20 Tempat Wisata di Manado, Didominasi Wisata Alam yang Indah!

Tempat Wisata di Manado
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tempat wisata di Manado menjadi salah satu dari sekian melimpahnya tempat wisata di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa masing-masing wilayah di Tanah Air pasti memiliki destinasi wisatanya. Tempat wisata di Manado menyuguhkan banyak destinasi yang menarik untuk para wisatawan kunjungi.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Manado yang berada di Sulawesi Utara ini dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan memanjakan mata. Menawannya tempat wisata di Manado ini menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Berikut ini tempat wisata di Manado yang direkomendasikan dan sudah Viva rangkum dari berbagai sumber:

1. Pulau Bunaken

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

bunaken

Photo :

Tempat wisata di Manado yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak dikenal bahkan tak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara. Dikenal juga sebagai Taman Laut Bunaken, tempat ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa indah dengan dihiasi biota lautnya. Taman Laut Bunaken ini berlokasi di Pantai Liang, Wori, Sulawesi Utara.

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

2. Pulau Siladen

Pulau Siladen SUlawesi Utara.

Photo :
  • U-Report

Pulau Siladen juga tak kalah indahnya dari Pulau Bunaken sebelumnya, pulau ini memiliki pantai pasir putih bersih yang menjadi pesonanya. Para juga wisatawan bisa menyelam untuk melihat keindahan bawah laut yang ditawarkan. Karena berada di sebelah timur Pulau Bunaken, wisatawan dapat menaiki perahu motor untuk ke Pulau Siladen dengan waktu kurang lebih 45 menit saja.

3. Air Terjun Kima

Air Terjun Kima Atas.

Photo :
  • U-Report

Salah satu tempat wisata di Manado yang paling disukai pengunjung adalah Air Terjun Kima. Air terjun ini berada di Distrik Kima Atas dan lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Manado. Terdiri dari tingkatan arus yang tidak terlalu deras, air terjun uni bisa dikatakan aman untuk para pengunjung yang ingin berenang di genangan airnya. Udara yang menyegarkan aka kamu dapati karena air terjun ini dikelilingi oleh banyak pepohonan.

4. Taman Margasatwa Tandurusa

Taman Margasatwa Tandurusa

Photo :
  • Instagram @theveryhungrykaterpilla

Para pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini akan melihat hewan-hewan khas Sulawesi seperti monyet hitam, babirusa dan berbagai jenis burung. Destinasi wisata ini juga dapat menambah wawasan tentang binatang dan cocok dikunjungi bersama keluarga. Taman Margasatwa Tandurusa terletak di Jl Aertembaga Regency dengan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Manado.

5. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang, Manado

Photo :
  • Agustinus Hari/VIVA.co.id

Suasana pantai memang selalu menyuguhkan pesona yang indah. Berjarak tidak terlalu jauh dari pusat kota Manado yakni 4 km, Pantai Malalayang ini dapat kamu nikmati pemandangan bawah lautnya. Bagi pengunjung yang ingin menyelam tidak perlu khawatir karena sudah ada tempat penyewaan peralatan selam di tempat ini. Kamu juga dapat bermain pasir hitam dengan aman karena ombak pantainya relatif tenang.

6. Arung Sawangan

Arung Sawangan

Photo :
  • Instagram @nhoer_ode

Bagi pengunjung yang suka wisata outbound, kamu dapat mengunjungi Arung Sawangan untuk bermain arung jeram. Aliran sungai yang dimiliki Sunga Sawangan ini diketahui cukup deras dan pastinya adrenalin kamu akan tertantang dan terapcu oleh permainan ini.

Sekeliling sungai juga dipenuhi dengan pohon-pohon hijau dan bahkan terkadang kamu bisa melihat monyet-monyet liar sedang bergelantungan di pohon. 

7. Pantai Canada

Pantai Canada

Photo :
  • Instagram @moses.jlee

Sama seperti pantai-pantai pada umumnya, Pantai Canada ini memiliki pemandangan yang memukau karena memiliki berbagai macam hiasan alam yang menghiasinya. Tempat ini sangat menjadi rekomendasi untuk para wisatawan. Hiasan-hiasan alam yang terbentuk juga mempercantik tempat ini karena terlihat seperti gerbang. 

8. Bukit Teletubbies

Bukit teletubbies, Luwuk, Banggai

Photo :
  • Instagram luwuktrip

Nama Teletubbies diberikan pada bukit ini karena memang tempatnya mirip seperti pemandangan bukit yang ada di film Teletubbies. Hamparan hijau yang indah akan pengunjung lihat sejauh mata memandang. Bukit ini cukup luas dan dan masih alami sehingga dapat menyegarkan energi kita. Kamu juga akan melihat suburnya ilalang-ilalang yang tumbuh dan membentang luas.

9. Rumah Alam Manado Adventure Park

Rumah Alam Manado Adventure Park

Photo :
  • Instagram @rumahalam.manado

Tempat wisata di Manado selanjutnya yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga yakni adalah Rumah Alam Manado Adventure Park. Aktivitas yang mengenai alam dapat kamu lakukan di tempat yang berlokasi di Jalan Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Mapanget, Manado ini. Beberapa aktivitas alam yang dapat dilakukan tersebut antara lain seperti extreme rappelling, zorbing hingga mengendarai ATV. Kamu yang suka mengabadikan momen juga dapat berfoto ria di tempat ini karena memiliki banyak spot yang Instagramable.

10. Batu Dinding Kilo Tiga

Batu Dinding Kilo Tiga

Photo :
  • Instagram @piknikyukindonesia

Batu Dinding Kilo Tiga merupakan tebing alami dengan bentuk yang sangat unik. Hal itu dikarenakan tingginya yang mencapai 90 meter dan permukaannya berbentuk seperti jajaran balok tingkat yang tersusun tidak seperti tebing-tebing yang ada pada umumnya. Batu Dinding Kilo Tiga ini lokasinya ada di Buyungon, Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan. Tempat ini juga biasanya dijadikan untuk berolahraga panjat tebing karena memiliki lintasan yang cukup sulit dan menantang. 

11. Pantai Pulisan

Pantai Pulisan Sulawesi Utara

Photo :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari (Manado)

Pantai Pulisan ini dikenal dengan pasir putihnya yang cantik dan memesona. Pantai ini juga dilengkapi dengan spot alamnya yang lengkap yakni didampingi dengan bukit savana hijau yang membentang luas. Ada juga pepohonan yang dapat meneduhkan dan birunya lautan dengan bawah lautnya yang menjadi panorama indah berisi koral yang berwarna-warni.

12. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga di Minahasa Utara.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Manado memang banyak diisi dengan pulau-pulau tropis dengan pemandangan yang menggiurkan mata. Salah satunya seperti Pulau Lihaga yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi. Kamu akan disuguhkan dengan air lautnya yang jernih dan biru serta lembutnya pasir putih. Pengunjung juga ditawarkan untuk bisa diving dan snorkeling di bawah laut yang pastinya akan mengesankan.

13. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

Photo :
  • Instagram @nico165tt

Satu lagi pulau yang menjadi tempat wisata di Manado yakni Pulau Manado Tua. Pulau ini juga merupakan gugusan dari Taman Nasional Bunaken. Keindahan bawah lautnya tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Terdapat juga atraksi wisata alam seperti trekking untuk menuju puncak Bowon Tehung. 

14. Pantai Patokan

Pantai Patokan dan Tanjung Silar di Sulawesi Utara

Photo :
  • VIVA/Agustinus Hari

Pantai yang satu ini lokasinya memang cukup jauh dan tersembunyi dari pusat kota Manado. Namun untuk pemandangannya jangan ditanya lagi sudah pasti memuaskan mata dan perjalanan yang jauh akan terasa terbayarkan. Pantai Patokan ini terletak di Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Eksotisnya pemandangan pantai dan pasir putihnya yang halus bahkan disebut mirip dengan Pantai Navagio di Pulau Zakynthos, Yunani yang dikenal mendunia. Pantai ini diapit oleh dua tebing dan terdapat laguna yang berwarna hijau kebiruan dan sangat jernih. 

15. Air Terjun Ratahan Telu

Air Terjun Ratahan Telu

Photo :
  • Instagram @kotatinutuan

Satu lagi air terjun yang menjadi salah satu tempat wisata di Manado yakni adalah Air Terjun Ratahan Telu. Air terjun ini ini sangat disukai oleh para pecinta alam karena kondisi alamnya yang masih asri dan tidak terlalu ramai. Jadi, cocok untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran dan menyegarkan diri dari penatnya suasana kota. Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Manado, yakni tepatnya terletak di Jalan Pineleng-Kali, Kali, Pineleng, Kabupaten Minahasa.

16. Yesus Memberkati Statue

Yesus Memberkati Statue

Photo :
  • Instagram @henryheoy

Patung Yesus Memberkati ini menjadi salah satu ikon wisata religi di kota Manado. Selain itu, patung yang terletak di  di Winangun Satu, Kecamatan Malalayang, Kota Manado ini juga menyimbolkan bahwa kota Manado diberkati. Monumen patung ini memiliki tinggi yang mencapai 50 meter dan kemiringan 20 derajat. Pemandangan kota Manado yang indah dapat pengunjung lihat dari monumen patung ini seperti Pulau Manado Tua, Bunaken, dan Gunung Kablat. Pengunjung dapat menaiki tangga dari jalan setapak untuk mencapai lokasi dan tidak dipungut biaya untuk mengunjunginya. 

17. Taman Laut Tumbak 

Taman Laut Tumbak 

Photo :
  • Instagram @pesonabhineka

Wisata laut juga memang mendominasi tempat wisata di Manado ini. Salah satunya seperti Taman Laut Tumbak yang lokasinya dapat ditempuh dari pusat kota Manado sekitar 3 jam. Tempat ini lokasinya juga tidak jauh dari Taman Laut Bunaken. Terdapat lebih dari 20 titik penyelaman di Taman Laut Tumbak ini yang diantaranya seperti Napo Kipas, Bohaga Kecil, Pintu Samudra, Taman Karang, dan Bohaga Mangrove.

18. Monumen Boboca

Monumen Boboca

Photo :
  • Instagram @manadoviral

Satu lagi monumen yang menjadi salah satu tempat wisata di Manado yang wajib dikunjungi yakni Monumen Boboca. Monumen ini memiliki bentuk yang unik karena mirip ari-jari gurita dan menjulang ke atas sehingga terlihat artistik. Lokasinya uga tak jauh dari Pantai Malalayang. Pemandangan yang disuguhkan dari monumen ini adalah lautan dan matahari tenggelam saat sore hari. Terdapat juga kuliner yang ada di sekitar tugu dan untuk mengunjunginya tidak dipungut biaya. 

19. Jembatan Soekarno

Jembatan Soekarno di Kota Manado

Photo :
  • VIVA/Agustinus Hari

Jembatan Soekarno menjadi salah satu tempat favorit bagi anak-anak muda di Manado untuk menghabiskan waktu di malam hari. Jembatan yang dulunya bernama Nyiur Melambai ini memiliki panjang sekitar 1.127 meter. Jembatan ini berada di Jalan Boulevard II, Kota Manado dan terbentang di atas pasar bersehati. Saat berada di Jembatan Soekarno ini pengunjung dapat melihat pemandangan. Sama seperti sebelumnya tempat ini juga tidak memungut biaya untuk mengunjunginya. 

20. God Bless Park

God Bless Park

Photo :
  • Instagram @efraronald

God Bless Park atau biasa disebut sebagai taman berkat ini juga menjadi salah satu ikon di kota Manado. Dinamakan God Bless Park karena patungnya berbentuk tangan yang sedang dikepal. Patung ini terletak di pinggir pantai tepatnya di Jalan Piere Tendean, Sario Utara, Kecamatan Sario, Kota Manado. Terdapat berbagai fasilitas yang disediakan seperti lapangan voli, basket, panjat tebing hingga area skateboard. Pemandangan laut bisa dinikmati oleh pengunjung sambil bersantai tanpa dipingut biaya apa pun.

Itulah 20 tempat wisata di Manado yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin pergi dan mengunjungi kota Manado untuk berlibur. Pilihlah tempat wisata yang paling cocok dengan yang kamu inginkan. Meskipun sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Manado, tapi destinasi-destinasi wisata di atas ini bisa menjadi referensi kamu dalam berwisata. Semoga segala informasi yang tersedia dapat membantu dan bermanfaat. 

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024