10 Tempat Wisata di Turki yang Ikonik dan Tengah Viral, Ada Cappadocia

Cappadocia
Sumber :
  • Instagram @kapadokya_rehbereniz50

VIVA – Ada banyak tempat wisata di Turki yang wajib dikunjungi oleh para pelancong, khususnya untuk turis asal Indonesia. Para wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan pemandangan alam dan budaya khas yang dimiliki oleh Turki. Apalagi baru-baru ini nama Cappadocia kerap menjadi perbincangan hangat publik Tanah Air lantaran penasaran setelah melihat tayangan serial Layangan Putus yang tayang di WeTV. 

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Dalam serial tersebut diceritakan bahwa Aris yang dimainkan oleh Reza Rahadian berselingkuh dari istrinya yang bernama Kinan (Putri Marino) dengan Lydia (Anya Geraldine). Aris malah mengajak Anya Geraldine untuk berlibur ke Cappadocia menaiki balon udara. Padalah, berlibur ke Cappadocia adalah impian Kinan, bukan Lydia. Nah, selain Cappadocia, Turki juga memiliki tempat wisata unik yang disadur dari berbagai sumber. 

Lalu, Apa Saja Tempat Wisata di Turki?

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

1. Ataturk Mausoleum

Penjaga Mausoleum Kemal Ataturk sedang Ganti Pasukan

Photo :
  • VIVAnews/Azis Nurwahyudi
Erdogan: Selama Masih Hidup, Saya Akan Terus Bela Perjuangan Palestina

Turki memang terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki berbagai peninggalan sejarah, salah satunya adalah Ataturk Mausoleum. Ada bangunan megah yang berwarna cokelat dan bangunan ini adalah makam Mustafa Kemal Ataturk. Mustafa Kemal Ataturk sendiri adalah salah satu tokoh penting untuk masyarakat Turki yang memiliki jasa membebaskan bangsanya dari para penjajah.

Untuk memberikan penghormatan yang terakhir lantaran jasanya tersebut, dibangunkanlah makam yang sangat mewah dengan nama Ataturk Mausoleum. Pembangunan makam tersebut juga memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu sampai sembilan tahun. 

2. Blue Mosque 

Blue Mosque Turki

Photo :
  • pixabay

Blue Mosque adalah salah satu masjid termegah yang ada di Turki dan mempunyai keunikannya tersendiri yang sangat menakjubkan. Apabila kamu berkunjung ke negara ini, tampaknya belum lengkap bila belum mengunjungi tempat wisata di Turki ini. 

Masjid tersebut sebelumnya dibangun oleh Sultan Ahmed 1 yang berasal dari masa dinasti Ottoman abad ke-14. Penamaan Blue Mosque sendiri berasal dari keramik-keramiknya yang menutupi dinding dan kubah masjid ini berwarna biru. Masjid ini juga mempunyai enam menara yang sempat menuai kritikan lantaran sama dengan Masjidil Haram, Makkah. 

3. Pamukkale

Pamukkale

Photo :
  • http://4.bp.blogspot.com/--7nxMxuvbB4/UyQ-08jJImI/AAAAAAAAANk/u9i4nRd9ph8/s1600/pamukkale-turkey.jpg

Pamukkale merupakan salah satu kolam pemandian air panas di daerah Denizil barat daya Turki. Tempat ini mempunyai panorama alam yang sangat luar biasa dengan kolam-kolam yang berwarna biru. Warna air biru dan putih bebatuan mendominasi tempat wisata di Turki yang satu ini. 

Jadi, akan membuat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini akan berendam berlama-lama. Aliran air panasnya mengandung mineral karbonat yang tentu saja menyehatkan. Karena itu, tempat ini kerap ramai dan telah menjadi tujuan wisata sejak zaman dahulu. 

4. Ephesus

Ephesus Turki

Photo :
  • http://panduanwisata.id

Untuk kamu yang menyukai destinasi wisata sejarah, maka Ephesus adalah pilihannya. Tempat wisata di Turki ini merupakan bekas reruntuhan Kota Romawi Kuno. Terdapat banyak reruntuhan yang pada awalnya dipakai untuk perpustakaan sampai panggung untuk para gladiator bertarung. 

Lokasinya sendiri berada di dekat Bandara Adnan Menderes atau sekitar satu jam perjalanan sehingga membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai negara. Walaupun hanya tersisa reruntuhan, masih ada bangunan yang berdiri kokoh, meski tidak utuh. Mengambil jepretan foto di tempat ini akan sangat terlihat bagus. 

5. Cappadocia

Cappadocia

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata Cappadocia ini sangat dikenal sampai ke seluruh penjuru dunia. Tidak heran bila banyak orang orang yang berkunjung ke sini ketika sedang berlibur ke Turki. Banyaknya balon udara yang terbang di atas tebing berbatu dan pegunungan sukses membuat panorama yang indah luar biasa. 

Lokasinya sendiri berada di distrik kuno bagian timur Anatolia, tepatnya terletak di dataran tinggi utara pegunungan Taurus. Jika kamu ingin mencoba terbang dengan balon udara, harga yang ditawarkan pun beragam. Selain menaiki balon udara, ada pula tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi, mulai dari kota bawah tanah Derinkuyu, Kaymakli, sampai Taman Nasional Goreme. 

6. Taman Emigran

Bunga Tulip

Photo :
  • Dok. TRAVELLEZZA ANTV

Apabila berkunjung ke Turki ketika musim semi sekitar bulan April, kamu tidak boleh melewatkan untuk datang ke Taman Tulip Emigran. Para pengunjung dapat melihat hamparan bunga tulis seluas ratusan hektar dengan warna yang sangat memukau. Tempat wisata di Turki ini berada di distrik Sariyer Istanbul, Turki yang merupakan taman terbesar di turki. 

7. Istiklal Street

Istiklal Street

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bila kamu hanya ingin berbelanja atau melihat suasana keramaian di Turki, cobalah untuk datang ke Istiklal Street yang sudah ada sejak zaman Utsmaniyah. Para pejalan kaki akan merasa puas lantaran ada jalur khusus yang disediakan sepanjang 1 kilometer lebih. Selain itu, ada pula berbagai jenis toko, mulai dari toko musik, oleh-oleh, kafe, restoran sampai wisata malam. 

8. Grand Bazar

Grand Bazar

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tempat wisata di Turki berikutnya yang juga tidak kalah terkenal adalah Grand Bazar. Pasar ini adalah pasar tertua yang menyediakan berbagai ornamen khas Turki. Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1455 tersebut sudah ada ketika pemerintahan Kekhalifahan Ottonom dan sampai saat ini masih berdiri kokoh. Menariknya, harga yang ditawarkan pun cukup miring. 

9. Blue Lagoon

Blue Lagoon

Photo :
  • facebook.com/BlueLagoonIceland

Tempat wisata di Turki memang dikenal dengan pemandangan lautnya yang sangat indah. Di Blue Lagoon ini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas yang disenangi, contohnya adalah permainan air dan olahraga air. Kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang tenang dan pemandangan laguna yang sangat indah. 

10. Silk Market

Silk Market

Photo :
  • Tangkapan Layar

Mengunjungi sebuah negara tapi tidak berbelanja untuk banyak orang adalah sesuatu yang kurang. Maka dari itu, kamu harus datang ke Silk Market untuk membeli berbagai jenis barang dan oleh-oleh khas Turki. Silk Market sendiri merupakan yang sangat terkenal jadi pusat perdagangan sutra sejak zaman Sultan Beyasid II. Pengunjung dapat membeli produk tekstil, kerudung, oleh oleh, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya