10 Tempat di Bumi yang Jarang Dikunjungi dan Perawan dari Manusia

Gurun Namibia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Terdapat banyak tempat di bumi yang jarang dikunjungi manusia dan bahkan tidak ada yang pernah menjangkaunya, walaupun memiliki panorama alam yang sangat memukau. Beberapa tempat tersebut tjarang atau tidak pernah dikunjungi lantaran berbagai faktor.

Kapan Bumi Kiamat?

Mulai dari akses yang sangat sulit, situasi dan kondisinya yang sangat ekstrem, lokasi masih misterius, sampai tempat tersebut ternyata dilindungi. Karena masih sangat jarang dijajal oleh manusia, tempat-tempat tersebut menyuguhkan pemandangan alam yang masih perawan.

Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai tempat di bumi yang jarang dikunjungi manusia. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Lalu, Apa Saja Tempat di Bumi yang Jarang Dikunjungi Manusia?

1. Pulau Sentinel Utara

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Pulau Sentinel Utara.

Photo :
  • U-Report

Tempat di bumi yang jarang dikunjungi manusia adalah Pulau Sentinel Utara yang mana ini adalah bagian dari Kepulauan Andaman, Samudera Hindia. Di pulau ini ada suku penduduk asli yang dikenal dengan Sentinel yang dipercaya mendiami pulau terpencil tersebut.

Tahun 2018 lalu, pulau ini memperoleh perhatian saat seorang misionaris Amerika dilaporkan tewas ketika berada di sana dalam perjalanan misi keagamaan. Sementara itu, untuk sejumlah kru film dokumenter, para peneliti, dan antropolog sudah mengunjungi pulau tersebut tahun 1960-an dan 70-an tapi tidak banyak diketahui tentang Sentinel Utara. 

2. Gurun Namib

Gurun Namibia.

Photo :
  • U-Report

Gurun Namib adalah salah satu gurun yang berada di Namibia. Pada tanggal 17 Desember 2019 lalu, gurun tersebut menjadi salah satu tempat terkering yang ada di bumi dan sebagian besar belum pernah dijelajahi oleh manusia. 

Gurun yang berada di Afrika ini diperkirakan menjadi sebuah gurun tertua yang ada di dunia. Kawasan Namib selatan dilukiskan oleh Dana Margasatwa Dunia menjadi sebagian besar belum dijelajahi, walaupun dipercaya tak mempunyai banyak vegetasi. 

3. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda

Photo :
  • U-Report

Segitiga bermuda merupakan tempat paling misterius yang berada di Samudera Atlantik yang terletak di perbatasan Miami, Bermuda, dan Puerto Rico. Tanggal 28 Agustus 2018 yang lalu, puluhan kapal dan pesawat sudah menghilang di Segitiga Bermuda. Lokasi tersebut sampai saat ini masih menjadi misteri lantaran tidak dapat dijangkau dan diidentifikasi manusia. 

Kapal dan pesawat yang menghilang dilaporkan tidak mengirimkan pesan lewat radio. Terdapat beberapa teori fantastis tentang Segitiga Bermuda, tapi tidak ada yang bisa mengidentifikasi menghilangnya kapal dan pesawat tersebut. 

4. Gangkhar Puensum

Gunung Gangkhar Puensum

Photo :
  • Flickr/Gangkhar Puensum

Gangkhar Puensum merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di dunia dan tidak pernah didaki. Letaknya berada di Bhutan yang berdekatan dengan Tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 24.981 kaki di atas tanah. Diyakini gunung ini belum pernah ditaklukkan, tapi tahun 1994 calon pendaki mulai dilarang mencoba menapaki gunung karena dilarang pemerintah. 

5. Benua Antartika

Benua Antartika.

Photo :
  • Pixabay

Antartika merupakan salah satu benua yang sebagian besar tidak memiliki penghuni. Benua tersebut dipenuhi dengan daerah yang belum pernah dijelajahi. Para ilmuwan dan peneliti menghabiskan waktu di  Antartika dengan mendiami daerah sekitar stasiun penelitian lantaran bentang alam yang ekstrem. Hal ini lantaran sebagian besar wilayah tidak layak huni. 

6. Gua Son Doong

Gua Hang Son Doong, Vietnam.

Photo :
  • U-Report

Gua Son Doong dikenal sebagai salah satu tempat di bumi yang jarang dikunjungi manusia dan dipercaya sudah terbentuk sejak 3 juta tahun yang lalu. Tahun 2013 lalu, gua tersebut baru dibuka untuk umum pertama kalinya. 

Gua tersebut berisi sejumlah stalagmit tertinggi yang diketahui di dunia dan tingginya mencapai 70 meter. Kemudian di belakang Tembok Besar Vietnam ada sebuah mutiara gua yang memiliki ukuran sebesar bola bisbol. 

7. Pulau Pitcairn

Pulau Pitcairn

Photo :

Tempat di bumi yang jarang dikunjungi ini berada 3.300 mil dari Selandia Baru. Tak ada pesawat maupun helikopter yang pernah mendarat di pulau ini. Sehingga dibutuhkan perjalanan selama 32 jam dengan memakai kapal pesiar untuk bisa menginjakan kaki di pulau terpencil yang berada di Selandia Baru tersebut. 

Pulau tersebut dikenal menjadi sebuah wilayah Luar Negeri Inggris, tapi pemerintahannya berada di Selandia Baru. Kawasan ini juga dipandang menjadi sebuah wilayah paling sedikit yang ada di dunia, karena hanya ada 50 penduduk tahun 2018 lalu. Penduduk setempat bila memerlukan kebutuhan medis, harus pergi ke Selandia Baru atau Fiji. 

Palung Mariana.

Photo :
  • Nordic Life

Palung Mariana merupakan bagian laut terdalam yang ada di dunia. Palung ini berada di Samudera Pasifik Barat dengan bentuk layaknya bulan sabit. Sejak jutaan tahun yang lalu, bentuk Palung Mariana terpengaruh dengan subduksi laut. Menurut National Geographic, palung ini memiliki kedalaman 11.034 meter. Palung mariana menjadi tempat di bumi yang jarang dikunjungi manusia dan bahkan tidak terjamah lantaran sangat dalam. 

9. Pulau Devon

Pulau Devon

Photo :
  • Nasa.gov

Pulau yang berada di Kanada ini menjadi salah satu tempat di bumi yang jarang dikunjungi manusia. NASA melukiskan bahwa pulau tersebut adalah gurun kutub. Hal ini lantaran Pulau Devon tertutup es dan berada di Arktik Kanada. Pulau ini juga menjadi pulau tidak berpenghuni terbesar yang ada di dunia. 

Hal ini karena suhunya yang ekstrem sehingga tidak ada manusia yang dapat tinggal sejak tahun 1930-an. Walaupun demikian, pulau ini dipakai untuk penelitian oleh NASA. Pulau Devon dianggap mempunyai kondisi mirip Mars sehingga NASA menguji peralatannya di tempat ini. 

10. Pulau Surtsey

Surtsey adalah salah satu pulau vulkanik yang berada di Islandia dan menjadi tempat di bumi yang jarang dikunjungi manusia. Pulau tersebut hanya dibuka untuk kepentingan penelitian saja. Ilmuwan dan peneliti yang boleh mengunjungi tempat ini hanya yang sudah terlatih. 

Pulau Surtsey berada di lepas pantai selatan Islandia dan terbentuk karena letusan gunung berapi yang pernah terjadi antara tahun 1963 dan juga 1967. UNESCO mengatakan bahwa pulau ini menjadi sebuah wilayah yang masih perawan dari manusia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya