8 Fakta Menarik Hagia Sophia, Museum Jadi Masjid di Istanbul Turki

Hagia Sophia
Sumber :
  • Instagram @masjid_hagia_sophia

VIVA – Museum Hagia Sophia yang terkenal di dunia di Istanbul awalnya didirikan sebagai katedral. Kini telah diubah kembali menjadi masjid. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan keputusan tersebut setelah pengadilan membatalkan status museum situs tersebut. Presiden Turki itu mengeluarkan dekrit untuk mengubah museum menjadi masjid pada 21 Agustus 2020. 
Dibangun 1.500 tahun yang lalu sebagai katedral Kristen Ortodoks, Hagia Sophia diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman pada tahun 1453. Pada tahun 1934 menjadi museum dan sekarang menjadi situs Warisan Dunia Unesco. Inilah deretan fakta Hagia sophia "Museum jadi Maejid" di Istanbul Turki.

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal

Katedral Terbesar di Dunia

Bangunan Hagia Sophia di Turki.

Photo :
  • vstory
Pemprov DKI Tak Gelar Solat Idul Fitri di JIS

Hagia Sophia, Ayasofya Turki, Sancta Sophia Latin, juga disebut Gereja Kebijaksanaan Suci atau Gereja Kebijaksanaan Ilahi, sebuah struktur Bizantium penting di Istanbul dan salah satu monumen besar dunia. Itu dibangun sebagai gereja Kristen pada abad ke-6 M (532–537) di bawah arahan kaisar Bizantium Justinian I. Pada abad-abad berikutnya menjadi masjid, museum, dan masjid lagi. Bangunan ini mencerminkan perubahan agama yang telah terjadi di wilayah tersebut selama berabad-abad, dengan menara dan prasasti Islam serta mosaik Kristen yang mewah.

Sejarah Hagia Sophia

Prabowo-Erdogan Bahas Potensi Kerja Sama Indonesia-Turki dan Penyelesaian Konflik Palestina

Hagia Sophia

Photo :
  • U-Report

Gereja asli di situs Hagia Sophia dikatakan telah diperintahkan untuk dibangun oleh Konstantinus I pada tahun 325 di atas fondasi kuil pagan. Putranya, Konstantius II, mensucikannya pada tahun 360. Itu rusak pada tahun 404 oleh kebakaran yang meletus selama kerusuhan setelah pengasingan kedua St. John Chrysostom, yang saat itu menjadi patriark Konstantinopel. 
Itu dibangun kembali dan diperbesar oleh kaisar Romawi Constans I. Bangunan yang dipugar ini didedikasikan kembali pada tahun 415 oleh Theodosius II. Gereja dibakar lagi dalam pemberontakan Nika pada Januari 532, suatu keadaan yang memberi Justinian I kesempatan untuk membayangkan pengganti yang bagus.

Hagia Sophia Dijarah

Hagia Sophia di Istanbul, Turki.

Photo :
  • LiveScience.

Hagia Sophia yang dihasilkan dibangun dalam waktu yang sangat singkat yaitu sekitar enam tahun, selesai pada tahun 537 M. Tidak biasa untuk periode di mana ia dibangun, nama-nama arsitek bangunan Anthemius dari Tralles dan Isidorus dari Miletus sangat terkenal, begitu juga keakraban mereka dengan mekanika dan matematika. 

Struktur yang sekarang berdiri pada dasarnya adalah bangunan abad ke-6, meskipun gempa bumi menyebabkan keruntuhan sebagian kubah pada tahun 558 (dipulihkan 562) dan ada dua keruntuhan parsial lebih lanjut, setelah itu dibangun kembali ke skala yang lebih kecil dan seluruh gereja diperkuat dari luar. Itu dipulihkan lagi pada pertengahan abad ke-14. Selama lebih dari satu milenium, itu adalah Katedral Patriarkat Ekumenis Konstantinopel. Itu dijarah pada tahun 1204 oleh Venesia dan Tentara Salib pada Perang Salib Keempat.

Hagia Sophia Diubah Jadi Masjid oleh Mehmed II

Hagia Sophia di Istanbul, Turki.

Photo :
  • Instagram @thehagiasophiagrandmosque.

Setelah penaklukan Konstantinopel oleh Turki pada tahun 1453, Mehmed II mengubahnya menjadi masjid, dengan penambahan menara kayu (di bagian luar, menara yang digunakan untuk azan), lampu gantung besar, mihrab (ceruk yang menunjukkan arah Mekah), dan mimbar (mimbar). Entah dia atau putranya Bayezid II mendirikan menara merah yang berdiri di sudut tenggara bangunan. Menara kayu asli tidak bertahan. Bayezid II mendirikan menara putih sempit di sisi timur laut masjid. Dua menara identik di sisi barat kemungkinan ditugaskan oleh Selim II atau Murad III dan dibangun oleh arsitek Ottoman terkenal Sinan pada tahun 1500-an.

Hagia Sophia Dijadikan Museum

Masjid Hagia Sophia Turki

Photo :
  • istanbulvision

Pada tahun 1934 Pres Turki. Kemal Atatürk mensekulerkan bangunan tersebut, dan pada tahun 1935 dijadikan museum. Pada tahun 1985 Hagia Sophia ditetapkan sebagai komponen situs Warisan Dunia UNESCO yang disebut Area Bersejarah Istanbul, yang mencakup bangunan dan lokasi bersejarah utama kota itu. 

Hagia Sophia Kembali Dijadikan Masjid

Hagia Sophia

Photo :
  • Instagram @masjid_hagia_sophia

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdo?an membuat keputusan kontroversial pada tahun 2020 untuk mengubah bangunan itu kembali menjadi masjid. Doa Islam diadakan tak lama setelah pengumuman dengan tirai sebagian menyembunyikan citra Kristen bangunan. Sebagai tujuan wisata paling populer di Turki, Hagia Sophia tetap terbuka untuk pengunjung.

Arsitektur Menarik

Hagia Sophia

Photo :
  • Instagram @masjid_hagia_sophia

Hagia Sophia menggabungkan basilika membujur dan bangunan terpusat dengan cara yang sepenuhnya orisinal, dengan kubah utama berukuran 32 meter (105 kaki) yang ditopang pada liontin dan dua semidome, satu di kedua sisi sumbu memanjang. Meskipun basilika berkubah Justinian adalah model dari mana arsitektur Bizantium dikembangkan, Hagia Sophia tetap unik, dan tidak ada upaya yang dilakukan oleh pembangun Bizantium untuk menirunya. 

Dalam denah bangunan itu hampir berbentuk bujur sangkar, tetapi, jika dilihat dari dalam, tampak persegi panjang, karena semidome besar di timur dan barat memperpanjang efek atap. Ada tiga lorong yang dipisahkan oleh kolom dengan galeri di atasnya dan dermaga marmer besar menjulang di kedua ujungnya untuk menopang kubah. 

Kolomnya terbuat dari marmer terbaik, dipilih karena warna dan variasinya, sedangkan bagian bawah dinding dilapisi lempengan marmer. Dinding gorden (dinding luar tanpa beban) di atas galeri dan dasar kubah ditembus oleh jendela, yang di bawah sinar matahari mengaburkan penyangga dan memberi kesan bahwa kanopi mengapung di udara.
Seperti cornice dan ibu kota yang diukir dengan rumit, kolom marmer bertahan, tetapi sisa dekorasi asli, termasuk sebagian besar mosaik yang menghiasi bagian atas dinding dan atap, telah musnah. Mereka semua dijelaskan dalam istilah yang paling bersinar oleh para penulis awal. Tapi cukup bertahan untuk menjamin dimasukkannya Hagia Sophia dalam daftar bangunan terbesar di dunia.

Mosaik Hagia Sophia

Hagia Sophia

Photo :
  • Instagram @masjid_hagia_sophia

Sejarawan seni menganggap mosaik bangunan yang indah sebagai sumber utama pengetahuan tentang keadaan seni mosaik pada masa tak lama setelah berakhirnya Kontroversi Ikonoklastik pada abad ke-8 dan ke-9. Bagian dari dekorasi ulang yang dilakukan gereja pada paruh terakhir abad ke-9 telah terungkap belakangan ini. 

Dalam warna dan teknik mereka, ini menunjukkan kelanjutan dari tradisi Bizantium awal: preferensi untuk warna yang agak kuat dan jelas dan efek yang diciptakan oleh teknik seperti memiringkan tessera dan memutar kubus emas. Keasyikan dengan cahaya tampak lebih kuat dari sebelumnya: di tempat-tempat dengan penerangan yang buruk di ruang depan dan galeri, tanah emas menampilkan persentase tinggi kubus perak di antara yang emas untuk menambah kilauan. 

Secara gaya, landasan baru telah dipatahkan. Khususnya di wajah, tessera diatur dalam garis bergelombang yang memecah pemodelan dalam konfigurasi seperti pita. Linearisme (ekspresi bentuk dalam hal garis daripada warna dan nada) telah mengambil langkah maju yang besar. Dalam penataan dan distribusi gambar, fitur baru terlihat. Kecenderungan untuk menggambarkan figur mosaik seperti ikon, tidak bergerak, yang diisolasi pada latar belakang emas memiliki preseden pra-Ikonoklastik, tetapi sejak abad ke-9 dan seterusnya, hal itu menjadi prinsip dekoratif utama.

Gambar abad kesembilan belas menunjukkan bahwa dekorasi Hagia Sophia juga mencakup rangkaian lengkap para santo. Dari orang-orang kudus ini, yang berdiri berjajar di dinding bagian atas galeri, hanya sedikit yang selamat. Menurut gambar, orang-orang dari zona tengah mewakili para nabi dan orang-orang dari uskup suci yang lebih rendah digambarkan. Lebih tinggi mungkin ada penjaga malaikat dan, di tengah kubah, mungkin mosaik Kristus. Disposisi gambar, dengan kata lain, mungkin sesuai dengan apa yang saat ini sedang dicoba terutama untuk arsitektur gereja baru dan yang akan menjadi sistem dekorasi yang diterima di gereja-gereja Bizantium tengah.

Itulah deretan fakta tentang Hagia Sophia. Apakah kamu tertarik berkunjung ke Istanbul Turki dan melihat Masjid Hagia Sophia secara langsung?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya