12 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Masjid Raya Sumatera Barat
Sumber :
  • Instagram @yuhalphotoart

VIVA – Tempat wisata di Padang dapat menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Sumatera Barat mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam sampai wisata budaya. Kota Padang sendiri mempunyai wilayah yang berbatasan langsung dengan laut, sehingga di tempat banyak sekali pantai yang bisa disinggahi. 

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Selain itu, Kota Padang juga mempunyai berbagai variasi geografi seperti pulau-pulau kecil yang sangat indah. Kamu dapat mengunjungi beberapa pulau tersebut hanya dengan menyewa perahu. Dijamin, bila kamu berwisata ke kota Padang tidak akan membuat bosan lantaran banyaknya tempat wisata yang dapat dinikmati. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. 

Lalu, Apa Saja Tempat Wisata di Padang? 
1. Pantai Air Manis

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Pantai Air Manis, Padang.

Photo :
  • http://anekatempatwisata.com/

Tempat wisata di Padang yang pertama adalah pantai Air Manis yang sangat ikonik. Di tempat ini ada juga sebuah batu yang berbentuk seperti manusia sedang bersujud. Masyarakat setempat meyakini bahwa batu tersebut adalah Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya. Hal menarik lainnya yang terdapat di destinasi wisata ini adalah bebatuan yang mirip seperti tali tambang kapal dan kayu yang berbentuk pecahan badan kapal. Penduduk sekitar juga yakin bahwa batu tersebut bukan kebetulan, tapi ada hubungannya dengan legenda Malin Kundang yang nyata adanya. 

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

2. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya di Padang.

Photo :
  • http://anekatempatwisata.com/

Tempat wisata di Padang ini cukup unik karena mengangkat nama dari kisah Siti Nurbaya. Jembatan ini membentang sekitar 156 meter di atas permukaan Sungai Batang Aru. Nama Siti Nurbaya lantaran fungsinya sebagai salah satu penghubung menuju Gunung Padang yang menjadi latar novel klasik Siti Nurbaya. Jembatan ini juga bisa dijadikan sebagai tempat menikmati panorama terbenamnya matahari. 

3. Pantai Padang

Pantai Padang, Sumatera Barat.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

Pantai Padang adalah salah satu tempat wisata di Padang yang paling favorit dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi sesudah Pemerintah Kota Padang yang memoles destinasi tersebut dengan berbagai fasilitas dan tempat yang semakin nyaman. 

Pada saat cuaca cerah, Pantai Padang adalah salah satu tempat yang sangat ideal untuk menyaksikan matahari terbenam. Apalagi ditambah dengan bias merah cahaya matahari yang sangat mengagumkan. 

4. Pantai Pasumpahan

Pantai Pulau Pasumpahan, Sumatra Barat.

Photo :
  • U-Report

Pantai Pasumpahan terletak di Pulau Pasumpahan yang berada di wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Untuk menuju ke tempat wisata di Padang ini kamu dapat menyewa speed boat dari Teluk Bangas. 

Setelah berada di sana, kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi dengan perbukitan dan pepohonan rindang. Selain itu, pantai di tempat ini masih memiliki air yang jernih sehingga kamu bisa melihat terumbu karang yang masih terjaga dengan mudah.

5. Air Terjun Sarasah

Air terjun Sarasah Ulu Gadut di Padang.

Photo :
  • U-Report

Destinasi wisata alam ini lebih dikenal dengan sebutan Sarasah Barasok. Dalam bahasa Padang, Sarasah mempunyai arti air terjun dan Barasok berarti berasap. Seperti namanya, tempat wisata di Padang ini tampak seperti air yang berasap mengepul dari kejauhan. 

Hal ini diakibatkan oleh aliran air yang mengucur sangat keras dengan tinggi 20 meter. Air terjun yang satu ini menawarkan berbagai pesona alam yang sangat bila dilewatkan. Dapat dikatakan bahwa tempat wisata yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai wisata petualangan. Hal ini karena untuk mencapai lokasi wisata harus menempuh perjalanan dengan jalan terjal. 

6. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak Padang.

Photo :
  • U-Report

Pantai yang satu ini juga tidak kalah indah dari beberapa pantai yang ada di Padang. Berada di Tabing, Pantai Pasir Jambak sangat cocok untuk dikunjungi pada akhir pekan atau saat liburan tiba. Lokasinya pun tidak terlalu jauh, hanya berjarak 20 kilometer dari pusat Kota Padang.

Pesona dari tempat wisata di Padang ini berada di pasir putihnya, tempat yang landai, dan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Selain itu, tempat ini juga sudah menyediakan fasilitas lain yang dimulai dari rumah makan, gazebo, homestay, sampai area parkir yang luas. Bila akan berkunjung ke tempat ini, disarankan datang pada waktu senja untuk menikmati tenggelamnya matahari.

7. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ada lagi tempat wisata air terjun di Padang yang wajib dikunjungi adalah Lubuk Hitam Waterfall. Tempat wisata di Padang ini berbeda dengan wisata air terjun pada umumnya, karena ini adalah air terjun bertingkat dengan aliran air yang jernih. Saat berkunjung ke sini, kamu akan melihat air terjun pada tiga tingkatan yang sangat unik dan menarik. 

Saking uniknya, tiga tingkatan air terjun tersebut mempunyai karakteristik sendiri yang berbeda-beda. Dua tingkat pertama mempunyai ketinggian yang mencapai 2 meter. Kemudian tingkatan berikutnya mempunyai ketinggian yang mencapai 10 meter. Seluruh tingkatan tersebut mempunyai jalur yang mudah diakses dan tidak terlalu menanjak. 

8. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman, Padang

Photo :
  • U-Report

Museum Adityawarman ini kerap disebut juga dengan Taman Mini Sumatera Barat. Tempat wisata di Padang inoi terletak di kawasan dengan luas 2,6 hektare dan luas bangunan yang mencapai 2.855 m2. 

Di Museum Adityawarman ini ada sebuah koleksi benda bersejarah, baik itu cagar budaya Minangkabau atau nasional. Dari banyaknya koleksi yang terdapat di sini, salah satu yang paling unik adalah Rumah Bagonjong atau Banjuang yang memiliki arsitektur khas Minang. 

9. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat

Photo :
  • Instagram @yuhalphotoart

Masjid Raya Sumatera Barat yang berada di Kota Padang ini dikenal karena memiliki arsitektur yang unik. Masjid ini tidak mempunyai kubah, tapi mengusung arsitektur dari Rumah Gadang dengan empat sudut lancip khas budaya Minangkabau. Bangunan dari masjid ii berbentuk lonjong dengan luas yang mencapai 18.000 m2. 

Menariknya, salah satu tempat wisata di Padang ini berhasil meraih penghargaan Abdullatif Al Fozan Award atau AFAWA beberapa waktu yang lalu. Penghargaan tersebut adalah ajang untuk memperlihatkan karya dan desain masih dari beberapa negara muslim yang ada di dunia. 

10. Lubuk Paraku

Lubuk Paraku

Photo :
  • Tangkapan Layar

Saat kamu berkunjung ke Kota Padang, jangan lupa untuk menyempatkan hadir ke kolam Lubuk Paraku. Destinasi wisata ini berbentuk kolam dengan air yang berwarna biru dan sangat jernih. Suasananya semakin teduh ketika rerimbunan pohon di sekeliling lokasi bergoyang oleh terpaan angin. 

Destinasi wisata ini masih belum banyak dilakukan perubahan, sehingga suasananya masih alami. Menariknya, kolam ini sudah hadir sejak zaman kolonial dan ditetapkan menjadi destinasi wisata primadona tahun 80-an. Bukan hanya suasananya yang masih perawan, tapi keindahan dan pamornya tidak tinggal kenangan. 

11. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana Padang

Photo :
  • U-Report

Pantai yang berada di Kota Padang memang dikenal lantaran memiliki keindahan. Tempat wisata ini begitu cocok untuk didatangi bersama dengan keluarga atau pasangan. Ombaknya yang tidak terlalu besar dan hamparan pasir putih yang sangat indah dan menakjubkan tidak boleh dilewatkan. 

Bahkan, para pengunjung diizinkan untuk bermain air dan berenang di tempat ini. Akan tetapi, tidak diperbolehkan untuk melebihi garis pantai yang bisa membahayakan nyawa. Bila sudah selesai bermain air, kamu juga bisa langsung menyantap hidangan yang sangat enak dan lezat. 

12. Bukit Nobita

Bukit Nobita

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kota Padang juga memiliki destinasi wisata baru yang wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata di Padang ini dinilai mempunyai kemiripan dengan bukit yang terdapat di belakang sekolah tokoh kartun Doraemon. Dari atas bukit ini, kamu akan langsung disuguhkan dengan pemandangan kota Padang yang sangat memukau. 

Walaupun dikatakan sebagai tempat wisata baru, penduduk sekitar tidak ingin melewatkan untuk melihat keindahan kota Padang di malam hari. Sebab, waktu yang tempat untuk mengunjungi tempat wisata di Padang ini adalah malam hari yang mana kelap kelip lampu kota akan terlihat sangat indah. Walau perjalanan menuju tempat ini cukup terjal, tapi rasa lelah akan terbayarkan setelah melihat view yang indah. 

Grand Elty Krakatoa

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Grand Elty Krakatoa, salah satu Hotel & Resort dengan pemandangan terbaik di Lampung, menawarkan promo khusus Halal Bihalal.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024