Wisata Populer di Padang, Ada yang Pernah Dikunjungi Idol Korea

Pulau Pasumpahan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Memasuki akhir tahun 2021, sejumlah destinasi wisata dalam negeri belakangan menjadi incaran. Selain Bali, destinasi wisata yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Padang Sumatera Barat.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Ibukota dari Sumatera Barat ini menyajikan sejumlah destinasi alam yang dapat membantu Anda melepaskan penat. Lantas destinasi apa saja yang bisa dikunjungi di Padang? Berikut ini lima destinasi di Padang yang bisa kamu kunjungi.

1. Taplau

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Obyek wisata Taplau di Padang

Photo :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

Taplau merupakan salah satu objek wisata yang dimiliki Kota Padang. Taplau merupakan kepanjangan dari tapi lauik yang dalam bahasa Indonesia berarti tepi laut. Kawasan ini sangat strategis. Berada di jantung Kota Padang, menawarkan pemandangan sunset cantik.

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Selain itu, Taplau juga menjadi salah satu lokasi surfing terutama para pecinta surfing dari luar negeri. Salah satu spot terbaik untuk berselancar adalah Purus. Umumnya para peselancar akan mulai menikmati ombak mulai dari sore hari hingga matahari terbenam.

2. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan merupakan pulau tropis nan indah tak berpenghuni yang memiliki daya tarik spesial. Daya tarik pulau terletak pada ekosistem nya, beragam habitat masih terjaga di pulau ini.

Pulau ini luasnya 5 hektare dan memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang bening. Uniknya karena adanya tingkat kedalaman perairan laut, pulau ini seperti terbagi tiga warna pada permukaannya, yakni warna bening di pinggir laut, hijau pada bagian depan, dan biru pada bagian tengah laut.  

Pasumpahan mudah diakses dari kota Padang tepatnya di kecamatan Bungus. Menurut penduduk setempat pulau ini adalah jelmaan kutukan Malin Kundang yang disumpah ibunya menjadi batu. Sebab itu nama pulau ini terkait nama Pasumpahan.  

Pengunjung dapat melakukan aktivitas seru di pulau tropis ini seperti menyelam melihat keindahan terumbu karang dan jutaan spesies ikan, bersantai menikmati keindahan pulau tersembunyi tanpa penghuni akan menjadi hal yang berkesan seumur hidup.

3. Pulau Sikuai

Artis Korea keliling Sumatera

Photo :
  • instagram

Pulau Sikuai di Padang ini diketahui menjadi salah satu destinasi yang cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Pulau Sikuai sendiri sempat menjadi lokasi syuting untuk program TV Korea Selatan Law of The Jungle di tahun 2017 lalu. Untuk episode Sumatera, Law of the Jungle dibagi menjadi dua tim.

Tim pertama adalah Sungjae, Peniel, Kwak Si Yang, Sejeong, dan Jo Se Ho yang dipimpin oleh Kim Byung Man dan mantan atlet basket, Lee Byung Gyu. Sedangkan tim kedua adalah Shin Won Ho, Cross Gene, aktris Jo Bo Ah, komedian Ji Sang Ryul, dan Choi Jong Hoon FT. Island.

Pulau Sikuai sendiri termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai.

4. Air Terjun Sarasah

Berjarak 17 kilometer dari pusat kota Padang, air terjun Sarasah menjadi destinasi yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Padang. Air terjun ini juga memiliki keunikan lantaran memiliki bentuk bertumpuk layaknya piramida.

Untuk bisa sampai ke air terjun, para pengunjung harus melakukan trekking kurang lebih selama 15 menit. Nantinya para pengunjung bisa menikmati sejuknya air pegunungan, dari mata air bukit Sarasah yang jernih, berenang ataupun mandi. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar Air Terjun Tiga Tingkat Sarasah.

5. Lembah Harau

Yang juga tidak boleh terlewat ketika mengunjungi Padang adalah Lembah Harau. Berada 138 kilometer dari Padang  dan 47 kilometer dari Bukit Tinggi.  Lembah ini tak hanya memiliki pemandangan indah tapi juga dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

Lembah Harau memiliki iklim tropis dan tanah yang subur, juga keindahan pemandangan alam yang menawan. Lembah Harau dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia.

Yang lebih istimewanya, di Lembah Harau terdapat air terjun bernama Bunta Waterfall atau secara lokal disebut Sarasah Bunta. Air terjun ini mengalirkan air segar dari dataran tinggi dengan tiga air terjun lainnya di lembah ini. Sarasah Bunta ini mempunyai air terjun yang berunta-unta indah apabila terpancar sinar matahari seperti bidadari yang sedang mandi sehingga dinamakan Sarasah Bunta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya