8 Fakta Unik Maladewa yang Jarang Diketahui, Wajib Beragama Islam?

Pantai di resor Maladewa.
Pantai di resor Maladewa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

VIVA – Fakta unik Maladewa atau Maldives tengah menjadi sorotan banyak orang terutama untuk turis. Negara kepulauan yang berada di barat daya India ini memang mempunyai suguhan keindahan alam yang sangat menakjubkan, terutama pantai berpasir putih dengan laut biru seperti kaca. Tidak hanya elok dipandang, Maladewa juga memiliki alam bawah laut yang sangat cantik dengan taburan spot snorkeling dan diving.

Tidak berlebihan apabila Maladewa memang menjadi salah satu destinasi wisata impian untuk para pelancong di seluruh dunia, terutama untuk pasangan yang hendak bulan madu. Negara kecil ini dikunjungi sedikitnya sekitar 900 ribu turis setiap tahun. Mereka sukses meraih banyak devisa negara dari parawisata. Bahkan, kesuksesannya dalam mengelola sektor parawisata membuat pendapatan per kapita negara ini mampu melampaui Indonesia. Nah, berikut adalah ulasan mengenai fakta unik Maladewa yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Fakta Unik Maladewa?

1. Negara Terendah dan Paling Datar di Dunia

Conrad Maldives Rangali Island

Conrad Maldives Rangali Island

Photo :
  • Courtesy Conrad Maldives Rangali Island

Guinness World Record mencatat bahwa Maladewa adalah negara terendah dan paling datar di dunia dengan ketinggian maksimumnya mencapai 2,4 meter di atas permukaan laut (MDPL). Negara ini hanya terdiri atas 1.190 pulau dan mempunyai masalah yang cukup serius yaitu pemanasan global serta perubahan iklim. Sebab, perubahan iklim yang sangat cepat akan menyebabkan naiknya air laut dan diprediksi akan tenggelam.

Selain itu, menurut situs Visit Maldives, berbagai upaya konservasi tengah dilakukan guna melindungi lingkungan laut yang sangat berharga di negara ini. Sementara itu, beberapa spesies laut dan burung dilindungi oleh hukum yang berlaku. Kawasan lindung sudah ditetapkan guna menjamin konservasi ekosistem tertentu dan kekayaan keanekaragaman hayati Maladewa.