15 Tempat Wisata di Yogyakarta Terbaru dan Populer

Tempat wisata di Yogyakarta Little Tokyo Jogja
Sumber :
  • Instagram @littojogja

VIVA – Sederet tempat wisata di Yogyakarta ini mungkin bisa menjadi salah satu destinasi berlibur kamu. Yogyakarta memang memiliki sejuta pesona yang tiada habisnya untuk di eksplore. Mulai dari sejarah, wisata alam, edukasi, hingga kuliner. Berikut rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang hits, instagramable, dan terbaru.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

1. Kali Biru Yogyakarta

Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo.

Photo :
  • U-Report
Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Tempat wisata di Yogyakarta yang pertama ada Kalibiru. Tempat ini merupakan objek wisata alam yang berada di daerah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Alam yang bertemakan Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta, pada ketinggian 450 mdpl. Hutan tersebut dikelola masyarakat yang berada di darah itu agar tetap terjaga kelestariannya, sehingga hutan ini dapat dijadikan objek wisata alam. Wisata Kalibiru Kulon Progo Jogja ini menjadi salah satu tujuan wisata yang menghadirkan keindahan alam hijau Kawasan pegunungan.

Wahana yang bisa kamu nikmati di Kalibiru Jogja ini di antaranya Gardu Pandang atau rumah pohon, Spot Flower, Spot Panggung, Kano Terbang, Sky Bike atau Sepeda Langit. Fasilitas yang tersedia di sana ada tempat makan, tempat berkumpul, masjid, tempat parkir, dan penginapan (homestay). Tak perlu khawatir untuk masalah tempat parkir, karena disana tersedia area parkir yang cukup luas. Untuk tiket masuk wisata Kalibiru Kulon Progo Jogja ini kamu harus membayar tiket sebesar Rp5000 untuk hari biasa (weekday), sementara hari libur tiket masuknya sebesar Rp10.000. Lokasi wisata ini berada di Jalan Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

2. Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul Yogyakarta

Photo :
  • U-Report

Gua Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua Pindul dikenal karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Untuk tiket masuk kawasan Pindul sebesar Rp10.000/orang. Sedangkan untuk masuk ke objek wisata Goa Pindul tiket masuknya sebesar Rp40.000.

3. Heha Sky View

Balon Udara, Salah satu spot selfie di Heha Sky View, Image By IG : @hehaskyview

Photo :
  • U-Report

HeHa Sky Views merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang menawarkan pemandangan terbaik kota Yogyakarta dan sekitarnya “dari lantai 2”. Terletak di kawasan perbukitan Gunungkidul, HeHa Sky View hanya berjarak 40 menit dari pusat Kota Yogyakarta. HeHa Sky View juga menyediakan restoran berkonsep modern dengan menu yang lezat dan berbagai food stall yang bisa menjadi alternatif untuk mencicipi aneka jenis kuliner. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di beragam spot foto yang cantik untuk selfie atau foto bersama.

Fasilitas yang tersedia diantaranya Garden Area, Sky Glass, Love Box, Sky Swing, HeHa Aeroplane, Macrame, Bean Bag Area, Live Music, Food Stalls, Heha Garage, Souvenir Shop, Mushalla, Toilet, Area Parkir, Jalur Kursi Roda. Untuk jam operasionalnya, Heha Sky View buka setiap hari. Untuk hari Senin – Jumat buka dari jam 11.00 – 21.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu dan hari besar buka mulai dari 08.00 – 21.00 WIB. Untuk tiket masuknya ini berbeda-beda ya. Tiket masuk pada hari Senin - Kamis: Pukul 11.00 – 15.00 WIB sebesar Rp15.000, Pukul 15.01 – 21.00 WIB sebesar Rp20.000. Untuk hari Sabtu, Minggu dan Hari Besar: Pukul: 08.00 – 21.00 WIB sebesar Rp20.000.

4. Agrowisata Bhumi Merapi

Image By IG : @agrowisatabhumimerapi

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Yogyakarta yang hits selanjutnya ada Agrowisata Bhumi Merapi Yogyakarta. Tempat wisata yang terletak di daerah Kaliurang ini menawarkan wisata edukasi bagi para pengunjungnya. Dibangun pada tahun 2015 dengan luas 5,2 hektar. Tempat wisata ini menawarkan konsep pertanian, perkebunan, dan peternakan. Jadi, selain liburan para pengunjung pun bisa mendapatkan banyak ilmu. Suasananya yang sejuk dan nyaman juga membuat para pengunjung betah berlama-lama disana. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp30.000/orang. Tiket masuk sudah termasuk bermain di semua wahana yang tersedia. Jam buka tempat wisata ini dimulai pada pukul 09.00 dan tutup pukul 17.00 WIB di setiap harinya.

