6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Mesir di 2022

Piramid Mesir.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mesir merupakan sebuah negara yang berada di Afrika bagian timur laut dan terkenal dengan piramidanya. Negara Mesir memang erat dengan sejarahnya yang panjang dan berkaitan dengan perjalanan para Nabi. Peninggalan-peninggalan bersejarah, budaya, kehidupan, serta berbagai jenis wisata kuliner di negara Mesir memang khas dan sangat menarik. Ini lah 7 alasan kenapa kamu wajib berkunjung ke Mesir.

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

1. Tempat Tinggalnya Para Nabi

ilustrasi nabi

Photo :
  • U-Report
Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

Negara Mesir dikenal sebagai Arzul Kinanah atau Negeri Para Nabi. Dengan sebutan tersebut, melakukan napak tilas sejarah Islam merupakan sesuatu yang wajib di  lakukan ketika mengunjungi Mesir. Diketahui bahwa Mesir merupakan salah satu tempat dimana banyak nabi tinggal dan mencatatkan sejarahnya disana. Al Quran telah menceritakan kekejaman Fir’aun kepada rakyatnya dan banyak nabi Allah yang berjuang melawan Fir’aun untuk menyelamatkan Bani Israil tersebut. Yang paling masyur tentu kisah nabi Musa yang membelah laut untuk menyelamatkan Bani Israil dan kemudian menenggelamkan Fir’aun dan para prajuritnya.

Selain Nabi Musa dan saudaranya nabi Harun, ada juga Nabi Yusuf. Nabi Yusuf pernah dijual sebagai budak saat masih remaja kepada sebuah keluarga saudagar di Mesir. Di Negeri Mesir tersebutlah Nabi Yusuf menerima cobaan dan kemudian diutus dan diangkat menjadi nabi dan rosul. Tidak hanya diangkat menjadi nabi dan rosul, Nabi Yusuf juga menduduki jabatan di pemerintahan Mesir.

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

2. Destinasi Sejarah

Piramida Mesir.

Photo :
  • Pixabay

Destinasi di Mesir ini sangat menakjubkan lho. Piramida dan Sphinx merupakan ikon negara Mesir. Kedua ikon ini merupakan sebuah bangunan besar bersejarah peninggalan dari masa kepemimpinan Fir’aun. Piramida dan Sphinx menjadi salah satu keajaiban dunia yang sudah diakui oleh UNESCO. 

Kemegahan bangunan Piramida yang begitu besar tersebut diyakini oleh para ahli arkeologi hanya dibangun menggunakan tenaga manusia dengan kurun waktu yang begitu lama dan memakan banyak korban para budak. Piramida dan Sphinx adalah salah satu bangunan yang menunjukkan betapa kuatnya pemerintahan Fir’au pada waktu itu.

Selain Piramida dan Sphinx, Sungai Nil juga merupakan ikon termasyur dari Negara Mesir. Mesir yang dikenal dengan lanskap alamnya yang berupa gurun, membuat Sungai Nil menjadi titik nadi kehidupan di negara Mesir. Sejarah menunjukkan kehidupan pertama di Mesir memang tidak terlepas dari peran sungai Nil ini, dan hingga bisa membuat Mesir besar seperti saat ini.

3. Pesona Pantai Pasir Putih

Ilustrasi laut Merah yang terbelah

Photo :
  • alfg.wordpress.com

Destinasi wisata lainnya yaitu kota Alexandria. Kota ini memiliki pesona pantai berpasir putih dan laut biru yang menakjubkan. Selain pantainya yang mengagumkan dan membuat takjub, Alexandria juga memiliki banyak monumen dan situs-situs bersejarah yang dilindungi oleh UNESCO. Selain pantai di Alexandria, ada juga Laut Merah yang bisa dijadikan spot wisata yang menarik. Laut Merah menawarkan pesona keindahan biota laut yang membuatnya menjadi salah satu tempat menyelam favorit di dunia.

4. Ramah Muslim

ilustrasi muslimah

Photo :
  • U-Report

Mesir merupakan sebuah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Tentu saja hal ini dipengaruhi dengan latar belakang sejarahnya. Karena mayoritas beragama muslim, wisatawan tak perlu khawatir ketika berkunjung ke Mesir dan mudah menemukan tempat ibadah disana

Mesir dan Indonesia memiliki keterkaitan yang erat. Sama-sama berpenduduk mayoritas muslim, membuat hubungan Mesir dan Indonesia menjadi hangat. Dari sisi sejarah, Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Indonesia juga sering mengirimkan pasukan perdamaiannya ke Mesir ketika Mesir mengalami gejolak politik dengan negara Timur Tengah lainnya.

5. Kuliner yang Nikmat

Makanan Mesir, Khusari

Photo :
  • cookpad/Dano Hamadeh

Menjelajah suatu tempat pasti yang tak ketinggalan mencicipi makanan khasnya. Wisatawan tidak perlu khawatir tentang kehalalan makanan yang ada di negara Mesir. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa negara Mesir berpenduduk mayoritas Muslims, sehingga dapat dipastikan jika hampir semua makanan di negara Mesir halal.

Lidah orang Indonesia Pasti terbiasa dengan makanan yang kaya akan rempah. Menu menu khas negara Mesir ini juga memiliki kekayaan rasa rempah. Meski untuk pertama kalinya paste akan merasa unik terhadap Masakan khas Mesir, namun bukan berarti masakannya tidak enak dan pastinya membuat ketagihan. Jangan lewatkan untuk mencicipi beberapa sajian seperti Ful Medames, Kushari, hawashi, Sayadeya, dan juga Fattah.

6. Biaya Murah

Ilustrasi pembiayaan.

Photo :
  • U-Report

Biaya yang murah juga menjadi salah satu alasan untuk mengunjungi mesir. Biaya ke Mesir lebih murah disbanded jika kalian melancong ke Eropa. Pemerintah negara Mesir mengklaim jikalau biaya perjalanan berlibur di Mesir lebih murah dibanding dengan berlibur di negara-negara Eropa.

Itu beberapa alasan kenapa kamu harus berkunjung ke Mesir. Sudah ada rencana berlibur ke tempatnya para nabi ini?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya