11 Tempat Wisata di Sentul, Ada yang Bisa Makan di Tengah Sawah!

Tempat wisata di Sentul
Sumber :
  • Instagram @wisatagunungciung

VIVA Tempat wisata di Sentul yang sudah masuk wilayah Bogor ini memang diketahui sangat banyak.  Bahkan Sentul menjadi salah satu kawasan yang memang dikenal dengan berbagai macam pilihan tempat wisatanya.

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Para wisatawan banyak yang mencari dan mengunjungi tempat ini karena kawasan Sentul memiliki akses jalan yang mudah, alamnya yang asri, udaranya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah. 

Bagi kamu yang menyukai berwisata dengan pemandangan alam yang indah dan sudah bosan dengan hiruk pikuk ibu kota, jangan sampai melewatkan tempat wisata di Sentul ini.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Berbagai macam pilihan tempat wisata ada di kawasan Sentul ini, mulai dari wisata alam, wisata edukasi hingga wisata kuliner. Berikut ini, VIVA rangkumkan 11 tempat wisata di Sentul yang dapat menjadi referensi bagi kamu untuk dikunjungi sebagai tempat berlibur dan me-refreshing diri.

1. Taman Fathan Hambalang

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Taman Fathan Hambalang

Photo :
  • Instagram @tamanfathan_hambalang

Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang terkesan seperti negeri di atas awan karena pemandangannya yang diselimuti awan-awan tipis jika kamu beruntung datang saat kondisi cuaca cerah. Namun, jika kamu datang di malam hari juga tak kalah indah, karena masih ada lampu kerlap kerlip yang akan menerangi para pengunjung.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam saja, tempat wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas lainnya seperti kolam renang, outbound, jogging track hingga tempat penginapan. Bagi kamu yang hanya sekadar melihat-lihat pemandangan juga bisa duduk di kursi-kursi dan gazebo yang sudah disediakan.

Harga tiket masuk yang dibanderol juga relatif murah, hanya dengan membayar Rp5.000 per orangnya. Sementara untuk parkir hanya dibanderol dengan harga Rp3.000 untuk kendaraan roda dua atau motor dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil. 

2. Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul

Photo :
  • Instagram @tamanbudaya_id

Taman Budaya Sentul City menjadi salah satu tempat wisata di Sentul  yang memiliki spot outbound terbesar di Indonesia. Karena luas kawasan dengan rumput hijau yang membentang tersebut mencapai 6 hektare.

Tempat ini juga dapat menjadi wisata edukasi yang cocok untuk keluarga dan gathering sekolah, kampus, kantor dll. Terdapat sejumlah fasilitas yang disediakan di tempat ini seperti 4 spot utama yang terdiri dari adventure center, grand center, culture center dan facilities center.

Lalu ada juga 50 wahana permainan seperti permainan tradisional, outbound dan menunggang kuda. Selain itu ada pula food court, gazebo, spot selfie, toilet umum, mushola, area parkir dan tempat penginapan.

Tak hanya itu, Tempat ini juga menyuguhkan 4 pemandangan gunung yakni seperti Gunung Pancar, Gunung Salak, Gunung Gede dan Gunung Geulis.

Taman Budaya Sentul City ini beroperasi setiap hari dari Senin-Minggu mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Namun, jam operasional dapat berubah mengikuti kondisi saat pandemi.

Tiket masuk tempat ini sendiri gratis namun untuk wahananya kamu harus membayar per pax. Diantaranya whana kids army Rp3.00.000/pax, army camp Rp.700.000/pax, wisata budaya Rp230.000/pax dan cook and serve Rp300.000/pax. 

3. Kafe Sawah Segar

Sawah Segar Sentul

Photo :
  • Instagram @sawahsegarsentul

Wisata Sawah Segar di Bojong Koneng ini menjadi tempat wisata di Sentul, Bogor yang baru dibuka dan tentunya memiliki pemandangan alam dengan sawahnya yang hijau membentang. Tempat ini termasuk sebagai wisata kuliner namun yang dilengkapi dengan hawa pedesaan dan gunung yang sejuk. 

Menu-menu makanan yang ada di Sawah Segar ini dapat kamu cicipi dengan harga yang relatif murah. Kamu bisa makan di gazebo berupa joglo dengan desain yang unik di tengah-tengah hamparan sawah yang segar.

Kamu juga dapat melihat hewan-hewan peliharaan  di taman yang tersedia seperti kambing dan lain sebagainya. 

Sawah Segar Sentul beroperasi setiap hari, untuk hari biasa buka mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Sementara untuk weekend mula buka pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 19.00 malam. 

4. Eco Art Park Sentul

Eco Art Park

Photo :
  • Instagram @kdaranindra

Tempat wisata Eco Art Park yang berada di dalam sebuah komplek perumahan di Sentul City ini merupakan taman terbuka hijau. Berdiri di tanah seluas 500 meter, Eco Art Park ini berada di pinggir aliran sungai Cikeas sehingga udara dan pemandangannya cukup menyegarkan.

Tempat ini juga dapat menjadi wisata edukasi seperti yang terlihat dari namanya yang memiliki arti sebagai taman seni dan ekologi. 

Hal itu terlihat dalam wujud patung yang berbentuk robot seperti di film “Transformer” dengan ukuran yang besar dan patung-patung lainnya serta spot unik yang ada di taman tersebut. Ada pula jembatan yang artistik dengan lantai kayu dan memiliki atap untuk berteduh.

Tempat ini buka setiap hari, jam operasional untuk Selasa-Jumat buka mulai pukul 10.00 pagi hingga 21.00. Sementara untuk Sabtu dan Minggu mulai buka pukul 08.00 pagi hingga 21.00 malam.

5. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Photo :
  • Instagram @goagarunggang

Salah satu tempat wisata di Sentul yang terbilang eksotis adalah Goa Agung Garunggang. Goa yang tersembunyi dan kecil ini memiliki pintu masuk yang unik karena terlihat seperti mulut yang sedang terbuka lebar secara vertikal. Goa ini masih terbilang alami karena masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan dan termasuk sebagai kawasan geopark atau kawasan geologi. 

Terdapat batu gantung dan kolam pemandian yang sudah terbentuk secara alami. Dalam goa ini berisikan pemandangan batu-batu yang cantik dan menakjubkan. Hingga saat ini pengelola belum menarik retribusi dari tempat ini, namun akan ada pemandu yang harus kamu bayar jasanya secara sukarela. 

6. Curug Bidadari 

Curug Bidadari

Photo :
  • Instagram @ronnyrangers

Curug Bidadari menjadi salah satu tempat wisata di Sentul yang harus kamu kunjungi karena menyuguhkan keindahan air terjun alami dengan perbukitan yang asri. Tinggi air terjunnya sekitar 40-75 meter.

Terdapat pemandian di bawah air terjun dan pancuran air yang dibuat dari bambu. Ikon yang sangat terkenalnya adalah batu besar yang membelah dan tengahnya merupakan jalan menuju air terjun yang difasilitasi dengan jembatan. 

Terdapat juga kolam pemandian buatan yang dilengkapi dengan pasir putih dari Bangka yang airnya berasal dari pegunungan sehingga terasa dingin.

Kolam termasuk dangkal dan cocok untuk anak-anak saat berkreasi dengan keluarga. Ada juga fasilitas lainnya seperti wahana outbound yakni flying fox dan perahu tangan. Selain itu ada pula terapi ikan. 

Waktu operasional dari tempat wisata ini adalah setiap hari dari Senin-Minggu dan mulai buka pada pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Harga tiket masuk yang harus dikeluarkan pengunjung relatif murah Rp25.000 saja per orangnya. 

7. Gunung Ciung

Tempat wisata di Sentul

Photo :
  • Instagram @wisatagunungciung

Gunung Ciung yang terletak di Kampung Curug, Desa Boong Koneng, Babakan Madang ini merupakan tempat wisata di Sentul yang masih terbilang baru bagi para wisatawan. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang eksotik dan tentunya udara sejuk yang alami.

Dari gunung ini juga kamu bisa melihat panorama Gunung Salak dan Kota Bogor. Kamu juga bisa menikmat sunset saat sore hari yang luar biasa menakjubkan. 

Berbagai aktivitas seperti camping, hiking dan agrowisata bisa dilakukan oleh para wisatawan di tempat wisata baru ini. Pengunjung yang ingin camping akan dikenakan biaya Rp125.000, harga tersebut sudah termasuk alat-alat camping seperti tenda, matras, lampu, makan dan minum.

Namun tempat ini memiliki peraturan bahwa tidak diperkenankan bagi pasangan yang belum muhrim untuk berada di dalam satu tenda. 

Fasilitas yang terdapat di Gunung Ciung antara lain seperti toilet umum, gazebo, warung, mushola, dispenser air minum dan area parkir.

Harga tiket masuk biasanya tanpa berkemah dibanderol Rp5.000 per orang. Sementara tarif parkir untuk motor Rp10.000 dan untuk mobil Rp20.000.

8. Richie Garden Resto & Cafe

Richie Garden Resto & Cafe

Richie Garden Resto & Cafe

Photo :
  • Instagram @richiegardenresto

Tempat ini dapat menjadi wisata kuliner bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Sentul. Kamu bisa makan sambil melihat pemandangan alam hijau yang indah dan juga panorama gunung seperti Gunung Salak dan Gunung Gede. 

Fasilitas yang disediakan memang dikhususkan untuk pesepeda dan pejalan kaki seperti area parkir untuk hiking, area parkir sepeda dan kamar mandi. Tempat ini merupakan bagian dari tempat penginapan Richie The Farmer.

Selain itu, ada pula jogging track, playground dan kebun sayur yang bisa dimasuki tanpa pungutan biaya alias gratis. 

Tempat ini beroperasi pada hari Selasa-Minggu yang dimana pada hari biasa dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB dan pada akhir pekan dibuka pukul 07.00-19.00 WIB. Harga menu-menunya juga terjangkau mulai dari Rp6.000 hingga Rp55.000. 

9. Villa Bamboo Sentul

Villa Bamboo Sentul

Photo :
  • Instagram @thebamboosvilla

Villa Bamboo yang terletak di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor ini merupakan sebuah tempat penginapan yang memiliki nuansa alam. Pengunjung dapat memilih dua jenis penginapan yakni villa ataupun glamping.

Terdapat pula beberapa fasilitas yang dapat dinnikmati bersama keluarga seperti kolam renang, taman bermain anak, flying fox, arung jeram dan paintball. 

10. Tumbuhejo Farm Sentul

Tumbuhejo Farm Sentul

Photo :
  • Instagram @tumbuhejo

Tumbuh Hejo Farm ini merupakan tempat wisata di Sentul yang bertemakan campground dan restoran. Tempat ini dapat menjadi tempat sementara untuk menginap bagi kamu yang juga ingin berwisata ke destinasi lain.

Wisata terdekat lainnya yang dekat dengan penginapan ini yakni Curug Leuwi Hejo dan Goa Garunggang. Terdapat juga berbagai spot foto di Tumbu Hejo Farm bagi kamu yang suka mengabadikan dan membagikan momen. 

11. Edensor Hills

Edensor Hills

Photo :
  • Instagram @edensorhills

Berbeda dari wisata lainnya, Edensor Hills ini merupakan gabungan dari villa dan resort yang menawarkan fasilitas mewah serta pemandangan perbukitan yang memukau.

Lokasi dari tempat ini berdekatan dengan tempat wisata lain seperti Jungle Land Adventure dan pemandian air panas Gunung Pancar. 

Edensor Hills ini memiliki bentuk bangunan yang sangat unik karena didesain oleh sang arsitektur sebagai ala-ala pedesaan di Eropa.

Sehingga tak hanya dapat menikmati pemandangannya, para pengunjung juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto dengan latar belakang seperti di luar negeri. 

Itulah 11 rekomendasi tempat wisata di Sentul yang bisa menjadi referensi kamu berlibur baik itu bersama keluarga, kerabat ataupun teman.

Dari banyaknya pilihan tempat wisata kamu bisa memilih yang paling disukai dan cocok sebagai destinasi kamu melakukan liburan.

Berburu diskon tiket pesawat internasional [dok. Dwidayatour Carnival 2024]

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Bagi para traveler yang ingin mencari paket promo perjalanan menarik ke sejumlah destinasi wisata internasional jangan ketinggalan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024