Sandiaga Uno dan Aurelie Moeremans Main Permainan Tradisional NTT

Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, NTT.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, di awal pekan Desember 2021 melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, NTT, dengan mendatangi kantor baru Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Kunjungan Sandiaga Uno diterima langsung oleh Direktur Utama BPOLBF (Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo). Kantor BPOLBF terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Ini adalah salah satu program dan upaya pemerintah untuk memulihkan dan membangkitkan perekonomian NTT, yang terdampak pandemi khususnya pada sektor pariwisata sehingga pada saatnya nanti bisa bangkit dan membuka peluang lapangan pekerjaan yang lebih lebar untuk masyarakat", kata Mas Menteri, sapaan akrab Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Dijelaskannya juga, bahwa dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, setidaknya masyarakat yang menerima vaksin dosis 1 per 28 November 2021 telah mencapai 76,5 persen dan dosis 2 mencapai 35,1 persen.

“Pencapaian 76,5 persen ini harus kita apresiasi dan atur strategi untuk terus meningkatkannya,” kata Sandiaga Uno saat meninjau sentra vaksinasi COVID-19 yang dihadirkan Kemenparekraf untuk pelaku parekraf dan masyarakat umum. 

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 Resmi Digelar, 300 Desainer Bakal Angkat Budaya Betawi

Setelah berkunjung ke kantor BPOLBF, Menparekraf Sandiaga Uno melanjutkan perjalanan ke Kampung Waerebo, Desa Satar Lenda di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). 

Sandiaga Uno memecahkan rekor sebagai Menteri pertama yang mendaki ke Waerebo, dalam waktu hanya 1 jam 7 menit untuk mendaki dan 56 menit untuk turun. 

Sandiaga Uno juga turut mengikuti permainan tradisional yakni Rangkuk Alu. Sebuah permainan khas Manggarai, Flores, NTT yang dilakukan oleh empat orang dengan memegang empat tongkat bambu sambil membentuk palang yang kemudian digerak-gerakkan. Sementara kedua pemain masuk ke dalam palang bambu sambil melompati celah-celahnya agar tidak terjepit bambu. 

Sandiaga Uno memainkan permainan tradisional tersebut dengan ditemani aktris Aurelie Moeremans. Melalui Instagram pribadinya, Aurelie tampak mengunggah video yang menampilkan dirinya dan Sandiaga Uno saat memainkan permainan Rangkuk Alu.

Berlokasi di pegunungan terpencil di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur,  Kampung Waerebo berada di atas ketinggian 1.200 mdpl, destinasi ini sering disebut kampung di atas awan dan memiliki 7 rumah adat yang menjadi ikon arsitektur yaitu Mbaru Niang (berbentuk kerucut). 

Kampung Waerebo menawarkan pemandangan hamparan rumput hijau yang dikelilingi pegunungan lengkap dengan kabut juga menjadi pesona desa. Sehingga memberikan kesan magis, namun damai, tenang, dan sejahtera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya