10 Tempat Wisata di Jambi Terpopuler, Hits, dan Bersejarah

Tugu Pers
Sumber :
  • Instagram @dheje_ckm

VIVA Tempat wisata di Jambi memiliki panorama yang menakjubkan. Jambi merupakan daerah di Pulau Sumatera yang memiliki ragam destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur kamu. Tak hanya wisata alam dan wisata buatan saja yang bisa kamu nikmati. Kamu juga bisa menemukan wisata sejarah yang disana. Berikut rekomendasi tempat wisata di Jambi yang memikat.  

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

1. Jambi Paradise

Jambi Paradise

Photo :
  • Instagram @jambiparadise
Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Jambi paradise merupakan destinasi wisata baru yang ada di Jambi. Di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai wahana yang menarik dan psangat cocok untuk liburan bersama keluarga, teman, atau pasangan kamu. Karena masih dianggap baru, tempat cukup ramai saat waktu liburan tiba.

Beragam wahana Jambi Paradise yang wajib kamu coba saat berada di tempat wisata ini seperti flying fox, jembatan gantung, boat atau perahu, balon, sepeda air, labirin, sewa sepeda dan motor ATV, labirin, dan berbagai wahana lain yang tak kalah seru tentunya. Untuk fasilitas tempat wisata ini ada musholla, foodcourt, toilet, pondokan, serta gazebo. Disini juga memiliki spot foto yang menarik lho. Jadi tempat wisata di Jambi yang satu ini sangat cocok buat kamu yang gemar foto-foto.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tarif Tiket Kereta Api Usai Lebaran, Ini Daftarnya

Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 09.30 – 18.00 WIB. Untuk harga tiketnya Rp30.000 setiap harinya. Wisata Jambi Paradise berlokasi di Desa Talang Belido, Simpang Acai, Kebon IX, Sungai Gelam, Mekar Jaya, Sungai Gelam, Kota Jambi, Jambi 36361.

2. Danau Kaco

Danau Kaco, Jambi.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Jambi ini memiliki pesona airnya yang jernih kebiruan seperti kaca. Konon katanya, ada legenda yang berkembang dari sana. Melalui cerita yang dipercaya turun-temurun, kilauannya air di Danau Kaco ini datang dari intan titipan milik para pemuda yang ingin melamar putri seorang raja bernama Raja Gagak. Keindahan Danau Kaco ini membuat wisatawan terpana melihatnya. Tiket masuk saat weekday maupun weekend sebesar Rp5.000. Danau kaco mulai buka pukul 09.00 dan tutup jam 18.00 WIB. Lokasi Danau Kaco ada pada satu kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Desa Lembur, Kecamatan Gunung Raya. 

3. Taman Mini Jambi

Taman Mini Jambi

Photo :
  • tamanmini.com

Tempat wisata di Jambi yang satu ini adalah yang paling lengkap. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi menjadi salah satu objek wisata andalan yang terdapat di Kota Jambi. Kompleks ini merupakan tempat wisata terpadu yang menawarkan sarana olahraga, taman rekreasi dan wisata budaya. 

Konsep dari wisata ini mirip dengan Taman Mini Indonesia yang berlokasi di Jakarta. Bedanya, destinasi wisata ini menghadirkan berbagai rumah tradisional dan miniatur candi khas daerah Jambi. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati jembatan gantung yang disediakan di tempat wisata ini. Tempat wisata ini beroperasi setiap hari. Harga tiket masuk sebesar Rp10. 000, untuk orang dewasa dan Rp 8.000, untuk anak-anak. Tarif parkir Rp3000, untuk motor dan Rp5000, untuk mobil. Lokasi berada di Sungai Lilin, Kec. Tanah Sepenggal Lintas, Kab. Bungo, Jambi.

4. Menara Gentala Arasy 

Menara Gentala Arasy 

Photo :
  • Instagram @gentala.arasy

Menara Gentala Arasy merupakan museum budaya yang populer sebagai simbol Islam di Kota Jambi. Tempat wisata museum di Jambi ini menjadi rumah bagi ratusan koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Islam di Jambi. Koleksi-koleksi tersebut diperoleh dari para ulama yang menghibahkannya, dibeli, ataupun dipinjam dari beberapa lembaga. Wisata Menara Gentala Arasy buka setiap hari dari pukul 05.30 - 24.00 WIB. Para wisatawan dikenakan tiket masuk seharga Rp2.000 - Rp5.000 per orang. Lokasi tempat wisata ini berada di Arab Melayu, Pelayangan, Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi.

Pada sore hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan di sebuah jembatan yang dibangun dekat dengan tempat wisata di Jambi ini, Jembatan Gentala Arasy. Jembatan yang dibangun dengan anggaran delapan puluh delapan milyar rupiah ini memiliki pemandangan yang terkenal luar biasa cantik dihiasi lampu-lampu pada malam hari.

5. Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman Anggrek Sri Soedewi

Photo :
  • Instagram @tamananggrekjambi

Tempat wisata di Jambi lainnya ada Taman anggrek Sri Soedewi. Taman ini berada di Jalan Ahmad Yani atau di depan kantor gubernur Jambi. Tempat wisata ini menyediakan informasi mengenai cara perawatan anggrek yang baik dan tepat sesuai dengan jenisnya. Tempat wisata di Jambi ini banyak didatangi penggemar bunga dari dalam maupun luar kota. Para pengunjung bisa menemukan lebih dari 60 jenis bunga anggrek di taman seluas 2,5 hektar ini. 

Taman Anggrek ini dibuka setiap hari Senin – Minggu mulai pukul 08.00 WIB - 17.30 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp4.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Khusus untuk rombongan yang lebih dari 10 orang, akan mendapatkan potongan harga seribu rupiah per tiket. Lokasi tempat wisata berlokasi di Jl. A Yani, Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361.

6. Pasar Keramik Sitimang

Pasar Keramik Sitimang

Photo :
  • dictio.id

Pasar Keramik Sitimang Jambi merupakan sebuah pasar yang menjual beragam dagangan barang-barang keramik dan juga barang antik. Pasar ini telah dikenal sebagai pusat penjualan keramik di Jambi sejak tahun 1980an. Pasar Keramik Sitimang ini telah menjadi tempat wisata bagi para pemburu barang antik.

Jika kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan melihat keramik dengan pola dan ukiran yang indah. Keramik-keramik tersebut sebagian besar dihasilkan oleh tangan-tangan pengrajin lokal terkenal di Jambi. Pasar Keramik Sitimang buka selama 24 jam, yang berlokasi di Jl. Doktor Wahidin, Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi.

7. Taman Wisata Air Gelam Oasis

Taman Wisata Air Gelam Oasis

Photo :
  • Twitter @GelamOasis

Tempat wisata di Jambi selanjutnya ada objek tempat wisata Air Gelam Oasis. Tempat wisata yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin berliburan  bersama keluarga. Di tempat terdapat wahana -wahana yang menarik seperti flying fox, kolam berenang, wisata air, dan lainnya.

Wisata air Gelam Oasis ini, berlokasi di Jalan Petaling Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Untuk tiket masuknya, kamu harus membayar Rp30.000 per orang di hari biasa, sedangkan di akhir pekan atau libur nasional harganya Rp 35.000 per orang. Dan jika kamu ingin menaiki wahana lainnya, tentu saja dikenakan biaya tambahan seperti Flying Fox, sewa saung dan sebagainya.

8. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi.

Photo :
  • U-Report

Situs bersejarah yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Jambi adalah Candi Muaro Jambi. Candi ini disebut-sebut sebagai candi terluas di Asia Tenggara. Luas total kompleks Candi Muaro Jambi ini mencapai 12 km persegi, atau sekitar 8 kali lebih luas dari Candi Borobudur. Bahkan, kamu bisa menemukan beberapa candi sekaligus di tempat ini, seperti Candi Vando Astano, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kembar Batu, Candi Gedong 1, Candi Gedong 2, dan kolam Talaga Rajo. 

Harga tiket masuknya sebesar Rp5.000 per orang. Karena memang kompleks candi Muaro Jambi ini sangat luas, kamu bisa menyewa sepeda onthel seharga Rp.10.000. Lokasi tempat wisata ini beralamat di Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

9. Tugu Pers

Tugu Pers

Photo :
  • Instagram @dheje_ckm

Tugu pers merupakan simbol kebebasan media massa untuk dapat melakukan kontrol sosial. Terlebih lagi pers menjadi salah satu pilar dalam menjalankan demokrasi yang ada di Indonesia. Tempat wisata di Jambi ini berdiri sejak Februari 2012, dan dijadikan untuk memperingati kebebasan pers yang ada di kota Jambi. 

Tugu Pers ini kini menjadi ciri khas dari kota Jambi. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan momen di Tugu Pers. Selain itu para pengunjung juga bisa mencicipi kuliner yang ada disana.Tugu Pers ini berada Jl. Sultan Agung, Lb. Bandung, Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi. Bangunan monumental itu bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam dan tidak dikenakan biaya retribusi.

10. Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun

Photo :
  • Instagram @panoramakerinci

Rekomendasi tempat wisata di Jambi yang terakhir yaitu Air terjun Talang kemulun. Wisata air ini memiliki pesona keindahan yang bikin takjub para pengunjung. Wisata indah ini menjadi salah satu tempat wisata alam di Jambi yang cukup tersembunyi di Kerinci Jambi. Suasana yang asri, dan sejuk, membuat para pengunjung betah berlama-lama disini. Lokasi tempat ini tak jauh dari pusat kota.

Terdapat sekitar 12 tingkatan tangga yang ada di obyek wisata di Jambi ini. Setiap tingkatannya akan memberikan sensasi yang berbeda kepada para pengunjung yang datang. Di lokasi yang sama, para pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis batu seperti batu akik di setiap undakannya. Air yang mengalir di wisata Jambi kota ini sangat jernih dan dingin sehingga mampu merileksasikan pikiran dan badan. Lokasi Air Terjun Talang Kemulun berada di kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) tepatnya berada di Desa Kemulun Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Jambi yang dikutip dari berbagai sumber. Rekomendasi tempat wisata di Jambi ini bisa dijadikan destinasi wisata liburan akhir pekan kamu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol kesehatan ya. Selamat berlibur.

Band All Time Low

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Konser Forever: Live in Jakarta ini diharapkan akan menarik minat banyak pecinta musik, terutama mereka yang menyukai pop-punk, rock alternatif, dan emo di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024