13 Tempat Wisata di Solo yang Unik, Bersejarah dan Populer

Pasar Antik Triwindu
Sumber :
  • pariwisatasolo.surakarta.go.id

VIVA – Berbagai tempat wisata di Solo ini menyuguhkan berbagai pengalaman yang menghibur dan menyenangkan. Beberapa rekomendasi tempat wisata di Solo ini bisa menjadi daftar liburan kamu selanjutnya untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Solo yang baru, menarik, dan hits.

Emak-emak Hadang Alat Berat Tolak Pembongkaran Pasar Kutabumi

1. The Heritage Palace

The Heritage Palace Kartasura

Photo :
  • U-Report
Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

The Heritage Palace adalah tempat wisata Solo yang berlokasi di Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Tempat ini dibuka sejak 9 Juni 2018. Di sini para pengunjung bisa melihat beberapa bangunan bersejarah, mobil antik, museum 3D serta Omah Walik. Kawasan wisata ini cocok untuk kamu berlibur Bersama keluarga. The Heritage Palace buka setiap hari, Senin-Kamis pada pukul 10.00 – 18.00 WIB, Jumat-Minggu buka pukul 09:00-21:00. Harga tiket masuknya Rp55.000 per orangnya.

2. The Lawu Park

Selain Konflik Iran-Israel, BEI Beberkan Faktor Lain Penyebab IHSG Anjlok Pasca-Lebaran

The Lawu Park

Photo :
  • Instagram @the_lawupark

The Lawu Park merupakan destinasi wisata Solo di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata di Solo ini sangat cocok buat kamu yang menyukai wisata alam, karena ada beberapa aktivitas seperti hiking, forest walk, flying fox, dan sky walk. The Lawu Park ini menyuguhkan pemandangan yang asri dan menyejukkan. Kamu juga dapat berfoto dengan dekorasi latar yang Instagrammable nih.

Untuk harga tiket masuk ke The Lawu Park yaitu Rp15.000, dan setiap aktivitas outdoor-nya juga dikenakan biaya sendiri. The Lawu Park buka Senin-Minggu pada pukul 09.00 - 18.00 WIB. Lokasinya berada di Bulakrejo, Desa Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 

3. Pandawa Water World

Pandawa Water World Solo

Photo :
  • http://puppytraveler.com/

Tempat wisata di Solo selanjutnya ada wisata air di Solo. Pandawa Water World ini berlokasi di Solo Baru. Pandawa Water World merupakan salah satu tempat wisata air yang terbesar di Indonesia. Pandawa Water World buka setiap hari, kecuali hari Selasa, mulai buka pukul 12.00 - 18.00 (weekday), dan jam 08.00-18.00 (weekend/hari libur).

4. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta

Photo :
  • Fajar Sodiq/ VIVAnews, Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan tempat wisata di Solo yang sudah sangat populer dan terkenal bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri. Daerah Keraton Surakarta Hadiningrat ini dibagi menjadi Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lord an Kidul, Kemandungan Lord an Kidul, Sri Manganti Lord an Kidul, Kedaton, serta Kamagangan.

Ada lokasi di keraton juga digunakan sebagai museum. Museum ini menampilkan benda-benda koleksi peninggalan kerajaan. Cocok untuk wisata edukasi budaya Si Kecil. Jam buka Keraton Surakarta Hadiningrat ini pukul 09.00 – 16.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan pada hari Senin sampai Kamis buka pukul 09.00 – 14.00 WIB. Perlu diperhatikan bahwa wisatawan tak bisa setiap hari mengunjungi keraton ini lantaran ada hari liburnya. Tiket masuknya sebesar Rp15.000 per orang. Jika kamu menyewa pemandu wisata atau guide, tarifnya sebesar Rp70.000.

5. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Kuno Danar Hadi Solo.

Photo :
  • U-Report

Penikmat wisata sejarah dan batik wajib banget datang kesini. Tempat wisata di Solo ini menampilkan aneka macam koleksi batik dalam berbagai corak yang ada di Indonesia. Mulai dari corak batik klasik hingga kontemporer. Lokasi wisata ini sangat cocok sebagai cara untuk mengedukasi dan mengetahui aneka ragam budaya yang ada di Indonesia. Untuk jam operasional di buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.30 WIB. Harga tiket untuk masuk museum ini Rp35.000 untuk umum, sedangkan Rp8.000 untuk pelajar. Museum Batik Danar Hadi ini berlokasi di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari No. 261, Laweyan, Surakarta.

6. Taman Balekambang

Taman Balekambang, Salah Satu Tempat Wisata di Solo

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

Taman wisata di Solo selanjutnya yaitu Taman Balekambang. Taman ini merupakan taman milik publik yang terletak di Jalan Balekambang Nomor 1 Surakarta. Taman ini sudah ada sejak tahun 1921. Ini merupakan taman bersejarah yang di bangun langsung oleh Mangkunegoro VII ratusan tahun lalu.

Nuansa taman ini sangat asri dan rimbun pepohonan. Maka tak heran jika banyak pengunjung menghabiskan waktu berlibur di tempat ini. Kamu juga bisa naik kapal kayu di danau. Disini juga terdapat beberapa spot foto di wisata Solo yang menarik. Tempat ini dibuka mulai pukul 6 pagi sampai 5 sore saja.

7. Gedung Djoeang 45

Gedung Djoeang 45

Photo :
  • Instagram @gedungdjoeang45solo

Tempat wisata di Solo selanjutnya ada Gedung Djoeang 45. Gedung Djoeang 45 merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Solo yang direvitalisasi menjadi wisata kekinian. Bangunannya berdiri cantik dengan arsitektur khas Eropa dan bernuansa mediteranean.

Untuk jam operasional Gedung Djoeang 45 dimulai pada pukul 17.00 WIB. Untuk masuk ke sana, pengunjung hanya perlu membayar parkir sebesar Rp3.000. Namun, jika ingin masuk ke area lebih dalam, pengunjung harus membayar Rp15.000 per orang. Gedung Djoeang 45 menjadi salah satu lokasi wisata baru di Kota Solo yang menjadi favorit bagi kalangan milenial karena instagramable. Gedung Djoeang 45 ini berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

8. Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu, Jawa Tengah.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Solo yang bernuansa alam lainnya ada Grojogan Sewu. Grojogan Sewu ini menjadi salah satu wisata Solo yang ramai dikunjungi wisatawan. Grojogan Sewu menyuguhkan pemandangan alam air terjun yang menyegarkan. Grojogan Sewu dikelilingi oleh tebing yang hijau.

Tiket masuknya hanya Rp18.000 ribu saja. Rute menuju Grojogan Sewu ini cukup mudah diakses dengan mobil ataupun motor. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Solo, yakni di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

9. Pabrik Gula De Tjolomadoe

Concert Hall Pabrik Gula De Tjolomadoe, Jawa Tengah

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Pabrik Gula De Tjolomadoe ini berlokasi di Jl Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1861 ini mulai berhenti operasi sekitar dua puluh tahun silam. Meski begitu, tempat ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata Solo dan tempat bersejarah pabrik gula. Desain bangunan ini menyerupai gaya Eropa dan menjadi daya tarik wisatawan.

10. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari.

Photo :
  • U-Report

Salah satu alternatif wisata Solo dan Surakarta untuk wisata taman adalah, Taman Sriwedari. Taman Sriwedari merupakan taman bersejarah yang telah ada sejak zaman kepemimpinan Pakubuwana X. Pada bagian dinding atas 'gapura' ini terdapat lukisan bertajuk “Kresno Duto” yang menceritakan epos Mahabharata.

Masyarakat mengenalnya sebagai tempat budaya dan seni. Bahkan sekarang telah dibuka untuk umum sebagai wisata Solo dan pertujunjukkan budaya. Bahkan di tahun 1948, taman ini pernah digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON). Taman Sriwedari mulai buka dari pukul 10.00 – 22.00 WIB. Untuk tiket masuknya hanya Rp5.000 saja.

11. Pasar Gede

pasar gede solo

Photo :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

Tempat wisata di Solo selanjutnya yaitu Pasar Gede. Pasar yang biasa disebut sebagai Pasar Gede Harjonagoro ini merupakan pasar tertua yang terdapat di Kota Surakarta. Bentuk desain bangunannya ini cukup unik yakni perpaduan arsitektur Belanda dan Jawa. Tak heran jika menjadi spot foto wisatawan di tempat ini. Kamu juga bisa menikmati berbagai hidangan legendaris yang banyak dijajakan di pasar tersebut. Lokasi Pasar Gede ini cukup strategis yakni sekitar Kantor Bupati Solo dan Keraton Kasunanan Surakarta.

12. Pasar Antik Triwindu

Pasar Barang Antik Triwindu di Solo

Photo :
  • http://hereisprincess.blogspot.com

Buat kalian pecinta barang-barang antik wajib banget dating ke Pasar Antik Triwindu. Pasat Antik Triwindu bisa jadi pilihan destinasi wisata belanja di Solo yang tepat untukmu. Barang-barang antik seperti batik kuno, uang-uang kuno, koleksi barang otomotif langka, hingga lukisan dan ornamen antik bisa kamu temukan disini. Berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 2 Surakarta (Komplek Balaikota).

13. Solo Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Photo :
  • Instagram @asrisulistyowatii

Tempat wisata di Solo yang terakhir ada Solo Serabi Notosuman. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Solo dan Surakarta tak mencicipi makanan lagendaris yang satu ini. Pancake khas Indonesia ini terbuat dari tepung beras dengan santan. Terkadang disajikan dengan kelapa parut dan dibungkus dengan daun kelapa. Serabi Notosuman ini pembuatannya cukup unik yakni dipanggang dengan arang.

Topping yang digunakan biasanya seperti cokelat dan keju. Untuk bisa mencicipi kuliner tradisional legendaris ini kamu harus antre ya. Karena jajanan yang satu ini memang banyak digemari wisatawan dan masyarakat sekitar. Pastikan untuk datang lebih awal.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur kamu. Pastikan tetap menjaga protokol Kesehatan ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya