kalau malam lain lagi suara binatang malam yang terdengar. Ada juga burung hantu," katanya. 

Bram menceritakan awal dibukanya Ketama Adventure Park, awalnya tempat itu adalah hanya kebun dan hutan yang tidak banyak mendapat perhatian.

Namun, ia pun lalu berpikir kenapa tidak mencoba menjadikan kebunnya ini menjadi lokasi wisata. Apalagi Bram melihat di sejumlah daerah banyak menawarkan wisata alam yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Ketama Adventure Pak, Minahasa, Sulut

Photo :
  • Rochimawati/VIVA.co.id

"Akhirnya saya coba buka pelan-pelan, awal dibuka tempat ini lumayan ramai, namun sejak ada pandemi pengunjung berkurang. Tapi saat ini sudah mulai ada ramai lagi, meski dengan protokol yang ketat," kata dia. 

Untuk menuju Ketama Adventure Park, dari arah Kota Manado bisa melalui Tomohon menuju Minahasa. Sepanjang jalan menuju lokasi, akan disuguhi pemandangan gunung dan danau yang indah, serta sawah-sawah yang membentang. 

Lokasi yang berada di jalan Touliang Oki, Eris, Touliang Oki, Eris, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Dari pinggir jalan, pengunjung akan masuk jalan menanjak sekitar 100 meter dan melewati pemandangan pohon pinus.  Jadi, tunggu apalagi buat yang ingin menikmati suasana alam, segera ajak keluarga berkunjung ke Ketama Adventure Park. 

Ketama Adventure Pak, Minahasa, Sulut

Photo :
  • Rochimawati/VIVA.co.id
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya