11 Tempat Wisata di Makassar yang Tak Boleh Terlewatkan

Tempat wisata di Makassar
Sumber :
  • Instagram @emhaana

VIVA – Tempat wisata di Makassar memang terbilang cukup banyak dan memiliki berbagai macam pilihan. Tak sedikit pula tempat-tempat wisata yang berada di Makassar tersebut menawarkan alamnya yang menawan dan indah. Sehingga kamu dapat menikmatinya saat sedang berlibur baik itu bersama keluarga, kerabat ataupun teman dekat. 

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Jika kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke Kota Makassar, jangan sampai melewatkan tempat-tempat wisatanya yang menakjubkan dan luar biasa indah. Berikut ini 11 rekomendasi tempat wisata di Makassar yang sudah dirangkum oleh Viva dan dapat menjadi destinasi wisata kamu saat hendak berlibur. 

1. Air Terjun Leang Pa’niki

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Air Terjun Leang Pa’niki

Photo :
  • Instagram @adekurniafs

Salah satu tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan di Makassar adalah Air terjun Leang Pa’niki. Tempat yang terletak di di Rannaloe, Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini menyuguhkan indahnya panorama sejauh mata memandang. Suasana yang tenang dan santai juga akan kamu dapatkan untuk sekadar me-refreshing diri. Air terjun yang mengalir diketahui terasa dingin dan segar. Banyak juga para wisatawan yang menjadikan air terjun ini sebagai tempat pemandian. 

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

2. Pantai Losari

Pantai Losari

Photo :
  • Facebook: Pantai Losari, Makassar

Tempat wisata yang satu ini memang sudah menjadi ikon di Kota Makassar. Kamu pasti sudah sering mendengar nama Pantai Losari. Terdapat pemandangan matahari terbenam di sore hari yang dapat kamu nikmati sambil bersantai di pantai ini. Terdapat juga beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di pantai ini, diantaranya seperti menaiki banana bots, sepeda air dan memancing. Tak hanya bisa menikmati matahari terbenam, tapi kamu juga menikmati matahari terbit di pagi hari sambil melakukan jogging di pantai. 

3. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung

Photo :
  • Instagram @asia_ramadhani96

Tempat wisata di Makassar yang juga tidak boleh terlewatkan yakni adalah Taman Nasional Bantimurung. Suguhan yang diberikan oleh tempat wisata ini berupa pemandian alam, gua, pengawasan satwa dan karst. Dengan kekayaan alam dan ekosistem yang terbilang luar biasa, luas wilayah yang dimiliki tempat wisata ini mencapai lebih dari 43 ribu hektare. 

Surganya kupu-kupu (The Kingdom of Butterfly) menjadi menjadi sebutan nama bagi Taman Nasional Bantimurung yang berada di Kabupaten Maros dan Pangkep ini. Hal tersebut dikarenakan spesies kupu-kupu yang terdapat pada kawasan ini totalnya sebanyak 250 spesies. 

4. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu

Photo :
  • Instagram @bhimahutama

Makassar juga memiliki benteng yang diberi nama Benteng Somba Opu sebagai tempat wisata. Benteng ini terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Sebagai tempat peninggalan sejarah dari Kerajaan Gowa, dahulu benteng ini diketahui memiliki fungsi sebagai tempat perdagangan. Dulunya tempat wisata ini berfungsi sebagai pusat perdagangan. Seiring berjalannya zaman, Benteng Somba Opu tersebut kini menjadi objek wisata bersejarah yang juga dilengkapi dengan beberapa bangunan rumah adat dari Sulawesi Selatan.

5. Pantai Marumasa

Pantai Marumasa

Photo :
  • Instagram @like_makassar

Tak lengkap rasanya jika referensi tempat wisata di Makassar ini tidak dimasukkan dengan pantai. Salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi saat berada di Makassar adalah Pantai Marumasa. Pantai yang terletak di Kabupaten Bulukumba ini memiliki keindahan karang yang mengarah ke laut. 

Dengan panjang kurang lebih 150 meter, birunya laut membentang di sepanjang Pantai Marumasa tersebut. Berbagai spot untuk para pengunjung berfoto dengan berlatarkan laut biru  juga tentunya tersedia di tempat wisata ini diantaranya seperti spot dalam bentuk ayunan, bunga matahari, rumah adat, sepeda ontel, bentuk hati dan masih banyak lagi yang lainnya. 

6. Pantai Seruni

Tempat wisata di Makassar

Photo :
  • Instagram @emhaana

Masih dengan wisata pantai, kali ini ada Pantai Seruni yang terletak di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Pantai hasil reklamasi ini memiliki panjang sekitar 1,5 km dengan hamparan pasir putihnya yang menambahkan kesan cantik. Nama tempat wisata ini diambil dari nama sebuah bunga yakni seruni yang artinya adalah emas. Suasana yang tenang dna pemandangan yang eksotis juga dimiliki tempat wisata di Makassar ini. Karena masih tergolong tidak terlalu ramai, pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur tapi tidak suka keramaian. 

7. Pulau Lae Lae

Pulau Lae Lae

Photo :
  • Twitter @makassar_guide

Beralih ke tempat wisata di Makassar lainnya yakni Pulau Lae Lae yang merupakan salah satu wisata bahari. Karena sudah berpenghuni, tempat wisata Pulau Lae Lae ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Sehingga sudah tidak menjadi hal yang mengherankan lagi bila banyak para wisatawan yang banyak mengunjungi tempat wisata Pulau Lae Lae ini. Bagi kamu yang suka berpetualang atau seorang backpacker juga cocok mendatangi tempat ini karena akomodasinya cukup mudah. 

8. Pulau Kambing

Pulau Kambing

Photo :
  • Instagram @phinisi.hostel.bira

Tempat wisata di Makassar berikutnya adalah Pulau Kambing. Namun dinamakan Pulau Kambing bukan karena di pulaunya hidup banyak kambing ya. Pulau yang satu ini dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang luar biasa menakjubkan dan sangat indah. Kamu yang berwisata ke pulau ini dapat melakukan kegiatan diving atau snorkeling untuk menyelami bawah lautnya. Bahkan dengan mata telanjang pun kamu bisa melihat indahnya terumbu karang yang ada di dalam permukaan laut dari atas permukaan laut. 

9. Bendungan Parigi

Bendungan Parigi

Photo :
  • Instagram @makassar.khahotels

Bendungan Parigi merupakan salah satu tempat wisata di Makassar yang tepatnya berada di Desa Asana, Parigi, Tinggi Moncong, Gowa. Terdapat bangunan bertingkat yang memiliki air memancur di tempat wisata satu ini yang juga bisa menjadi spot untuk berfoto. Dalam bendungan ini, pengunung dapat berendam dan bermain-main air. Selain itu, hamparan bukit hijau mengelilingi bendungan ini sehingga suasanannya menjadi sangat asri dan rindang. Harga tiket masuknya Rp5.000 per orang dan sudah termasuk dengan biaya parkir. 

10. Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Photo :
  • Instagram @rosirmblog

Salah satu tempat wisata yang menjadi paling hits di Makassar adalah Pegunungan Karst Rammang Rammang. Dari Makassar kota, jarak yang harus ditempuh menuju tempat wisata ini sekitar 40 km dengan waktu kurang lebih 1,5 jam. Perlu diketahui bahwa tempat wisata di Makassar Karst Rammang-Rammang ini masuk dalam kategori pegunungan kapur terluas da berada di posisi kedua di dunia setelah Batu Tsingy di Madagaskar. Pegunungan kapur menjadi pemandangan yang menarik pada tempat wisata ini. Bahkan kamu bisa berfoto-foto dengan latar belakang pegunungan kapur.

11. Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrang Luhu

Photo :
  • Instagram @unclefa27

Referensi tempat wisata di Makassar yang terakhir adalah Pantai Panrang Luhu yang terletak di Kabupaten Bulukumba. Dari pusat kota Makassar, perjalanan  yang harus ditempuh untuk menuju tempat wisata ini sekitar 37 km. Keindahan dari pemandangan yang dimiliki pantai ini tak kalah dari pantai-pantai yang lainnya. Seperti pantai-pantai pada umumnya, Pantai Panrang Luhu terkenal dengan matahari terbenamnya di sore hari dan matahari terbitnya di pagi hari. 

Nama dari Panrang Luhu ini diambil dari bahasa lokal setempat yang memiliki arti pekuburan orang Luwu. Meskipun namanya terdengar cukup seram, namun pengunjung tidak akan dibuat kecewa saat datang ke sini karena nuansa alami yang disuguhkan untuk memanjakan mata. Tak lupa dengan pohon kelapa yang berbaris di pesisir pantai.

Diketahui Panrang Luhu menjadi salah satu tempat penghasil kapal phinisi yang cukup terkenal. Sehingga saat kamu datang ke tempat ini, akan langsung disambut dengan pemandangan barisan kapal yang berjejer. 

Jika berbicara tentang tempat wisata tentunya tak akan ada habisnya karena masih banyak tempat-tempat lainnya. Namun, itulah 11 rekomendasi tempat wisata di Makassar yang nantinya bisa kamu kunjungi saat menyambangi kota tersebut.

Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024