13 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur

Sorot Cagar Budaya - Wisata Cagar Budaya Lawang Sewu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Ada banyak tempat wisata di Semarang yang bisa dikunjungi di momen libur akhir tahun seperti saat ini. Bahkan, beberapa di antara tempat wisata tersebut buka sampai malam hari. Mengunjungi Kota Semarang tak terlepas dari sejarah kotanya yang pernah menjadi pusat perdagangan dan pemerintahan zaman dulu. Kota Semarang juga menjadi salah satu pusat pabrik industri yang cukup besar. Tidak heran bila kota ini mendapat julukan sebagai kota metropolitan terbesar kelima di Tanah Air sesudah Jakarta, Medan, Surabaya, dan Bandung. 

Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris

Banyak yang tidak menyangka bahwa dibalik hiruk pikuk kotanya yang tiada henti, Semarang juga memiliki destinasi wisata alam yang tidak kalau memukau. Walaupun destinasi wisata tersebut tidak berada di pusat kota tapi kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mengunjungi tempat tersebut. Hal ini karena di Kota Semarang sudah dilengkapi dengan infrastruktur untuk mencapai tempat tersebut secara lebih cepat. Nah, berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Semarang yang disadur dari berbagai sumber. 

Lalu, Apa Saja Tempat Wisata di Semarang?
1. Umbul Sidomukti

Terpopuler: Kisah Mualaf Pria Pasca Operasi Otak, Jadwal Imsakiyah Hingga Ucapan Idul Fitri

Umbul sidomukti.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Semarang yang pertama adalah Umbul Sidomukti. Ini adalah sebuah destinasi wisata alam kolam renang alami yang akan membuat kamu merasakan berenang di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Sebab, tempat ini berada di lereng Gunung Ungaran. Umbul Sidomukti akan memberikan kesejukan karena terletak di atas pegunungan. Umbul Sidomukti juga memiliki berbagai jenis kedalaman sesuai dengan kedalaman yang berbeda. 

Ada Destinasi Eduwisata Baru, Gemes! Bisa Dilatih Langsung Sama Pembatik Cilik

Karena itu, destinasi wisata ini dapat dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Karena berasal dari mata air alami, air di tempat ini begitu jernih dan tentunya sangat dingin. Selain itu, kamu juga dapat menikmati suguhan keindahan pemandangan dari atas ketinggian sambil berenang dan menghirup udara segar pegunungan. 

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu, ikon heritage Semarang.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Tempat wisata di Semarang ini sangat ikonik dan tentunya sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Berbicara mengenai Kota Semarang tentunya tidak lengkap bila tidak membahas tentang Lawang Sewu. Ini adalah sebuah tempat bekas kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda. 

Gedung ini juga pernah dijadikan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan juga Kantor Badan Prasarana Komando Militer. Kini, Lawang Sewu sudah dilakukan revitalisasi dan dikonsevasi jadi sebuah museum yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini dikenal lantaran mitos yang beredar dan jumlah pintunya yang banyak sehingga dinamakan Lawang Sewu atau Seribu Pintu. 

3. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park

Photo :
  • Tangkapan Layar

Saloka Theme Park merupakan salah satu taman bermain raksasa yang berada di Kabupaten Semarang, sekitar 1 jam memakai mobil dari pusat Kota Semarang. Lokasinya dapat dicapai dengan mudah dari Ungaran dan Salatiga. Saloka Theme Park adalah sebuah taman bermain terbesar yang ada di Jawa Tengah. 

Wahana yang disediakan di tempat wisata ini cukup bervariasi, mulai dari yang ramah anak hingga yang ekstrem seperti Bengak-Bengok, salah satu wahana yang berbentuk lingkaran dan akan bergerak maju mundur, berputar serta bisa miring sampai 90 derajat. Selain itu, ada pula Paku Bumi sebuah wahana yang akan merasakan sensasi terjatuh dari ketinggian 398 meter. 

4. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong, Semarang.

Photo :
  • U-Report

Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu klenteng yang tertua di Kota Semarang. Tempat wisata di Semarang ini dikenal sebagai tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho yang berasal dari Tiongkok dan beragama Islam. Klenteng Sam Poo Kong dibangun di tempat tersebut sebagai tempat mengenang kedatangan Cheng Ho atau Zheng He. 

Klenteng Sam Poo Kong menjadi salah satu tempat wisata yang sangat populer lantaran memiliki bentuk unik dan bagus. Selain itu, festival dan acara keagamaan juga kerap digelar di tempat ini. Klenteng Sam Poo Kong kerap menjadi spot untuk berfoto, termasuk oleh wisatawan yang berasal dari luar Semarang. 

5. Kota Lama Semarang

Kota lama Semarang.

Photo :
  • Dokumentasi Kementerian PUPR.

Sesuai namanya, Kota Lama Semarang adalah sebuah kawasan di Kota Semarang yang dikenal lantaran memiliki berbagai bangunan bersejarah. Tempat ini juga pernah dijadikan sebagai pusat perdagangan kota Semarang pada abad ke-19 sampai 20. 

Tempat wisata di Semarang ini dikenal lantaran memiliki berbagai gedung tua dengan gaya khas Eropa yang unik dan dipertahankan hingga saat ini melalui proses konservasi serta revitalisasi. Menariknya, kamu tidak usah mengeluarkan kocek untuk masuk ke wilayah tersebut. Kamu dapat berswafoto di depan gedung bergaya Eropa yang ikonik. 

6. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi di Semarang

Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

Bukan hanya di Malang atau beberapa kota lain di Tanah Air, Semarang juga memiliki tempat wisata yang dinamakan sebagai Kampung pelangi. Sesuai namanya, kampung tersebut memang mempunyai warna-warna yang cerak layaknya pelangi. Ini adalah sebuah transformasi yang awalnya adalah sebuah kampung kumuh di Semarang. 

Warna-warni tersebut diberikan di tembok-tembok, atap, dan bahkan jalanan yang berada di Kampung Pelangi. Sehingga warna tersebut akan memberikan kesan yang unik dan cerah. Tidak heran bila kampung tersebut kerap menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. 

7. Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park Semarang

Photo :
  • U-Report

Dusun Semilir Eco Park dapat dikatakan sebagai tempat wisata di Semarang yang terbaru lantaran baru dibuka untuk umum tahun 2019 lalu. Walaupun demikian, destinasi wisata yang satu ini langsung populer untuk warga di Semarang dan sekitarnya. Hal ini karena bentuk eksterior dan interior bangunannya yang unik. 

Bangunan Dusun Semilir Eco Park didesain dengan bentuk mirip stupa pada Candi Borobudur dengan bahan bangunan yang didominasi dengan kayu. Tempat wisata ini juga didesain mempunyai berbagai spot keren. Jadi tidak heran bila banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berswafoto. 

8. Semarang Zoo

Ilustrasi hewan rusa.

Photo :
  • Pixabay/RitaE

Berwisata ke kebun binatang merupakan sebuah aktivitas yang sering dilakukan oleh sebuah keluarga. Apalagi untuk sebuah keluarga yang baru mempunyai anak kecil. Semarang juga memiliki sebuah tempat wisata yang bertema hewan dan wajib dikunjungi. Tempat wisata di Semarang ini berada di Jl. Urip Sumoharjo, Mangkang Kulon, Kaliwungu Semarang. Semarang Zoo menyediakan berbagai spesies hewan dan ada pula wahana permainan air serta wahana untuk anak-anak.

9. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara

Photo :
  • http://shiningallspark.web.id

Pagoda Avalokitesvara adalah sebuah pagoda tertinggi yang ada di Indonesia, dengan tinggi yang mencapai 45 meter. Tempat wisata di Semarang ini adalah salah satu dari dua bangunan utama yang berada di Vihara Buddhagaya Watugong. Bangunan utama yang lainnya adalah Pagoda Dhammasala. Akan tetapi, di antara keduanya Pagoda Avalokitesvara adalah yang paling banyak dikenal dan ikonik. 

Selain menyandang status pagoda tertinggi di Indonesia, pagoda ini begitu indah meskipun sudah malam. Tidak heran bila Pagoda Avalokitesvara merupakan salah satu destiansi wisata di Semarang yang wajib untuk dikunjungi. Di tempat ini kamu bisa berswafoto dengan latar pagoda yang megah.

10. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa.

Photo :
  • Antara/ R Rekotomo

Tempat wisata yang menarik bukan hanya berada di Kota Semarang saja, tapi sedikit melipir menuju Kabupaten Semarang juga ada salah satu tempat wisata yang unik. Salah satunya adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Pada awalnya, museum ini dipakai sebagai stasiun kereta api yang kini dialihfungsikan menjadi sebuah museum. 

Tentu saja tempat wisata di Semarang ini cocok untuk kamu yang ingin mengetahui tentang berbagai kereta yang difungsikan jaman dulu lengkap dengan sejarahnya. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti tur perjalanan dengan memakai kereta uap yang tidak dapat dirasakan di tempat lain. Jangan lupa untuk melihat berbagai koleksi unik dan menarik yang disuguhkan di tempat ini.

11. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo Bandungan, Semarang.

Photo :
  • U-Report

Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang keberadaan tempat wisata di Semarang ini. Candi Gedong Songo berada di dataran tinggi Bandungan, Semarang. Sesuai namanya, candi ini memiliki sembilan bangunan yang berada di area kompleks candi. Selain menikmati wisata sejarah, kamu juga dapat menikmati sensasi berendam di mata air belerang yang juga terdapat di kawasan wisata tersebut.

12. Kampung Batik Semarang

Tips Sukses Bisnis Batik Indonesia

Photo :
  • vstory

Sesuai namanya, kampung yang berada di Jalan Batik ini menjadi pusat produksi batik Semarang. Kampung tersebut dihuni oleh masyarakat yang mayoritasnya adalah pengrajin batik. Di tempat wisata ini, kamu bisa melihat secara langsung mengenai proses pembuatan kain batik tradisional khas Semarang.

Selain bisa melihat proses pembuatan batik, di Kampung Batik ini tentu saja kamu bisa membeli batik asli hasil produksi Kampung Batik Semarang. Banyak pula masyarakat yang hanya sekadar hadir ke tempat wisata di Semarang ini untuk menikmati keindahan kampung yang dipenuhi dengan hiasan indah bertema batik di tembok-temboknya.

13. Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang.

Photo :
  • U-Report

Beberapa tahun belakangan publik sempat dihebohkan dengan tempat wisata di Semarang ini. Walaupun ini sebetulnya hanyalah dataran tandus dan berpasir, kawasan ini menjadi cukup populer sebagai salah satu spot foto yang instagramable. Pantas saja, panorama alam yang dimiliki oleh Brown Canyon memang unik akibat pertambangan batu padas, pasir, dan tanah. 

Bahkan sekilas tempat ini cocok dipakai untuk lokasi syuting film yang bertema apokalips. Mengambil beberapa potret di tempat wisata yang berada di Rowosari, Tembalang, Kota Semarang ini akan tampak nuansa layaknya Country di Texas, Amerika Serikat.

Pengrajin batik aromaterapi asal Madura (dok: LPEI)

Batik Aromaterapi Asal Madura Tembus Pasar AS hingga Jepang

LPEI memperkuat komitmennya untuk memperkuat ekosistem ekspor batik yang berkelanjutan, sehingga mampu memberikan kontribusi signifikan bagi ekspor nasional

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024