10 Tempat Wisata di Lembang Hits dan Modern yang Wajib Dikunjungi

Mercusuar Cafe and Resto
Sumber :
  • Instagram @mercusuarcafe

VIVA – Banyak tempat wisata di Lembang yang menarik. Tidak hanya menyuguhkan wisata alam yang mempesona, namun ada juga tempat wisata di Lembang yang sangat unik. Tempat wisata di Lembang ini terkenal dengan resor mata air panasnya. Lembang merupakan area dataran tinggi yang menjadi lokasi bagi Floating Market Lembang, yaitu taman di tepi danau dengan penjual makanan dan kerajinan di atas perahu. Beberapa rekomendasi tempat wisata di Lembang ini cocok untuk kalian yang ingin menghilangkan rasa penat setelah bekerja di Ibu Kota. Berikut telah kami rangkum tempat wisata di Lembang yang hits dan populer.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

1. The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika Lembang

Photo :
  • vstory
Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Rekomendasi tempat wisata di Lembang yang pertama ada The Great Asia Afrika. Tempat wisata di Lembang yang satu ini merupakan theme park terbesar di Bandung. Daya tarik tempat wisata ini ialah keindahan arsitektur dan budaya dari negara-negara di Asia dan Afrika. Ini sangat cocok buat kamu yang ingin keliling dunia, gak perlu mengeluarkan biaya mahal kok. 

Selain terkenal dengan wisata kekinian, The Great Asia Africa juga bisa menjadi pilihan wisata alam. Memiliki area yang luas, kontur tanah yang berbeda, dan pesona alam hijau di sekitarnya. Ditambah udaranya yang sejuk dan jauh dari polusi udara. Selain itu, The Great Asia Africa juga bisa menjadi destinasi wisata keluarga dan cocok untuk semua usia. Bahkan, tersedia juga fasilitas khusus untuk lansia. 

BMW Kenalkan Sedan Listrik Terbaru, Harga Masih Rahasia

Tak hanya itu, daya tarik lainnya yaitu memiliki nilai edukasi dengan konsep yang menyenangkan. Kamu bisa mempelajari budaya Asia dan Afrika melalui arsitektur bangunan yang ada di sana. Tentunya, banyak spot dan wahana yang tersedia di The Great Asia Africa, antara lain area Indonesia, Korea, Jepang, Afrika, India, Timur Tengah, hingga Thailand. 

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai buka pukul 09.00 – 18.00 WIB. Untuk harga tiketnya hanya Rp50.000 per orang. Alamatnya berada di Jalan Raya Lembang-Bandung Nomor 71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

2. Lembang Park and Zoo

Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo

Photo :
  • Instagram @lembang_parkzoo

Tempat wisata di Lembang ini baru buka akhir Desember 2019 yang lalu. Meski demikian, Lembang Park and Zoo langsung populer bagi banyak wisatawan, baik lokal maupun dari daerah lainnya seperti Jakarta. Konsep Lembang Park and Zoo ini memang unik banget dan enggak seperti kebun binatang biasa pada umumnya jadi sangat banyak diminati pengunjung.

Lembang Park and Zoo mengombinasikan taman wisata yang luas dengan kebun binatang. Jadi pengunjung tidak hanya bisa bertemu dengan binatang saja, tetapi beraktivitas santai dengan berbagai fasilitas yang tersedia di Lembang Park and Zoo. Mulai dari naik kano di danau buatan, naik kuda, hingga berkeliling area Lembang Park and Zoo yang luas dengan scooter.

Tempat wisata di Lembang ini tersedia banyak restoran dan kafe yang mewah, karena sambil makan kamu bisa melihat berbagai satwa di balik dinding kaca. Terdapat pula Neko Cat Cafe yang merupakan kafe di mana kamu juga bisa bermain dengan banyak kucing lucu dan terawat yang dipelihara di sini. Harga tiket masuk Lembang Park and Zoo sendiri cukup terjangkau lho, cukup Rp40.000 untuk hari Senin - Jumat dan Rp50.000 untuk weekend, tanggal merah, atau cuti bersama. Untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun tiket masuknya gratis.

Perlu diketahui bahwa ada fasilitas-fasilitas di Lembang Park and Zoo yang punya tiket terpisah dan tidak termasuk biaya tiket masuk ya. Termasuk tiket naik scooter dan tiket masuk Bird Aviary yang harus dibeli terpisah. Lembang Park and Zoo ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB - 17.00 WIB. Lokasinya terletak di Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

3. Mercusuar Cafe and Resto

Mercusuar Cafe and Resto

Photo :
  • Instagram @mercusuarcafe

Mercusuar Café & Resto merupakan sebuah Cafe dan Restoran terletak di daerah Dago yang mengangkat tema ” Medivel Castle “. Puri atau Kastil itu sendiri adalah jenis bangunan pertahanan pada abad pertengahan yang didirikan oleh raja maupun kaum bangsawan hingga kalangan militer. Jika kamu berkunjung disana, kamu dapat menikmati aneka kuliner, dan juga tentu bisa berswafoto dengan spot yang Instragamable, bak makan di zaman pertengahan. 

Mercusuar Cafe & Resto bisa dikatakan saat ini akan menjadi sebuah tempat tongkrongan terbaru di Bandung yang bakalan ngehits. Tempat nongkrong di Dago ini tidak hanya sekadar jualan makanan. Harga menu yang ditawarkan ini terbilang sangat terjangkau, mulai dari Rp18.000 – Rp80.000 dengan menyajikan hidangan modern, western, dan Japanese. Untuk harga tiket masuknya pada hari biasa hanya Rp20.000 saja, untuk akhir pekan, libur nasional, dan libur Panjang dikenakan biaya Rp25.000. kafe ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Lokasi kafe ini berada di Jl. Lembah Pakar Timur 2 N0.7, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

4. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya - foto:Very Barus

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata "The Lodge Maribaya" merupakan tempat wisata di Lembang kekinian yang menyajikan banyak wahana dan obyek untuk foto yang sangat menarik, seperti balon udara, zip bike, gantole, ayunan sky wing, bamboo sky, dan sky tree. Di tempat wisata ini, para pengunjung tak hanya bisa menikmati wahana dan obyek foto yang menarik saja, namun juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti trekking mengelilingi area hutan pinus, mengadakan gathering dan acara pernikahan, serta menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia di kawasan wisata yang sedang populer ini.

Tiket masuk ke wisata ini masih terjangkau lho untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata yang dikelilingi hutan pinus ini. Harga tiket masuknya sekitar Rp35.000 per orang untuk hari Senin - Jumat, dan sekitar Rp 40.000/orang untuk hari Sabtu - Minggu dan hari libur. Lokasi The Lodge Maribaya ini berada di Jalan Maribaya No. 149/252, RT. 03/RW 15 Kp Babakan Gentong - Cibodas Lembang 40391 Indonesia.

6. Curug Omas Maribaya

Curug Omas Maribaya

Photo :
  • Instagram @dedisazi

Tempat wisata di Lembang yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai wisata alam. Curug Omas Maribaya merupakan tempat wisata air terjun terfavorit yang ada di Lembang. Curug ini memiliki ketinggian 30 meter dan kedalaman sekitar 10 meter. Di atas air terjun ini terdapat sebuah jembatan yang bisa digunakan untuk melintas dan untuk melihat air terjun dari atas.

Namun perlu diketahui bahwa di Curug Omas ini para pengunjung tidak bisa berenang dan bermain air seperti yang bisa dilakukan di curug lainnya, karena air curug ini sangat dalam, serta debit airnya juga cukup deras. Meski tidak bisa bermain air dan berenang, para pengunjung masih bisa menikmati keindahan Curug Omas dari dari arah samping curug, yang sebelumnya telah dibatasi oleh pagar besi, sambil duduk di bawah rindangnya pohon di tepian curug dengan udara yang sejuk.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun yang di Lembang ini, tarif tiket masuknya sebesar Rp8 ribu per orang, sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenai tarif sebesar Rp35 ribu per orang. Curug Omas Maribaya lokasinya berada di Taman Hutan Raya (Tahra) Ir. H. Juanda, di lokasi wisata Maribaya Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

7. Farm House

Farmhouse Lembang

Photo :
  • urbandung.com

Tempat wisata di Lembang satu ini mulai dibuka pada tahun 2015. Farm House memiliki konsep wisata yang sangat menarik karena didesain berdasarkan gaya pertanian yang ada di Benua Eropa, yang digabungkan dengan panorama pegunungan tropis yang sangat menakjubkan. Di Farm House ini, para pengunjung akan disajikan bangunan-bangunan bergaya Eropa yang dapat digunakan sebagai tempat untuk berswafoto.

Selain bangunannya yang bergaya Eropa, di Farm House ini juga terdapat taman bunga, rumah hobbit, dan juga terdapat kandang-kandang yang berisi hewan jinak yang sering dijadikan peliharaan, seperti kelinci, burung, kuda, dan hewan peliharaan lainnya. Fasilitas yang terdapat di Farm House ini sudah lumayan lengkap lho, seperti musala, pusat jajanan atau kuliner, toko oleh-oleh, dan juga disediakan tempat khusus bagi yang ingin melaksanakan pesta pernikahan, pesta ulang tahun, dan acara-acara khusus lainnya.

Untuk tiket masuk di lokasi Farm House Lembang ini dikenai tarif sebesar Rp25 ribu per orang, yang sudah termasuk welcome drink berupa satu botol susu murni yang terdiri dari berbagai rasa. Farm House Lembang ini, lokasinya berada di Jl. Raya Lembang No. 110, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

8. Orchid Forest Cikole

Ekowisata Orchid Forest Cikole Lembang, Bandung

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Orchid Forest Cikole merupakan tempat wisata di Lembang yang populer dan hits. Bahkan, Orchid Forest Cikole ini dijadikan lokasi acara perhelatan festival musik internasional hutan terbesar yaitu Lalala Fest, yang diselenggarakan pada 23 Februari 2019 lalu. Tempat wisata yang berada diantara hutan pinus ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi kamu yang ingin menenangkan diri dan membutuhkan udara yang segar, karena jauh dari keramaian kota dan udara pegunungan ini sangat sejuk.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan bunga anggrek yang dibudidayakan di Orchid Forest Cikole ini. Bahkan, Orchid Forest Cikole ini diproyeksikan akan menjadi kawasan hutan anggrek terbesar di Indonesia, dan juga di seluruh dunia lho, menarik kan.

Nah, untuk bisa menikmati keindahan Orchid Forest Cikole ini, kamu akan dikenai tiket masuk sebesar Rp30.000 per orang. Tempat wisata Orchid Forest Cikole ini, lokasinya berada di Jl. Tangkuban Perahu Raya km 8 Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

9. Dusun Bambu Lembang

Wisata Dusun Bambu di Lembang, Bandung.

Photo :
  • U-Report

Dusun Bambu Lembang merupakan tempat wisata yang mengusung konsep eco friendly, yang direncanakan akan menjadi salah satu tempat eco wisata di Jawa Barat. Dusun Bambu ini memiliki area yang cukup luas dan tertata dengan sangat baik, bahkan juga sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap, seperti restoran, musala, dan tempat untuk menginap.

Di Dusun Bambu Lembang ini, kamu bebas berselfie dimana saja, bahkan juga disediakan obyek-obyek untuk foto yang menarik. Salah satu spot yang paling favorit di Dusun Bambu ini adalah Lurung Kasarung. Di Lutung Kasarung ini, kamu tak hanya bisa berswafoto, namun juga bisa menikmati bekal yang kamu bawa dari rumah, karena Lutung Kasarung merupakan tempat makan berbentuk sarang burung yang berada di atas ketinggian.

Untuk harga tiket masuknya ini terbilang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 25.000/orang. Dusun Bambu Lembang ini lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Desa Kertawangi, Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

10. Rumah Belanda

Rumah Belanda Lembang

Photo :
  • Instagram @rumahbelanda

Rekomendasi tempat wisata di Lembang yang terakhir ada Rumah Belanda Lembang. Tempat wisata ini dapat menjadi alternatif untuk berlibur bersama keluarga. Tempat wisata ini menyajikan sejumlah spot foto menarik yang wajib kamu rasakan. Jika kamu dan keluarga ingin menikmati berlibur dengan nuansa seperti di Belanda maka wisata ini sangat cocok dijadikan pilihan. Karena wisata ini menyajikan konsep tempat wisata yang cukup unik.

Negeri kincir angin masih menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Tak perlu takut untuk biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berlibur ke sana, karena di Lembang kamu bisa menikmati sensasi liburan di negara ini. Wisata ini termasuk salah satu wisata yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. 

Untuk dapat menikmati suasana layaknya liburan di Belanda, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000 per orang. Dengan tarif tersebut kamu bisa mendapatkan gratis air mineral. Jika kamu ingin mengabadikan momen dengan memakai baju layaknya noni Belanda maka tarif sewa kostum ini sebesar Rp50.000. Kamu juga bisa berfoto sepuasnya dengan menggunakan baju ala-ala Belanda ini.

Lokasi Rumah Belanda Lembang tepatnya berada di jalan raya Maribaya, Sukamaju, Cibodas, Lembang, Bandung Barat. Tempat wisata ini juga berdekatan dengan Lembah Bougenville Resort. Jadi, hotel ini dapat menjadi pilihan tempat untuk beristirahat jika ingin menginap di sekitar Lembang.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Lembang yang menarik, hits, instagramable dan cocok untuk menghabiskan waktu berlibur kamu.

Monkey Forest Ubud

Dateng ke BaliSpirit Festival 2024, Jangan Lupa Eksplor 3 Tempat Wisata di Ubud Ini

BaliSpirit Festival 2024 digelar selama 5 hari, yaitu Rabu hingga Minggu, 1-5 Mei 2024 di di Puri Padi Hotel & The Yoga Barn, Ubud, Bali. Banyak keseruan yang dihadirkan.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024