7 Tips Aman Menginap di Hotel Selama COVID-19

Bobobox.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Pandemi COVID-19 membuat kita semua diharuskan tetap berada di rumah. Kalaupun harus ke luar rumah, protokol kesehatan sangat wajib dilakukan guna menghindari penularan virus corona. 

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Jika akan bepergian selama pandemi COVID-19, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi risiko. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk membuat penginapan atau hotel selama COVID-19 seaman mungkin.

Dilansir dari oyster.com, berikut ini tujuh tips aman menginap di hotel selama COVID-19, supaya tetap aman selama berada di hotel. 

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Pilih hotel yang menerapkan protokol kesehatan

Strategi keamanan dimulai sebelum Anda memesan hotel. Lakukan riset sebelum membuat reservasi untuk memastikan bahwa hotel Anda mengikuti protokol keamanan yang ditingkatkan (seperti meningkatkan sanitasi di area umum, menerapkan penggunaan masker, dan membuat check-in tanpa kontak).

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Terus ikuti protokol kesehatan 

Memakai kacamata dan masker

Photo :
  • independent.uk

Jangan mengendurkan kewaspadaan Anda hanya karena Anda sedang berlibur. Ikuti tip umum keselamatan COVID-19 yang sama yang Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari saat Anda berada di hotel. Tiga hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah:

- Pertahankan jarak dengan orang lain
- Memakai masker
- Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah check-in/check-out, segera setelah masuk kamar hotel, setelah memegang uang tunai/kartu kredit, dan sebelum makan.

Buka jendela hotel

Jika Anda bisa, buka jendela di kamar hotel Anda untuk menghirup udara segar—terutama jika Anda berbagi kamar dengan seseorang. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ventilasi merupakan faktor penting dalam mencegah penyebaran virus penyebab COVID-19. Resirkulasi udara dari unit AC split, koil kipas atau sistem apa pun yang berjalan dengan mode resirkulasi harus dihindari jika memungkinkan, kecuali di ruang hunian tunggal tanpa ada orang lain. 

Jika resirkulasi tidak dapat dihindari, tingkatkan pertukaran udara luar ruangan dengan membuka jendela, jika memungkinkan dan aman untuk melakukannya, dan minimalkan hembusan udara dari satu orang secara langsung ke orang lain.

Kipas angin di lantai atau di langit-langit dapat memberikan ventilasi jika orang yang menempati ruangan berasal dari rumah yang sama, tetapi tidak disarankan jika wisatawan dari rumah yang berbeda sedang berkumpul.”

Bersihkan area yang sering disentuh

Ilustrasi hotel.

Photo :
  • Pexels

Kemas beberapa tisu pembersih dan bersihkan area yang sering disentuh di kamar Anda secara menyeluruh. Hotspot virus ini termasuk sakelar lampu, wastafel, toilet flush, telepon, remote, dan gagang pintu. Pastikan Anda membasahi permukaan yang Anda seka untuk membunuh kuman sepenuhnya.

Hindari ruangan bersama

Mintalah kamar di lantai bawah dan pilihlah untuk naik tangga di atas lift untuk menghindari berada di ruang terbatas. Lewati penggunaan gym hotel, kolam renang, atau fasilitas bersama lainnya jika ada tamu lain dan jarak sosial tidak memungkinkan.

Minta kamar yang belum dihuni

Meskipun ini bukan cara utama penularan penyakit, Anda berisiko tertular COVID-19 melalui permukaan yang terkontaminasi. Kamar hotel harus dibersihkan cukup menyeluruh di antara tamu sehingga transmisi permukaan seharusnya tidak menjadi masalah, namun, untuk ekstra hati-hati, sebaiknya minta kamar yang kosong selama satu atau dua hari sebelum Anda check-in.

Pilih layanan kamar 

Makan di dalam ruangan, bahkan dengan meja terpisah, dianggap sebagai aktivitas berisiko tinggi oleh Centers for Disease Control (CDC). Kurangi risiko Anda dengan memesan layanan kamar atau membawa pulang makanan ke kamar Anda daripada makan di restoran hotel.

Para wisatawan dan business traveler kini tidak perlu lagi repot memikirkan fasilitas akomodasi yang nyaman dan terjangkau di pusat kawasan bisnis Jakarta Selatan. Bobobox meresmikan Bobobox ITC Kuningan yang merupakan proyek kolaborasi Bobobox dengan ITC Group, salah satu divisi usaha Sinar Mas Land.  Kerja sama strategis tersebut muncul demi menjawab kebutuhan konsumen akan fasilitas beristirahat nyaman yang berlokasi di tengah kota dengan harga yang terjangkau. 

 “Keahlian kami dalam menghadirkan hotel kapsul berbasis teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi dan sistem Internet-of-Things dapat memberikan pengalaman personalisasi bagi setiap penggunanya. Kami berharap kehadiran Bobobox akan mengoptimalkan pengalaman yang berkesan bagi para pengunjung,” kata CEO Bobobox Indra Gunawan dalam keterangannya, 

Indra menyebutkan, keunggulan fasilitas Bobobox  yakni mengusung konsep smart shared living dalam bentuk ruang istirahat yang bersih dan compact sekaligus tetap aman nan nyaman untuk diisi oleh dua orang. 

Masing-masing ruang kapsul akan dilengkapi dengan teknologi internet of things (IoT) untuk kemudahan check-in, check-out, dan permintaan lain. Cabang Bobobox terbaru tersebut terdiri dari total 72 pods, dengan rincian 46 double pods dan 26 single pods yang dapat pelanggan rasakan dengan harga mulai dari Rp130,000.

"Kolaborasi ITC Group dengan Bobobox menjadi bagian dari strategi ITC seiring berkembangnya digitalisasi di berbagai bidang yang telah mengubah gaya hidup masyarakat. Sebagai kelanjutan pengembangan ekosistem digital, Ia berharap keberadaan fasilitas itu di area central business district akan memudahkan akses bagi para wisatawan dan business traveler setelah seharian sibuk dengan beragam kegiatan serta dapat menimbulkan dampak positif kepada usaha pedagang UMKM di ITC Kuningan serta menciptakan peluang usaha bagi masyarakat sekitar," kata Christine Natasha Tanjungan, Division Head of ITC Group.

Di saat bersamaan, kemitraan antara Bobobox dengan Sinar Mas Land juga dilakukan dalam rangka
mendukung program pemerintah terkait pemulihan ekonomi berbasis digitalisasi. 

Sebagai sebuah perusahaan rintisan di sektor proptech, Bobobox menawarkan sejumlah fasilitas bagi
tamunya seperti communal area untuk mendukung produktivitas tamu selama tinggal di Bobobox, 24
hours check-in, online check-in dan check-out, serta QR key untuk meminimalisasi sentuhan tangan.

Hingga saat ini, Bobobox telah tersedia di 15 lokasi yang tersebar di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, hingga Yogyakarta. Rencananya, di bulan yang sama Bobobox juga akan
meresmikan cabang barunya di Malang. Bobobox Malang akan menjadi cabang ke-16 setelah Bobobox
ITC Kuningan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya