Menakjubkan! 11 Tempat Wisata di Batam yang Sedang Hits dan Memesona

Ocarina Batam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada banyak tempat wisata di Batam yang sedang populer dan wajib dikunjungi oleh para pelancong. Batam memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan menakjubkan. Mulai dari pantai pasir putih, pulau yang indah, sampai jembatan yang khas Kota Batam. Kota ini bukan hanya dimanfaatkan untuk berwisata saja, tapi juga sebagai lokasi bisnis lantaran berdekatan dengan Singapura.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Tempat wisata di Baa mini sangat cocok untuk menjadi pilihan ketika ingin berlibur bersama teman-teman atau keluarga. Selain itu, Kota Batam yang berada di Kepulauan Riau ini meruoakan kota ketiga dengan penduduk terbanyak di Sumatera. Kota ini memang berkembang sangat pesat, terutama untuk sektor parawisata. Inilah sebabnya alasan mengapa Batam layak menjadi sebuah destinasi wisata yang unik dan menarik. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Batam.

Lantas, Apa Saja Tempat Wisata di Batam?

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

1. Pulau Ranoh

Pulau Ranoh

Photo :
  • Tangkapan Layar
Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Batam juga memiliki wisata bahari yang menakjubkan, dan Pulau Ranoh adalah salah satunya. Pulau ini sangat menawan dengan pantai yang bersih dan pasir putih. Banyak turis asing datang ke pulau ini untuk menikmati pesta visual. Tempat wisata di Batam ini masih sangat alami, sehingga keindahannya akan membuat kamu takjub. Saat kamu bermain di air, ikan berwarna-warni akan berenang di antara terumbu karang.

Ada banyak aktivitas di Pulau Ranoh, selain bersantai dan menikmati pulau tropis ini, kamu juga bisa menyelam atau snorkeling. Airnya yang jernih akan memudahkan kamu untuk melihat keanekaragaman bawah laut yang mempesona. Selain itu, fasilitas di pulau ini juga sangat lengkap sehingga sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan. Di tempat wisata populer ini, kamu juga bisa melakukan hunting foto yang menarik. Lokasinya terletak di Sukajadi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam.

2. Ocarina Batam Theme Park

Ocarina Batam.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Batam ini bisa menjadi tujuan wisata saat kamu berkunjung ke Batam. Dengan luas sekitar 40 hektar, terdapat puluhan taman bermain diantaranya water park, taman anak-anak, roda raksasa, trampoline, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di Bengkong Sadai, Batam, Kepulauan Riau.

3. Pulau Mubut

Pulau Mubut

Photo :
  • Tangkapan Layar

Salah satu pulau yang tidak berpenghuni di Batam adalah Pulau Mubut yang juga dikenal dengan Pulau Mubut Dalat. Di sini kamu akan merasakan keindahan pulau tropis yang alami ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Batam ini. Di pulau ini, kamu bisa bersantai dan menyaksikan deburan ombak dan pantai berpasir putih. Kemudian saat senja, kamu akan melihat matahari terbenam di sore hari. Lokasinya berada di Sembulang, Galang, Batam, Kepulauan Riau.

4. Welcome to Batam

Tulisan Welcome to Batam di atas bukit yang menjadi ikon Kota Batam, Kepri.

Photo :
  • ANTARA/Naim

Tempat wisata di Batam yang paling populer dan wajib dikunjungi adalah lambang Kota Batam yang artinya “Welcome to Batam”. Kamu dapat melihat tulisan tersebut di bukit bernama Clara Hill, menghadap ke terminal feri internasional pusat Batam.

Teks yang berada di tempat wisata di Batam ini sekali lagi populer, wajib dikunjungi, dan menjadi salah satu ikon tempat wisata tersebut. Kamu bisa berfoto selfie bersama keluarga dan teman dengan tulisan "Welcome to Batam" di latar belakang. Berfoto dengan latar belakang Kota Batam yang ikonik tentunya tidak boleh kamu lewatkan.

5. Jembatan Barelang

Barelang, Batam

Photo :

Jembatan Barelang merupakan tempat wisata di Batam yang sekali lagi populer dan wajib dikunjungi, menawarkan pemandangan yang indah. Jembatan ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batam. Keindahan Jembatan Barelang mirip dengan Jembatan Golden Gate di San Francisco.

