8 Fakta Unik Liburan di Turki Jarang Diketahui, Disemprot Parfum?

Hagia Sophia di Istanbul, Turki.
Sumber :
  • LiveScience.

VIVA – Turki adalah salah satu negara yang termasuk ke dalam dua benua sekaligus, yaitu Benua Eropa dan Benua Asia serta menjadi salah satu tempat yang paling diminati oleh para pelancong dari Indonesia. Negara yang memiliki Ibu Kota di Ankara ini dipandang sebagai salah satu tempat menarik karena sejarah, infrastruktur yang baik, dan sumber daya manusia yang siap. Selain itu, Turki juga menyuguhkan perairan yang bening, gunung tinggi, reruntuhan kaisar kuno, desa kecil nan indah.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Bila berwisata ke Turki, kamu juga bisa menikmati hidangan yang lezat dan orang lokal yang ramah sehingga akan membuat kamu jatuh cinta kepada negara ini. Berwisata sekaligus merasakan kehidupan nyata pada sebuah negara tentunya akan membuat sensasi berbeda. Nah, untuk kamu yang ingin berlibur ke negara ini, simak fakta unik liburan di Turki yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Fakta Unik Liburan di Turki?
1. Cara Memanggil Taksi

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Ilustrasi traveler naik taksi.

Photo :
  • U-Report

Selain dengan menggunakan aplikasi, di negara Turki bila kamu ingin memanggil taksi bisa dengan menggunakan tombol kuning. Keuntungan dari tombol ini adalah bisa memanggil taksi kapan saja, bahkan apabila kamu tidak memiliki simcard provider lokal atau bila ponsel sudah mati. Sementara kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak mengetahui nomor plat taksi dan nama pengemudi juga tidak tersedia. Jadi, bisa dikatakan cukup berbahaya untuk keamanan.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

2. Bunga Bukan Simbol Hadiah

Ilustrasi bunga mawar.

Photo :
  • U-Report

Apabila di beberapa negara lain setangkai bunga adalah simbol dari sebuah hadiah, tidak demikian dengan negara Turki. Orang-orang biasanya akan memberikan bunga atau karangan bunga sebagai tanda terima kasih, ucapan selamat, atau lain sebagainya. Umumnya karangan bunga akan ditempatkan di area sebuah acara pernikahan, misalnya. Setiap karangan bunga juga diberi pita bertuliskan asal bunga tersebut.

3. Jendela Bangunan di Turki Saling Berhadapan

Hotel Kayakapi Premium Caves di Turki

Photo :
  • Kayakapi Premium Caves

Terdapat banyak apartemen yang dibangun di Turki dengan jendela yang saling berhadapan, karena tidak ada peraturan yang melarangnya. Sehingga, aktivitas kamu dan tetangga apartemen bisa terekam secara langsung melalui jendela.

4. Ditemukan Banyak Kucing

Kucing Gli penunggu Hagia Sophia meninggal.

Photo :
  • U-Report

Hampir di seluruh wilayah negara ini kamu akan menemukan kucing. Walaupun mereka adalah kucing liar, tapi terlihat gemuk, bersih, dan terawat. Hal ini karena kucing-kucing di Turki sangat dicintai oleh masyarakat. Bahkan, mereka kerap nunggu di bagian pelayanan kantor setempat.

5. Meninggalkan Restoran atau Kafe

Menggunakan parfum.

Photo :
  • U-Report

Saat akan meninggalkan tempat makan, jangan kaget apabila pelayan akan bertanya kepada kamu “Apakah kamu ingin menggunakan parfum di tangan?” Parfum tersebut nyatanya mempunyai efek disinfektan dan dapat menghilangkan bau yang menempel di tangan.

Memang tidak akan seluruh restoran menawari tamunya. Akan tetapi, sejumlah orang menganggap bahwa cara tersebut adalah simbol penghormatan kepada tamu, supaya mereka yang akan meninggalkan tempat makan tidak dengan kondisi bau tangan.

6. Warga Sangat Menyukai Kebersihan

Pemandangan indah negara Turki

Photo :
  • vstory

Masyarakat setempat sangat menyukai kebersihan dan rumah yang bersih. Pemilik akun @agoniiya menceritakan tentang ibu mertuanya yang orang Turki. Ibu mertuanya tersebut memakai renda makrame di atas kulkas dan hampir tidak ada debu di atasnya, karena mereka rajin mencucinya dengan detergen.

7. Waktu yang Tepat

Bunga Tulip

Photo :
  • Dok. TRAVELLEZZA ANTV

Diketahui bahwa Turki mempunyai empat musim, yaitu musim semi (Maret-Mei), musim panas (Juni-Agustus), musim gugur (September-November), dan musim dingin (Desember-Februari). Setiap musim memiliki keunikan tersendiri. Apalagi pada musim yang mana ini adalah momen bunga tulip mekar. Sementara bulan Juli merupakan waktu bunga lavender mekar.

Musim semi tetap menjadi salah satu puncak liburan, karena banyak wisatawan yang sering melihat bunga-bunga yang indah nan cantik. Terlebih lagi, banyak sekali spesies bunga yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Selain itu, ada pula musim gugur yang juga diminati karena panorama alam yang indah.

8. Mudah Tarik Tunai Mata Uang Turki

Negara Turki. Image via: Istanbul

Photo :
  • U-Report

Turki mempunyai satuan mata uang Lira Turki. Beberapa tempat mulai dari Sultanahmet, Grand Bazaar, Taksim Square, dan Istiklal Cadessi merupakan tempat populer yang menyediakan banyak Money Changer. Alternatif lainnya adalah dengan menarik uang melalui ATM.

Akan tetapi, sebelum berlibur ke Turlki, pastikan kamu sudah mengecek terlebih dahulu berapa biaya penarikan uang dari ATM di Turki. Biasanya, wisatawan sering memakai ATM AKBANK atau Garanti Bank guna menarik uangnya secara tunai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya