10 Tempat Wisata di Tangerang Bersejarah dan Unik Banget

Pulau Cangkir
Sumber :
  • dispar.bantenprov.go.id

VIVA Tempat wisata di Tangerang juga tak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya. Tempat wisata di Tangerang ini sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga menyuguhkan spot foto yang instagrammable pastinya. Yuk simak tempat wisata di Tangerang selengkapnya berikut ini.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

1. Kandang Godzilla Tebing Koja

Foto Tebing Koja yang nampak asri, padahal bekas galian tanah.

Photo :
  • U-Report
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Destinasi wisata yang terbilang cukup dekat dengan ibukota ini adalah Tebing Koja. Kandang Gozilla atau sering disebut dengan Tebing Koja. Namanya memang seram, namun kamu tidak akan menemukan monster reptil hijau raksasa yang ada di film Godzilla. Lalu apa yang menarik dari tempat ini? Tempat wisata yang berada di kawasan Cisuka ini memiliki pemandangan tebing yang eksotis menyerupai tembok besar. Tempat wisata di Tangerang selanjutnya Tebing Koja.

Tempat wisata ini memiliki daya tarik berupa susunan tebing batu yang dikelilingi sungai dan pepohonan yang asri. Selain itu, ada kolam kecil di bawah tebing yang membuat objek satu ini makin terlihat eksotis. Harga tiket masuknya sebesar Rp5.000 saja. Untuk jam buka mulai pukul 05.00 - 18.00 WIB. Tempat wisata ini terletak di Cireundeu, Kec. Solear, Kota Tangerang, Banten.

Museum MACAN Open House sampai 21 April, Bisa Jadi Ide Hangout!

2. Floating Castle Froggy Edutography

Floating Castle Froggy Edutography

Photo :
  • Instagram @froggyworlds

Tempat wisata di Tangerang mengusung konsep layaknya kisah dongeng, berputar-putar dan berkelana ke dunia atas awan. Tak hanya sekadar mengelilingi tempat wisata, pengunjung juga bisa menikmati beragam spot-spot foto menarik. Konsep bangunan ini diambil dari dongeng Jack dan kacang ajaib. Meskipun tidak benar-benar melayang, namun pengunjung akan merasa seolah-olah melayang ketika berada di dalamnya.

Harga tiket masuk di tempat wisata ini dipatok seharga Rp75.000/orang. Untuk jam operasional tempat wisata ini mulai buka pukul 80.00 - 18.00 WIB. Floating Castle Froggy ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari area parkir, mushola, toilet umum, wahana bermain dan belajar dan kantin. Lokasinya berada di Jl. BSD Grand Boulevard Cluster Commercial Park Barat No. 1, BSD City, Tangerang

3. Ocean Park Water Adventure

Ocean Park Water Adventure

Photo :
  • Instagram @oceanparkbsd

Ocean Park BSD City merupakan wahana petualangan air yang memiliki fasilitas cukup lengkap dan banyak wahana permainan air, salah satunya Flying Tower. Tempat wisata di Tangerang ini dibangun di atas lahan 8,5 hektar. Tempat ini juga dilengkapi kafe, restoran, dan food court untuk para pengunjung. 

Tempat wisata ini dibuka setiap hari. Untuk hari Senin sampai Jumat mulai buka pukul 11.00 – 19.00 WIB. Untuk hari Sabtu dan Minggu mulai buka pukul 08.00 – 19.00 WIB. Tiket Masuk untuk hari Senin (kecuali libur nasional) Rp30.000, Selasa - Jumat: Rp40.000, Sabtu-Minggu Rp75.000. lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Pahlawan Seribu, CBD Area, BSD City, Serpong, Tangerang.

4. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka, Tangerang

Photo :
  • VIVA/ Ayu Utami

Tempat wisata di Tangerang selanjutnya ada Telaga Biru Cisoka. Tempat ini awalnya merupakan bekas galian pasir. Lubang yang dihasilkan dari aktivitas tambang digenangi air hingga menjadi sebuah telaga. Setelah tidak beroperasi selama beberapa tahun, bekas galian pasir ini pun disulap menjadi destinasi wisata yang ciamik. Telaga Biru Cisoka menyuguhkan tiga danau dengan warna air yang sangat cantik.

Setiap danau memiliki warna air yang berbeda-beda, yakni hijau, kuning, dan toska. Terkadang, air danau yang semula berwarna biru bisa berubah menjadi bening dan kekuningan. Untuk tiket masuknya hanya membayar parkir saja. Untuk biaya parkir motor sebesar Rp2.000, sedangkan untuk mobil sebesar Rp10.000. lokasinya berada di Jalan Cigaru-Cisoka, Tangerang.

5. Citra Raya Water World & World of Wonders

Citra Raya Water World & World of Wonders

Citra Raya Water World & World of Wonders

Photo :
  • worldofwonders.co.id

Tidak hanya kolam renang di CitraRaya, tapi juga menghadirkan beragam wahana air yang menantang dan dapat menghilangkan penat dari kesibukan sehari-sehari dan cocok untuk menghabiskan waktu berlibur di akhir pekan. Tempat wisata di Tangerang ini merupakan salah satu wahana wisata air terbesar di daerah Cikupa. Untuk tiket masuk pada hari weekday (Senin-Jumat) sebesar Rp30.000, sedangkan di hari weekend (Sabtu-Minggu) sebesar Rp35.000. Lokasi tempat wisata ini berada di MardiGras, Jalan Citra Raya Utama Timur, Mekar Bakti, Panongan, Tangerang.

6. Klenteng Boen Tek Bio

Perayaan Imlek di Klenteng Boen Tek Bio, Kota Tangerang.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

Klenteng Boen Tek Bio merupakan klenteng tertua di kawasan Pecinan, Kota Tangerang. Kehadirannya tak bisa dilepaskan dari kedatangan orang-orang Tionghoa yang dikenal dengan sebutan “Cina Benteng”. Tempat wisata ini dibangun dan didedikasikan untuk menghormati Dewi Kwan Im, salah satu Shen Ming yang dihormati umat Khonghucu. Klenteng Boen Tek Bio ini bisa menjadi destinasi wisata kamu yang mencintai wisata kebudayaan. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Bhakti No. 14, Pasar Lama, Sukasari, Tangerang.

7. Scientia Square Park

Scientia Square Park

Photo :
  • scientiasquarepark.com

Scientia Square Park merupakan fasilitas rekreasi berkonsep hijau dan modern. Tempat ini menjadi alternatif taman rekreasi keluarga untuk warga perumahan dan juga wisatawan umum Kabupaten Tangerang serta Jabodetabek. Untuk tiket masuk weekday sebesar Rp30.000, Weekend Rp50.000. Jam operasional dimulai pukul 06.00 – 21.00 WIB untuk Weekday, dan Weekend di buka mulai pukul 06.00 – 23.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Scientia Boulevard, Gading Serpong, Tangerang.

8. Pulau Cangkir

Pulau Cangkir

Photo :
  • dispar.bantenprov.go.id

Pulau cangkir menjadi objek wisata ziarah karena di dalamnya terdapat maqom Pangeran Jaga Lautan yang bernama asli Syekh Waliyuddin seorang ulama besar yang berasal dari Banten. Maqom inilah yang menjadikan pulau cangkir sebagai tempat wisata religius yang tidak hanya dikenal oleh masyarakat Banten, bahkan seluruh nusantara.

Di Pulau Cangkir pengunjung tidak hanya dapat berwisata ziarah. Kawasan yang juga kerap disebut dengan nama Pulau Cangkir Kronjo tersebut memiliki panorama hutan mangrove yang tersebar di sepanjang jalur menuju pulau. Pengunjung juga dapat mengamati kehidupan sehari-hari nelayan mulai dari merawat kapal hingga mengolah hasil tangkapan. Ada pula galangan untuk membuat atau memperbaiki kapal para nelayan.

Pulau Cangkir terlatak di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, berjarak sekitar 25 Km dari kota tangerang atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Kawasan pulau Cangkir semula seluas 4,5 Ha. Untuk tiket masuknya hanya ada di pos pertama dengan biaya Rp10.000 untuk motor, dan mobil Rp20.000. Diketahui bahwa tiket masuknya dihitung per kendaraan bukan per orang. Lokasi wisata ini berada di Desa Kronjo, berjarak sekitar 30 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tiga Raksa.

9. Benteng Heritage Museum

Museum Benteng Heritage

Photo :
  • www.bentengheritage.com

Rekomendasi tempat wisata di Tangerang selanjutnya ada Museum Benteng Heritage. Tempat ini  merupakan hasil restorasi sebuah bangunan berarsitektur tradisional Tionghoa yang menurut perkiraan dibangun pada pertengahan abad 17 dan merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Tangerang. 

Bangunan ini terletak di Jalan Cilame No.20, Pasar Lama, Tangerang yang juga merupakan Zero Point nya Kota Tangerang karena disinilah cikal bakal pusat Kota Tangerang, yang dulunya disebut kota Benteng terbentuk. Tindakan restorasi ini berbekal pada kesadaran akan pentingnya melestarikan peninggalan sejarah dari setiap budaya dan tradisi yang ada di Bumi Persada Nusantara. 

Di Museum ini pengunjung akan menemukan banyak hal-hal unik di balik sejarah kehidupan etnik Tionghoa serta berbagai artefak yang menjadi saksi bisu kehidupan masa lalu, mulai dari kedatangan armada Cheng Ho dengan rombongan yang terdiri dari sekitar 300 kapal jung besar dan kecil membawa hampir 30.000 pengikutnya. Sebagian dari rombongan ini yang dipimpin oleh Chen Ci Lung diyakini sebagai nenek moyang penduduk Tionghoa Tangerang (Cina Benteng) yang mendarat di Teluk Naga pada tahun 1407.

Pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk yang beragam sesuai kalangan. Tiket ini sudah termasuk guide atau pemandu untuk tur selama 45 menit. Untuk umum sebesar Rp20.000, pelajar Rp10.000, Mahasiswa Rp15.000, wisatawan mancanegara Rp50.000, tur heritage walk (minimal 10 orang) Rp50.000. Museum Benteng Heritage dibuka untuk umum enam hari dalam seminggu. Pengunjung wajib mengikuti tur museum dan tidak diperkenankan berkeliling sendirian. Hari Senin libur. Lokasi Benteng Heritage Museum ini berada di Jl. Cilame nomor 20, Pasar Lama Tangerang 15118, Banten – Indonesia

10. Broadway Alam Sutera 

Broadway Alam Sutera 

Photo :
  • Instagram @flavorbliss

Rekomendasi tempat wisata di Tangerang yang terakhir ada Broadway Alam Sutera. Tempat wisata yang satu ini dirancang dengan konsep sesuai namanya, yaitu sebuah jalur utama di Manhattan yang beberapa potongan jalannya terkenal sebagai pusat industri teater. The Flavor Bliss juga mendesain setiap sudutnya menjadi spot-spot foto yang estetik, dan banyak diminati para penggemar foto. Di dalam kawasan Broadway, kamu juga dapat menjumpai tenant-tenant menarik dan banyak dicari kaum milenial seperti minuman kekinian Kopi SooSoo by Gading Marten, Kopi Konnichiwa, Joomba, Pick Up, dan Cinta Lagi Coffee.

Ada pula berbagai pilihan menu kuliner nusantara dan mancanegara, seperti Soto Betawi H. Mamat, Hello Nuna, Ken’s Lobster, Sate Taichan Bang Yoyo, Tokusei, Painan Indonesia, De Momchi, Mimi Homemade Noodle, dan masih banyak lagi. Tempat wisata ini di buka setiap hari mulai pukul 07.00 - 22.00 WIB. Pengunjung tak perlu membayar tiket masuk karena gratis untuk memasuki area ini. Broadway Alam Sutera ini berlokasi di area barat The Flavor Bliss Alam Sutera, tepatnya di Jalan Alam Sutera Boulevard, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Tangerang yang bisa menjadi destinasi liburan kamu. Tetap patuhi protokol kesehatan ya selama berlibur di akhir pekan ini. 

Pemain Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan rasa syukur dan bangga yang luar biasa atas keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal Piala Asia U 23 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024