Tempat wisata di Batam ini cocok bagi kamu yang ingin berfoto dengan tema romantis. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Batam ini pada pagi atau sore hari agar dapat mengabadikan momen sunrise dan sunset dengan jelas dari sana.

6. Pulau Tunjuk

Pulau Tunjuk

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pulau Tunjuk memang tidak terlalu terkenal, namun keindahan yang ditawarkannya bisa dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Batam yang popularitasnya sudah begitu bergema. Pantai berpasir putih dan ombak yang tenang menjadi daya tarik tersendiri tempat wisata di Batam ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau yang berada di tenggara Kota Batam ini adalah ketika pagi hari sambil menikmati keindahan sunrise di timur. Selain sensasi yang sangat sejuk, kamu juga bisa menikmati panorama alam Batam di pagi hari yang tak kalah indahnya.

7. Pulau Petong

Pulau Petong

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pulau Petong adalah tempat terbaik bagi para penyuka snorkeling dan pecinta diving untuk menikmati eksotisme dunia bawah laut. Kamu dapat melihat semua jenis karang dan hewan laut yang mempesona di sini. Dunia bawah laut tidak hanya sejuk, penuh dengan ikan warna-warni dan biota laut unik lainnya, suasana di sini juga sangat menarik, ini adalah tujuan kamu untuk "melarikan diri" dari hiruk pikuk kota yang penuh aktivitas.

8. Bukit Tanjung Tritip

Bukit Tanjung Tritip

Photo :
  • Tangkapan Layar

Selain banyak lautan yang mempesona, Batam juga menawarkan kegiatan rekreasi di lereng bukit. Gunung Tanjung Tritip juga dikenal luas sebagai Gunung Cinta. Kamu akan menikmati pemandangan Kota Batam dari ketinggian yang begitu menawan. Terlebih lagi, ada pulau-pulau yang tersebar yang membuat lukisan Tuhan ini semakin mempesona. Tempat wisata di Batam ini sangat cocok untuk menghilangkan penat dan mencari foto instagramable.

9. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kampung ini sudah ada sejak lama, tapi tetap menjadi salah satu tempat wisata di Batam yang paling hits. Kampung Vietnam adalah sebuah perjalanan sejarah yang sebelumnya digunakan sebagai tempat pengungsian penduduk Vietnam akibat konflik internal. Warga Vietnam ini berhasil melarikan diri ke Indonesia setelah naik perahu ke Pulau Galang di Batam.

Sampai saat ini, kamu masih bisa melihat kapal-kapal yang diduga digunakan saat itu. Selain itu, tidak ada penduduk di pulau ini, dan ada beberapa bangunan atau reruntuhan yang sengaja ditinggalkan. Kini Kampung Vietnam menjadi tempat yang sangat menarik yang bisa dijadikan sebagai objek wisata.

10. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Photo :
  • Tangkapan Layar

Jika kamu berada di Batam, tempat ini juga bisa menjadi pilihan lain. Naiki tangga yang tinggi dan panjang dan kamu akan melihat pemandangan yang menakjubkan. Pantai dan perbukitan yang indah akan langsung menyapa pandanganmu. Lokasinya memang cukup tersembunyi, namun setelah fotonya tersebar luas di media sosial, sangat populer. Saat matahari terbenam, langit menjadi kemerahan dan pemandangan semakin indah.

11. Pantai Marina

Pantai Marina.

Photo :
  • U-Report

Pantai Marina adalah salah satu tempat wisata di Batam yang sedang populer dan wajib untuk dikunjungi. Pantai ini berada di dalam sebuah resort mewah yang bernama Marina Water Front City. Pantai yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai lokasi melepas kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan. Destinasi wisata ini juga cocok untuk bersantai sembari menikmati keindahan pantai. Kamu dapat menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi wisata tujuan bersama keluarga atau pasangan.

Ilustrasi kiamat.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Al Quran dan penelitian ilmiah mengungkap berbagai teori dan fenomena yang menandakan kedatangan kiamat. Ajaran Islam telah lama mengakui kepercayaan akan hari kiamat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024