10 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Unik dan Jarang Diketahui

Taman Kota Palangkaraya
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA – Ada beberapa tempat wisata di Palangkaraya yang sangat memukau dan tengah menjadi perbincangan hangat. Salah satu penyebabnya adalah pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya santer terdengar belakangan ini. Palangkaraya sendiri adalah ibu kota dari Kalimantan Tengah. Karena itu, kota ini menjadi salah satu pusat kota yang tumbuh menjadi kota besar dan mempunyai sejuta daya tarik. Bukan hanya menyuguhkan arsitektur kota yang semakin modern, Palangkaraya juga menjadi kota yang mempunyai berbagai macam tempat wisata.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Merencanakan liburan ke Palangkaraya adalah sebuah keputusan yang tepat, sebelum kota ini benar-benar dijadikan sebagai ibu kota yang baru. Selain itu, di kota ini terdapat berbagai suguhan tempat yang indah dan menarik selama kamu berkunjung ke ibu kota Kalimantan Tengah tersebut. Mulai dari wisata alam sampai wisata edukasi, bisa kamu sambangi dengan keluarga atau bahkan dengan pasangan. Bila akan berkunjung ke kota ini, jangan khawatir kamu akan merasa bosan, karena ada berbagai macam tempat yang tentunya akan memanjakan mata. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Palangkaraya.

Lantas, Apa Saja Tempat Wisata di Palangkaraya?
1. Taman Wisata Kumkum

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Taman Wisata Kumkum

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Saat kamu mulai menjajaki Kota Palangkaraya, jangan pernah lewatkan untuk mengunjungi Taman Wisata Kumkum. Salah satu tempat wisata di Palangkaraya ini sedikit berbeda dengan dari bentuk taman pada umumnya, sebab di sini kamu tidak akan dimanjakan dengan hamparan bunga-bunga yang umumnya ada di sebuah taman. Akan tetapi, kamu akan merasak taman seperti berada di sebuah kebun binatang.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Di kawasan taman ini, kamu akan menyaksikan berbagai jenis satwa yang tentunya khas dari pulau Borneo. Hanya saja, jumlah satwa yang dipertontonkan di Taman Wisata Kumkum ini jumlahnya terbatas, tapi tetap bisa memanjakan dan menghibur wisatawan yang datang ke tempat ini. Suasana taman ini juga sangat sejuk dan menyegarkan karena dilengkapi dengan pohon-pohon rindang yang menyejukkan hati.

2. Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Jembatan ini tentunya adalah salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika akan berwisata ke Palangkaraya. Mempunyai panjang 640 meter dan membentang di sepanjang Sungai Kahayan, jembatan ini fungsi utamanya untuk menghubungkan kedua belah wilayah yang ada terbelah sungai.

Bukan hanya sebagai jembatan yang menghubungkan dua buah wilayah, tempat wisata di Palangkaraya ini juga cocok untuk dijadikan sebagai salah satu tempat untuk berswafoto. Mengusung arsitektur bangunan yang unik dan megah, membuat jembatan Kahayan mempunyai daya tarik tersendiri untuk para pelancong.

3. Taman Kota Palangkaraya

Taman Kota Palangkaraya

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Taman Kota Palangkaraya juga tidak kalah menakjubkan untuk dikunjungi oleh kamu yang akan pergi ke pulau Kalimantan. Kamu bisa menikmati indahnya langit yang ditemani dengan hembusan angin semilir adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bila berada di tempat wisata. Sementara di malam hari, akan dilengkapi dengan lampu taman yang akan semakin membuat suasana semakin romantis.

Selain untuk menikmati pemandangan yang sangat memesona, tempat wisata di Palangkaraya ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka berswafoto karena tempatnya memang sangat ciamik. Bahkan, taman ini sering dijadikan sebagai salah satu tempat nongkrong para muda mudi Palangkaraya. Sehingga jangan heran bila tempat wisata yang murah meriah ini akan ramai dikunjungi.

4. Danau Tahai

Danau Tahai

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Tempat wisata di Palangkaraya memang tidak ada habisnya, karena kota ini dilengkapi dengan berbagai tempat yang cantik dan indah. Danau Tahai adalah salah satu danau gambut yang mana air dari danau tersebut akan berwarna kemerahan karena adanya akar pohon gambut di area danau. Akar-akar tersebut akan menjalar hingga ke perairan danau sehingga mengakibatkan warnanya berubah menjadi merah. ‘

Bukan hanya indah, daya tarik lain untuk para pelancong adalah adanya berbagai rumah terapung atau yang lebih dikenal dengan sebutan rumah lanting. Antar rumah di danau tersebut dihubungkan dengan jembatan yang terbuat dari kayu. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan sungai sambil menyusuri rumah terapung melalui jembatan kayu.

5. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Orangutan Kalimantan

Photo :
  • U-Report

Masih berada di sekitar Danau Tahai, penangkaran orang utan Nyaru Menteng berada di bawah kepemilikan Yayasan borneo orangutan. Tempat wisata di Palangkaraya yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak supaya tertarik dan belajar mengenai kehidupan orang utan. Ketika berada di penangkaran, kamu dapat melihat bagaimana kehidupan orang utan ketika berada di habitat aslinya.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa melaksanakan interaksi secara langsung dengan orang utan. Pengalaman ketika berkunjung ke tempat wisata ini tentunya akan menjadi salah satu pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Terutama untuk anak-anak yang cukup jarang menjumpai orang utan di alam bebas.

6. Rumah Adat Dyak Pasir Panjang, Pangkalan Bun

Rumah bentang suku Dayak.

Photo :
  • uniknyaindonesiaku.blogspot.com

Salah satu hal yang wajib ketika akan merencanakan berlibur ke Kalimantan, terutama ke Palangkaraya adalah untuk mengenal lebih dekat mengenai masyarakat Dayak. Bertempat di Pangkalan Bun, kamu dapat melihat secara langsung replika dari rumah adat ‘Betang’ yang menjadi ciri khas masyarakat Dayak di Pasir Panjang.

Mengunjungi salah satu tempat wisata di Palangkaraya ini kamu dapat mengenal lebih dekat dengan arsitektur dari rumah adat. Selain itu, kamu juga dapat mengenal kebudayaan dan juga adat istiadat Dayak, sebab rumah ini dijadikan sebagai pusat dari upacara adat, pertunjukan adat, dan acara kesenian adat lainnya.

7. Taman Nasional Sebangau

Sungai Koran di Taman Nasonal Sebangau, Kalimantan Tengah.

Photo :
  • U-Report

Di kota Palangkaraya juga ada beberapa Taman Nasional yang bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang cocok untuk kamu kunjungi, salah satunya adalah Taman Nasional Sebangau. Tempat wisata di Palangkaraya ini adalah rumah untuk 808 jenis flora, 182 jenis burung, 54 spesies ular, dan 35 spesies mamalia. Selain itu, ada juga satwa lain seperti orang utan, bekantan, owa, beruang madu, burung rangkong, dan satwa lainnya yang dilindungi.

8. Taman Nasional Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Raya

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Selain Taman Nasional Sebangau, kamu juga bisa mengunjungi Taman Nasional Bukit Raya. Tempat ini berperan sebagai salah satu wilayah resapan air. Sama seperti Taman Nasional yang berada di Kalimantan yang lain, tempat wisata di Palangkaraya ini adalah rumah untuk hewan-hewan endemik yang dilindungi, mulai dari beruk sikan seluang, baung adung, orang utan, dan berbagai jenis satwa lainnya.

9. Pesona Alam Lestari

Pesona Alam Lestari

Photo :
  • Tangkapan Layar

Untuk kamu yang tengah mencari rekomendasi tempat wisata di Palangkaraya, Pesona Alam Lestari adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Di tempat ini, kamu akan menemukan berbagai pemandangan yang ciamik dan fasilitas tempat wisata yang cukup lengkap.

Salah satu fasilitas yang terdapat di Pesona Alam Lestari adalah pondok atau sebuah tempat yang bisa digunakan untuk bersantai bersama dengan keluarga atau pasangan. Selain itu, tempat tersebut juga sudah dilengkapi dengan bantal dan juga karpet, sehingga kamu hanya tinggal menikmati pemandangan dan semilir angin yang segar.

10. Bukit Tangkiling

Wisata Bukit Tangkiling.

Photo :
  • U-Report

Di bukit ini kamu bisa melakukan tracking dengan menjelajahi keindahan alam yang masih perawan. Hamparan rumput dan pepohona yang hijau akan membuat suasana perjalanan kamu semakin menyenangkan. Ketika sampai di puncak bukit, kamu juga bisa melihat tempat wisata rohani yakni tempat pertapaan. Masyarakat setempat biasanya menyebutnya sebagai bukit doa karmet.

11. Pantai Teluk Bogam
Tempat wisata di Palangkaraya yang terakhir adalah Pantai Teluk Bogam. Keunikan pantai ini adalah berada dalam hamparan pasir putih yang berada di tengah laut yang dinamakan sebagai Gosong Baras Basah. Para pelancong hanya perlu menaiki perahu kelotok dari pantai untuk bisa sampai ke tempat ini.

Sedikit lebih jauh dari pantai, terdapat padang lamun yang merupakan area dugong untuk mencari makan. Zaman dahulu, dugong banyak diburu oleh para nelayan Teluk Bogam. Akan tetapi, saat ini masyarakat sudah banyak yang menyadari sehingga jarang yang memburu dan malah banyak yang mengembangbiakan hewan laut tersebut.

Hino Bus RM 280 ABS

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

PO Yessoe Travel sebagai perusahaan transportasi darat di Kalimantan Tengah, resmi memperkuat armada busnya dengan 5 unit Hino Bus RM 280 ABS terbaru. Penyerahan armada d

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024