11 Tempat Wisata di Purwakarta, Ada Kampung Mini Ala Eropa!

Tempat wisata di Purwakarta
Sumber :
  • Instagram @ernymahardika

VIVA – Tempat wisata di Purwakarta menjadi salah satu yang paling banyak dicari saat musim libur tiba. Rupanya Purwakarta menawarkan sejumlah tempat wisata alam dengan area perbukitan yang mendominasi. Sehingga menjadi sangat disayangkan apabila terlewatkan oleh para wisatawan yang melancong ke kota yang juga disebut sebagai kota pensiunan ini karena suasananya yang jauh dari hiruk-pikuk keramaian. 

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi di Waktu Liburan

Suasana yang ditawarkan pada tempat wisata di kota Purwakarta ini merupakan pemandangannya yang asri, udaranya yang sejuk dan airnya yang jernih, Sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri sejenak. Berikut ini telah Viva rangkumkan 11 tempat wisata di Purwakarta yang cocok dan direkomendasikan untuk menjadi destinasi tujuan wisata saat liburan. 

1. Pasir Langlang Panyawangan

Taman Mini Indonesia Indah: Jendela Menuju Keberagaman Budaya dan Pesona Alam Indonesia

Pasir Langlang Panyawangan

Photo :
  • Instagram @aya._1995

Salah satu tempat wisata di Purwakarta yang cukup dikenal adalah Pasir Langlang Panyawangan yang terletak di tepatnya di Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Tempat wisata yang juga disebut sebagai Ujung Aspal ini merupakan wisata hutan pinus yang menyuguhkan keindahan panorama dan kesejukan udara. Wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir karena tempat ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Dengan luas lahan sekitar 43 hektare, tempat ini menyediakan beberapa pilihan wisata seperti berkemah, trek khusus olahraga downhill, Curug Pamoyanan dan Goa Jepang. 

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

2. Tebing Boyer

Tebing Boyer

Photo :
  • Instagram @tebing boyer

Tebing Boyer ini menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang hits dan sempat menjadi viral di media sosial. Pasalnya tempat ini menawarkan latar belakang pemandangan tebing yang indah sebagai spot foto yang menarik dan tentunya instagramable. Letak tebing yang terbentuk dari batuan-batuan sejajar dan terususun ini berada di tepi Waduk Jatiluhur, tepatnya di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

3. Curug Tilu 

Curug Tilu

Photo :
  • Instagram @yoga1902

Curug yang terletak di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang perlu disambangi saat kamu mengunjungi kota ini. Akses tempat wisata  ini juga terbilang mudah dijangkau oleh para wisatawan. Warga setempat mengelola curug ini menjadi salah satu tempat wisata sejak tahun 2016 lalu. Dinamakan ‘Tilu’ karena memiliki arti tiga, yang dimana dulu terdapat tiga air terjun. Namun seiring berjalannya waktu hanya tersisa satu air terjun saja karena dua air terjun yang lain hilang ditumbuhi tumbuhan dan tertutup bebatuan. 

4. Curug Cisomang

Curug Cisomang

Photo :
  • Instagram @fakirpiknik

Curug yang dikenal tersembunyi ini terletak di di Desa Sepok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Karena tersembunyi, untuk menemukan lokasi wisata terbilang cukup sulit dan akses jalan juga sulit dan tenaga lebih diperlukan. Namun, hal baiknya kamu bisa menikmati wisata lebih tenang dan nyaman karena curug ini belum terlalu ramai dikunjungi banyak wisatawan. Curug yang tepatnya berada di bawah jembatan perbatasan antara Kecamatan Darangdan dan Bandung Barat ini akan membayar akses jalan sulit yang pengunjung lewati dengan suasana dan keindahan alamnya yang bisa menenangkan hati dan pikiran. Diketahui pengunjung juga tidak dikenakan biaya alias gratis saat berkunjung ke Curug Cisomang ini. 

5. Taman Batu Purwakarta 

Taman Batu Purwakarta

Photo :
  • Instagram @lutfihasibulawal

Taman Batu Purwakarta merupakan kolam renang alami dengan air yang jernih tapi tidak dengan menggunakan bahan kimia sehingga mata akan aman dan tidak perih. Destinasi wisata yang berada di antara persawahan, perbukitan dan sungai ini dilengkapi dengan besarnya bebatuan alam. Pemandangan alam sekitar dari taman batu yang indah tersebut terletak di Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta. Pengunjung dapat menikmati hawa alam yang dapat me-refresh diri karena keasrian dan kesejukannya. Dilengkapi pula dengan air terjun buatan yang menambah suasana alam tersebut harga tiket masuknya harga dibanderol Rp20.000 saa per orangnya. 

6. Green Valley Waterpark

Green Valley Waterpark

Photo :
  • Instagram @greenvalleywaterpark

Salah tempat wisata di Purwakarta yang bisa menjadi destinasi wisata untuk berlibur bersama keluarga adalah Green Valley Waterpark. Tempat wisata yang satu ini biasanya paling disukai oleh anak-anak. Terletak di Jalan Ipik Gandamanah nomor 41, Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, terdapat beberapa wahana yang ditawarkan oleh wisata air ini seperti water slide, lazy river, kiddy pool, ember tumpah, bioskop 5 dimensi, planetarium, sepeda udara, kereta anak dan kora-kora.

Fasilitas dari Green Valley Waterpark sendiri juga terbilang sudah cukup lengkap seperti adanya area parkir, toilet, kamar ganti, gazebo, mushola, loker dan kantin. Wisatawan yang berwisata ke sini cukup membayar harga tiket masuk Rp 35.000 per orang. Sementara untuk wahana lainnya seperti sepeda udara Rp 10.000 per orang, kora-kora Rp 10.000 per orang dan kereta anak Rp 10.000 per orang.

7. Taman Air Mancur Sri Baduga 

Taman Air Mancur Sri Baduga

Photo :
  • Instagram @uwi.sewaelfbogor

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyuguhkan air mancur yang diatraksikan seperti seakan-akan seperti menari dengan indah. Bahkan warna air mancurnya berwarna-warni sehingga menarik perhatian pengunjung dan kerap menjadi primadona di kota Purwakarta.Taman air mancur ini berada di Jalan K.K Singawinata, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Bagi kamu yang hendak mengunjungi kota ini sangat harus mampir ke Taman Air Mancur Sri Baduga dan jangan sampai dilewatkan. 

8. Urban Farming 

Urban Farming

Photo :
  • Instagram @ivanoffroader_

Terletak di di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Urban Farming merupakan tempat wisata yang juga sekaligus menjadi tempat pelatihan dan edukasi pertanian perkotaaan. Hal unik dari tempat ini adalah kampung mini yang menjadi ikon dengan dilengkapi adanya sawah, ladang sayur, ayam dan bebek yang dapat pengunjung sambangi. Kampung mini tersebut berupa rumah-rumah penuh dengan warna yang berbentuk ala Eropa. Tentunya sangat cocok dijadikan sebagai spot foto untuk mengabadikan momen saat kamu berlibur ke Urban Farming ini. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp15.000 per orangnya untuk masuk ke dalam wisata Urban Farming tersebut.

9. Galeri Wayang

Galeri Wayang

Photo :
  • Instagram @nurdianik

Meskipun didominasi dengan wisata alam, namun ada juga tempat wisata di Purwakarta yang dapat mengedukasi seperti Galeri Wayang. Pengunjung yang datang ke galeri ini tidak dikenakan biaya atau gratis. Selain itu akan diberikan berbagai informasi tentang sejarah wayang yang ada di nusantara. Misalnya seperti  wayang betawi, wayang cepak khas Cirebon, wayang suket, sampai wayang klitik khas Surabaya. Galeri Wayang yang berada di  Kompleks Pemda Purwakarta, Jalan Gandanegara nomor 25, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta ini memiliki hal unik. Hal unik tersebut yakni beberapa wayang seperti wayang kulit, wayang golek, hingga topeng wayang orang yang ada di dalam galeri dapat dimainkan oleh pengunjung. 

10. Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta 

Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta

Photo :
  • Instagram @pegi_pegi

Salah satu tempat wisata di Purwakarta yang sangat cocok menjadi spot berfoto baik itu bagi masyarakat kota Purwakarta maupun para wisatawan yang datang dari luar kota adalah Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta. Bangkai-bangkai kereta yang sudah tidak terpakai itu dapat dijadikan sebagai latar foto yang unik dan keren. Karena bangunan Stasiun Purwakarta yang terletak di Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta tersebut bergaya arsitektur khas kolonial. Tnggi dari tumpukkan bangkai kereta tersebut mencapai 7 meter dan kesan antik menjadikan hasil foto bernuansa retro. Namun untuk masuk ke area ini, pengunjung harus meminta izin kepada pihak terkait terlebih dahulu. 

11. Waduk Jatiluhur 

Tempat wisata di Purwakarta

Photo :
  • Instagram @ernymahardika

Tempat wisata di Purwakarta yang terakhir adalah Waduk Jatiluhur yang berada di  di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Waduk dengan luas 8.300 hektare ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata dengan pemandangan eksotis nan indah yang ditawarkan. Pengunjung dapat melihat indahnya Gunung Parang dan Bongkok sebagai pemandangan.Untuk mengelilingi waduk, pengunjung dapat menggunakan perahu yang disewakan seharga Rp350.000 per putarannya. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan kegiatan seperti memancing, bermain di waterboom, bermain tenis, wisata kuliner di restoran apung dan berkemah. Harga tiket masuk Waduk Jatiluhur seharga Rp 25.000 per orang, parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. 

Itulah 11 tempat wisata di Purwakarta yang Viva rekomendasikan untuk kamu yang akan berlibur dan berwisata ke kota pensiunan tersebut. Kira-kira kamu akan coba mengunjungi tempat yang mana? Atau ada tempat-tempat wisata tersebut yang sudah pernah kamu kunjungi? 

Dua polwan bersepeda di objek wisata Benteng Vredeburg, Yogyakarta

Benteng Vredeburg Yogyakarta Direvitalisasi, Bakal Ada Wisata Malam

Revitalisasi Benteng Vredeburg diharapkan akan selesai pada Juni 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024