10 Fakta Kehidupan di Turki, No 9 Bikin Geleng Kepala

Pemandangan indah negara Turki
Pemandangan indah negara Turki
Sumber :
  • vstory

VIVA – Turki, merupakan salah satu negara yang memiliki beragam keunikan yang menarik. Turki adalah negara yang berada di Benua Asia dan Benua Eropa sekaligus. Turki ini juga terkenal akan serial drama yang menarik. Namun, taukah kamu jika ada beberapa keunikan lainnya? Simak 10 fakta menarik tentang negara Turki berikut ini.

1. Agama Mayoritas Adalah Islam

Ilustrasi kaligrafi Islam.

Ilustrasi kaligrafi Islam.

Photo :
  • ANTARAFOTO/Ismar Patrizki

Turki adalah satu-satunya negara mayoritas Islam yang menganut paham sekuler. Di Turki urusan Agama terpisah dengan urusan negara dan pemerintahan. Sebagian besar penduduk Turki menganut agama Islam dengan persentase sebesar 99,8% umat muslim dari keseluruhan penduduk Turki. Sebagian besar muslim di Turki mengikuti paham sunni dan sebagian kecil lainnya dalah kaum Syi'ah yang terdiri berbagai sekte, seperti Alevi, Ja'fari, dan Alawi. 

Menurut survei yang dilakukan oleh lembaga penelitian sosial Perancis Ipsos, agama Kristen adalah agama terbesar kedua di Turki dengan persentase sekitar 2% dari keseluruhan penduduk Turki. Sebagian besar orang Kristen di Turki berasal dari denominasi gereja-gereja ritus timur. Denominasi Kristen yang terdapat di Turki saat ini antara lain adalah Gereja Apostolik Armenia, Gereja Ortodoks Siria, Gereja Ortodoks Yunani, Antiokhia Yunani, Gereja Ortodoks Bulgaria, Gereja Ortodoks Georgia, Gereja Katolik Roma, Gereja Katolik Kaldea, dan sebagian kecil lainnya adalah penganut paham protestanisme. Terdapat juga orang-orang Yahudi di Turki.

2. Jilbab dan Janggut Panjang Sempat Dilarang

Ilustrasi Jilbab

Ilustrasi Jilbab

Photo :
  • Jilbab