12 Tempat Wisata di Samarinda yang Ikonik dan Jarang Diketahui

Ilustrasi masyarakat suku Dayak di Kalimantan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ada beberapa tempat wisata di Samarinda yang bisa menjadi salah satu referensi kamu untuk berlibur. Kota ini juga begitu terkenal dengan Sungai Mahakam, karena menjadi ikon dan ciri khas ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur tersebut. Selain itu, Sungai Mahakam juga menjadi salah satu sungai terbesar yang panjangnya mencapai 920 km. Tak heran bila sungai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bila berlibur ke Kota Samarinda.

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Selain Sungai Mahakam, di Kota Samarinda juga terdapat berbagai destinasi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Masing-masing tempat wisata yang ada di Samarinda juga akan memberikan berbagai pengalaman menarik yang tidak boleh untuk dilewatkan. Bila kamu dan keluarga memiliki berencana untuk liburan berlibur, Kota Samarinda adalah salah satu tempat yang bisa menjadi referensi. Selain membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih santai, mengunjungi beberapa tempat wisata di Samarinda juga akan memperluas wawasan tentang budaya Indonesia.

Lantas, Apa Saja Tempat Wisata di Samarinda?

Keseruan Lari sambil Menikmati Suasana Pantai di Ajang Gunungkidul Beach Run

1. Pulau Beras Basah

Pantai Beras Basah, Bontang, Kalimantan Timur.

Photo :
  • U-Report
Dateng ke BaliSpirit Festival 2024, Jangan Lupa Eksplor 3 Tempat Wisata di Ubud Ini

Pulau Beras Basah adalah salah satu tempat wisata di Samarinda, dan pemandangannya juga mempesona. Di sini, kamu dapat menikmati panorama alam yang indah dan perairan pantai yang jernih. Selain itu, kamu juga dapat menghabiskan waktu dengan berenang atau bermain di pasir putih bersama anak atau teman-teman. Beberapa fasilitas juga disediakan untuk menjelajahi keindahan bawah laut pulau ini.

Pulau ini terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Jika kamu tertarik untuk berkunjung, kamu perlu bersabar, karena memakan waktu yang cukup lama, sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai. Namun, perjalanan panjang itu akhirnya akan menuai keindahan Pulau Beras Basah yang indah. Ini salah satu pilihan destinasi menarik untuk mengisi waktu liburan.

2. Air Terjun Tanah Merah

Bersantai di Lokasi Air Terjun Tanah Merah Samarinda

Photo :
  • U-Report

Masih dengan tema air, tempat wisata ini terletak di kawasan yang cukup terpencil yaitu Dusun Purwosari, Samarinda Utara. Ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter. Air terjun ini memiliki permukaan tanah jenis gambut, sehingga saat air terjun mengalir, warnanya akan berubah menjadi merah. Lokasi air terjun ini berada di Jl. Muara Badak-Samarinda, Tanah Merah, Samarinda Utara, Kota Samarinda.

3. Tempat Wisata Pulau Kumala Tenggarong

Pulau Kumala

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Samarinda berikutnya adalah tempat wisata di Pulau Kumala, Tangalong, Kutai Kartanegara. Meski Pulau Kumara terletak di Tenggalung, namun industri pariwisatanya identik dengan warga Samarinda. Bagaimana tidak, ada jembatan penyeberangan yang mendekatkan kedua kota bertetangga ini.

Lokasi objek wisata ini sangat strategis karena sangat dekat dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi. Pulau Kumara memiliki berbagai jenis tempat wisata yang benar-benar menarik, seperti jet coaster, kereta gantung, gokar, komedi putar, dan kereta mini yang akan membawa kamu berkeliling di sekitar kawasan wisata. Pulau ini terletak di Jalan K.H. Ahmad Muksin Tenggarong Timbau.

4. Penangkaran Buaya

Ilustrasi buaya.

Photo :
  • http://pqweenzha.wordpress.com/

Jam buka tempat wisata di Samarinda, Kalimantan Timur ini mulai dari pukul 08.00 WIB. Dengan tiket Rp 15.000, kamu dapat menguji adrenalin di Penangkaran Buaya Samarinda yang berada di Makroman. Tempat ini memiliki luas tujuh hektar dan dapat menampung tiga jenis buaya. Dari buaya muara, buaya sepit, sampai buaya siam.

5. Desa Budaya Pampang

Ilustrasi masyarakat suku Dayak di Kalimantan

Photo :
  • vstory

Desa Budaya Pampang juga menjadi salah satu tempat wisata di Samarinda yang bertema budaya. Di sini, kamu bisa belajar tentang sejarah budaya Dayak yang unik. Mulailah dengan ukiran khas yang terdapat di rumah-rumah adat suku Dayak atau cobalah berfoto dengan mengenakan pakaian adat Dayak.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pertunjukan tari yang sering diadakan oleh masyarakat setempat. Pertunjukan seni semacam ini biasanya diadakan pada hari Minggu pukul 13.00 – 15.00 WITA, di gedung pertemuan desa. Di sini, kamu juga akan melihat semua penduduk setempat mengenakan kostum tradisional yang unik dan khas.