5. Obelix Hills

obelix hills sunset

Photo :
  • U-Report

Obelix Hills memiliki pemandangan sunset yang memukau dengan 30 spot foto. Memang ada beberapa spot foto yang berbayar, tetapi lebih banyak yang gratis. Meski begitu, Obelix Hills lebih sesuai untuk nongkrong dan menikmati pemandangan sunset daripada sekadar foto-foto selfie. Tarif parkir di Obelix Hills untuk motor atau sepeda sebesar Rp3.000, mobil Rp5.000. Sementara bus tidak bisa naik sehingga harus parkir di bawah. Ada shuttle ke Obelix Hills dengan biaya Rp15.000/orang (pulang pergi). Seperti tempat wisata kekinian lainnya, harga tiket masuk Obelix Hills berbeda sesuai jam dan hari. Untuk hari Senin – Jumat Pukul 10.00 - 15.00 WIB seharga Rp15.000 per orang, sedangkan untuk pukul 15.00 - 22.00 WIB seharga Rp20.000 per orang. Sabtu, Minggu, dan hari libur pukul 07.00 - 22.00 WIB seharga Rp20.000 per orang.

6. Puncak Segoro

Tempat wisata di Yogyakarta Puncak Segoro

Photo :
  • Instagram @puncaksegoro

Puncak Segoro menjadi destinasi wisata terbaru di Yogyakarta yang menawarkan sajian pesona sunset yang mempesona. Puncak Segoro Jogja sendiri berlokasi di pinggir pantai selatan Yogyakarta. Wisata ini di beri nama Puncak Segoro, karena lokasinya berada di atas lautan dengan landscape pemandangan alam yang luar biasa. Berupa tebing tinggi yang menghadap ke laut kidul membuat keindahan panorama yang di sajikan begitu istimewa.

Harga tiket masuk Puncak Segoro hanya Rp5.000/orang. Kamu bisa berpuas diri menikmati sajian pesona pemandangan alam yang luar biasa dari atas tempat ini. Sedangkan untuk biaya tambahan yang harus kamu keluarkan yaitu ketika kamu menikmati sajian spot foto instagenic di tempat ini. Harga spot foto yang di tawarkan yaitu sebagai berikut: kursi panjang Rp15.000, ayunan besi Rp15.000, ayunan kayu Rp15.000, kuda terbang Rp25.000. Destinasi wisata tini berada di Kawasan Pantai Gunung Kidul. Lokasi tepat dari Puncak Segoro sendiri berada di Wiloso, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

7. South Shore

Tempat wisata di Yogyakarta South Shore

Photo :
  • Instagram @southshore.yk

Selanjutnya tempat wisata di Yogyakarta yang tak kalah menarik adalah South Shore. Ini merupakan salah satu destinasi liburan terbaru di Yogyakarta. Berlokasi di kawasan Gunung Kidul, di mana letaknya di tepi pantai selatan yang memiliki suasana pantai yang khas, tentunya sangat nyaman dan memanjakan. South Shore Jogja konsep utamanya adalah sebuah kafe modern yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang yang jernih dan menyegarkan. Berada di tempat ini aktivitas yang sangat nyaman ialah menikmati menu kuliner istimewa sambil menyaksikan panorama pantai Ngandong yang sangat mempesona, pasti betah banget berlama-lama di sini.

Wisata ini dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu, hari Senin lokasi wisata ini tutup. Hari Selasa – Kamis buka pukul 12.00 - 19.00 WIB, Jumat buka mulai dari jam 13.00 - 19.00 WIB, sedangkan hari Sabtu-Minggu mulai buka dari jam 12.00 - 19.00 WIB. Terdapat 2 jenis tiket masuk yang harus kamu ketahui, pertama Ocean Sunset seharga Rp 200.000 /pax (sudah termasuk kolam renang, bathroom, handuk, food & beverage senilai Rp 100.000, akses masuk pantai, dan juga gratis parkir). Sedangkan Sunset seharga Rp100.000 /pax (sudah termasuk bathroom, akses masuk pantai, akses masuk pantai, gratis parkir, dan food & beverage senilai Rp 70.000). Lokasi South Shore terletak di Pule Gundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, tepatnya di pantai Ngandong atau berada di samping pantai Ngundak. 

8. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Yogyakarta yang legendaris ada Pasar Beringharjo. Tempat ini menjadi sebuah bagian dari Malioboro yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Yogyakarta. Pasar ini telah menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun dan keberadaannya mempunyai makna filosofis. Pasar yang telah berkali-kali dipugar ini melambangkan satu tahapan kehidupan manusia yang masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya. Selain itu, Beringharjo juga merupakan salah satu pilar 'Catur Tunggal' (terdiri dari Kraton, Alun-Alun Utara, Kraton, dan Pasar Beringharjo) yang melambangkan fungsi ekonomi.

Di Pasar Beringharjo kamu bisa menikmati keindahan sejarahnya dan juga tak lupa untuk mencicipi kuliner legendaris bisa kamu temukan disini. Tepat di pinggir jalan utama Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo terletak di Jalan Margo Mulyo No. 16, Yogyakarta.

9. Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Pohon kembar di alun-alun kidul Yogyakarta.

Photo :
  • http://www.husinpeng.com

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, wajib banget mampir di Alun-alun kidul Yogyakarta. Karena saat malam, Alun-alun Kidul yang terletak di belakang Kraton Yogyakarta dipenuhi masyarakat yang mencari hiburan murah. Kerlap-kerlip lampu dari odong-odong yang mengelilingi alun-alun menambah kemeriahan. Yogyakarta mempunyai dua alun-alun, satu ada di depan keraton yang disebut Alun-Alun Utara (alun-alun lor), satu lagi ada di belakang yang disebut Alun-Alun Selatan (alun-alun kidul). Letak keraton Yogyakarta sendiri berada di sebuah garis imajiner yang menghubungkan antara Gunung Merapi, Keraton, dan Pantai Parangtritis. Alun-alun ini memiliki ciri khas, yaitu hadirnya dua buah pohon beringin besar.

10. Gunung Ireng Srumbung Yogyakarta

Gunung Ireng, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Gunung Ireng merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit di Gunungkidul. Konon, bukit ini tercipta akibat tendangan sang pendekar Bratasena yang marah karena diganggu kumpulan monyet di puncak Gunung Merapi. Tempat wisata Gunung Ireng ini berlokasi di kawasan Pengkok, Patuk, Gunungkidul. Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini hanya akan dikenai biaya masuk sebesar Rp5.000 / orang. Biaya tiket masuk tersebut sudah termasuk tarif parkir. Ditambah harga makanan di warung sekitar Gunung Ireng pun sangat terjangkau dan pas di kantong.

11. Jogja Bay Water Park

Jogja Bay

Photo :
  • U-Report

Jogja Bay Waterpark (JBW) merupakan salah satu waterpark terbesar di asia tenggara yang berlokasi di kota wisata terbesar kedua di Indonesia yaitu Yogyakarta. Waterpark yang saat ini merupakan atraksi wahana air terbesar, terlengkap berstandar internasional dan memiliki karakter Bajak Laut – dengan bangga menyampaikan sesuai TripAdvisor Internasional telah merilis tahun 2019 “Jogja Bay Waterpark di Yogyakarta sebagai Waterpark Terbaik ke 3 di Asia”. Jogjabay telah tersertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety, & Enviroment) dengan score 100% dari Kemenparekraf RI dan Sucofindo. Untuk tiket masuk tempat wisata ini sebesar Rp100.000. Jogja Bay Waterpark buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Hari Senin – Jumat buka dari jam 10.00 – 17.00 dan untuk weekend & hari libur buka dari jam 09.00 – 17.00 WIB.

12. Wisata Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi.

Photo :
  • U-Report

Obyek wisata ini berupa perbukitan batuan breksi bercorak unik. Tempat wisata ini merupakan bekas tambang yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Pengunjung bisa menjumpai tempat bekas pengolahan batu breksi di kawasan tersebut. Pada tahun 2014 lalu, aktivitas tambang berhenti beroperasi karena larangan dari pemerintah. Batuan breksi yang berada di kawasan tersebut diketahui sebagai hasil aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Kawasan ini pun menjadi wilayah yang dilindungi oleh pemerintah. Bekas tambang tersebut kemudian didekorasi dan diubah warga setempat menjadi obyek wisata. Pada tahun 2015, Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Tebing Breksi sebagai obyek wisata Yogyakarta.

Tebing Breksi merupakan tempat wisata yang berada di sebelah selatan Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko. Lokasi Wisata Tebing Breksi tepatnya berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572. Wisata Tebing Breksi Jogja ini buka setiap hari pukul 06.00 - 20.00 WIB. Untuk tiket masuknya hanya Rp10.000 per orang.

13. Upside Down World Yogyakarta

Upside Down World, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini sudah tidak asing lagi. Upside Down World Jogja merupakan tempat wisata yang memiliki wahana dunia terbalik, di mana seluruh benda-benda yang ada di tempat wisata ini di letakan di atas kita secara terbalik, sehingga seolah-olah kita yang berada di atap. Semua Benda yang di letakkan terbalik di Upside Down World Jogja ini merupakan benda asli lho, bukan sekedar gambar atau tempelan foto saja. Spot yang disuguhkan diantaranya ruang 3D, living room, dinning room, master bed room, kids room, Kitchen, laundry room, Bathroom.

Harga tiket masuk Upside Down World Jogja ini cukup terjangkau. Kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp80.000 untuk kategori dewasa, untuk anak-anak kurang dari 135 cm di kenakan biaya sebesar sebesar Rp. 40.000. Setelah membayar tiket masuk tersebut kamu bisa menikmati seluruh spot yang ada di dalam wisata ini hingga puas. Jam operasional Upside Down World Jogja, buka mulai jam 10.00 - 19.00 WIB. Tempat wisata ini berada di Jl. Ring Road Utara No. 18, Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Tumpeng Menoreh

Tempat wisata di Yogyakarta Tumpeng Menoreh

Photo :
  • Instagram @tumpengmenoreh

Tempat wisata di Yogyakarta ini termasuk baru dibuka dan sangat instagramable lho. Namanya Tumpeng Menoreh. Tempat ini berkonsep restoran, Tumpeng Menoreh dibangun berbentuk heksagonal, mirip tumpeng. Buka sejak Mei 2021 lalu, tempat ini selalu dipadati pengunjung. Selain menyuguhkan kuliner, pemandangan di Tumpeng Menoreh langsung menghadap Perbukitan Menoreh, lho. Disini kamu bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset . Untuk jam operasionalnya 24 jam. Tiket masuknya hanya Rp50 ribu, sudah termasuk voucher makan sebesar Rp25 ribu. Lokasi Tumpeng Menoreh ini berada di Sumbersari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

15. Little Tokyo Jogja

Tempat wisata di Yogyakarta Little Tokyo Jogja

Photo :
  • Instagram @littojogja

Tempat wisata di Yogyakarta yang terakhir ada Little Tokyo Jogja. Tempat ini hadir dengan membawa suasana khas negeri sakura. Tempat wisata yang baru resmi dibuka pada 18 Desember 2021 ini menyajikan bangunan dengan desain ala Jepang. Restoran di dalamnya terdiri dari 2 bagian yakni indoor dan outdoor. Lampu-lampu temaram yang menyala di malam hari menambah kesan hangat. Dominasi warna cokelat dan putih dengan sentuhan merah pun menambah kental nuansa Jepang di Litto Jogja.

Selain restoran, di Litto Jogja juga ada resor dengan fasilitas yang lengkap. Terdapat 18 kamar dan 10 bungalow yang bisa dipesan oleh para tamu untuk merasakan suasana ala Jepang. Tiket masuk wisata Litto Jogja ini dibanderol seharga Rp30 ribu per tiket. Untuk masuk ke dalam kolam air panas, pengunjung akan dikenakan Rp100 ribu per paket. Harga ini sudah termasuk handuk dan minuman. Ada pula pilihan makan di Asakusa Buffet senilai Rp150 ribu per paket. Lokasi wisata ini berada di Gunung Cilik, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. 

Itulah sederet tempat wisata di Jogja yang hits dan populer. Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa mampir ke salah satu tempat wisata di Yogyakarta ini ya.

Ilustrasi harga tiket pesawat pendorong inflasi.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Anggota Komisi VI DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) Evita Nursanty menolak rencana pemungutan iuran dana pariwisata.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024