6. Tepian Sungai Mahakam

Sungai Mahakam Samarinda

Photo :
  • VIVA/ Robbi Syai

Tempat wisata di Samarinda berikutnya adalah tepian Sungai Mahakam. Tempat wisata ini adalah salah satu destinasi populer dan favorit untuk para pelancong. Di tempat tersebut, kamu akan menikmati betapa luasnya Sungai Mahakam yang terletak di Kabupaten Kutai Barat. Apalagi jika kamu mengunjunginya di malam hari, akan terlihat beda dan menarik untuk dinikmati.

7. Kampung Tenun Samarinda

Menenun.

Photo :
  • http://www.direktori-wisata.com/

Tempat wisata di Samarinda ini adalah sebuah kampung budaya yang menghasilkan kain tenun ciri khas Kota Samarinda. Kampung ini berada di Kecamatan Samarinda Seberang, tepatnya di Kampung Masjid dan Kampung Baqa. Kamu bisa mengunjungi kampung tersebut dan melihat secara langsung proses pembuatan kain tenun yang menjadi warisan budaya Indonesia.

Menariknya, kamu juga bisa membuat kain tenun sendiri dengan memakai alat yang disediakan dan didampingi oleh penenun profesional. Bahkan, kamu juga bisa memilih berbagai jenis kain tenun yang menarik sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

8. Pusat Kerajinan Sarung

Kain sarung.

Photo :
  • U-Report

Dengan memakai kain dan teknik yang masih tradisional, tidak heran bila sarung Samarinda begitu terkenal di masyarakat. Tempat wisata di Samarinda ini berada di Kampung Mesjid Bawa yang bisa dijangkau dengan kendaraan umum dari Pasar Pagi.

9. Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu

Photo :
  • Tangkapan Layar

Air Terjun Pinang Seribu adalah tempat berikutnya yang bisa menjadi rekomendasi kamu dan keluarga saat berkunjung ke kota ini. Air terjun tersebut mempunyai bentuk yang cukup unik, layaknya tatakan anak tangga sehingga air terjun tersebut bisa dipijaki. Bila kamu ingin berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk datang pada saat cuaca cerah supaya tidak terlalu licin.

10. Kebun Raya Unmul

Kebun Daya Unmul

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tempat wisata di Samarinda yang berikutnya adalah Kebun Raya Unmul. Unmul sendiri merupakan kependekan dari Universitas Mulawarman yang berada di Samarinda. Destinasi wisata tersebut sangat variatif dan tentunya menarik. Kamu juga bisa menyewa sepeda air untuk memutari danau, berkunjung ke museum kayu, dan jalan-jalan di kebun binatang mini.

11. Samarinda Islamic Center

Bangunan Masjid Islamic Center Samarinda di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu, 9 Maret 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Objek wisata ini juga tidak kalah istimewa dari objek wisata yang lainnya. Untuk kamu yang tengah berwisata religi, masjid tersebut merupakan rekomendasi yang tepat. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari masjid Hagia Sophia yang berada di Istanbul, Turki.

Masjid ikonik ini mempunyai Menara yang menjulang tinggi mencapai 99 meter ke atas yang menjadi lambang dari asmaul husna yang juga berjumlah sebanyak 99 nama Allah. Lokasi masjid ini berada di Jl. Slamet Riyadi No. 1 Tlk Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

12. River Cruise Sungai Mahakam

kapal lintasi Sungai Mahakam, berlatar Masjid Islamic Centre Samarinda

Photo :
  • Antara/ M Imron Rosyadi

Masih berada di Sungai Mahakam, kamu juga dapat menikmati pemandangan yang lebih dekat dengan memakai River Cruise Sungai Mahakam. Dengan menggunakan kapal tersebut, kamu juga bisa menyusuri luasnya Sungai Mahakam yang memiliki panjang sekitar 920 km.

Selain pemandangan yang indah, kamu juga dapat melihat tiga kebudayaan sekaligus yang berada di sepanjang Sungai Mahakam. Kebudayaan tersebut mulai dari kebudayaan pesisir, kebudayaan kerajaan yang berada di Kutai Kartanegara, dan kebudayaan pedalaman yang berada di Kutai Baray sampai ke Mahakam Ulu.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. VIVA/Muhammad AR

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bakal menindak pelaku pungli di lokasi wisata. Khususnya yang sedang viral beberapa waktu ini di Bogor, Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024