Aman Saat Berada di Hotel Selama Pandemi COVID-19, Ikuti Cara Ini

Kamar hotel
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA – Jika Anda akan bepergian selama pandemi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi risiko Anda terpapar dari virus COVID-19.

Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk membuat penginapan atau hotel Anda selama COVID-19 seaman mungkin.Dikutip dari laman oyster berikut ini tujuh tips aman menginap di hotel selama pandemi COVID-19.

1.  Pilih Hotel dengan protokol kesehatan

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Strategi keamanan dimulai sebelum Anda memesan. Lakukan riset sebelum membuat reservasi untuk memastikan bahwa hotel Anda mengikuti protokol keamanan yang ditingkatkan (seperti meningkatkan sanitasi di area umum, menerapkan penggunaan masker, dan membuat check-in tanpa kontak). Jika hotel tampaknya tidak menganggap serius pandemi, sebaiknya Anda cari tempat lain.

2. Anda juga harus ikuti prokes 

Jangan mengendurkan kewaspadaan hanya karena Anda sedang berlibur. Ikuti tip umum keselamatan COVID-19 yang sama yang Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari saat berada di hotel. Tiga hal terpenting yang dapat dilakukan adalah:

- Pertahankan jarak dari orang lain
- Pakai masker
- Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah check-in/check-out, segera setelah masuk kamar hotel, setelah memegang uang tunai/kartu kredit, dan sebelum makan.

3. Usahakan membuka jendela 

Jika Anda bisa, buka jendela di kamar hotel untuk menghirup udara segar—terutama jika Anda berbagi kamar dengan seseorang di luar gelembung normal Anda. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ventilasi merupakan faktor penting dalam mencegah penyebaran virus penyebab COVID-19. Resirkulasi udara dari unit AC split, koil kipas atau sistem apa pun yang berjalan dengan mode resirkulasi harus dihindari jika memungkinkan, kecuali di ruang hunian tunggal tanpa ada orang lain. 

Jika resirkulasi tidak dapat dihindari, tingkatkan pertukaran udara luar ruangan dengan membuka jendela, jika memungkinkan dan aman untuk melakukannya, dan minimalkan hembusan udara dari satu orang secara langsung ke orang lain.

Kipas angin di lantai atau di langit-langit dapat memberikan ventilasi jika orang yang menempati ruangan berasal dari rumah yang sama, tetapi tidak disarankan jika wisatawan dari rumah yang berbeda sedang berkumpul.”

4.Bersihkan area yang sering disentuh

Kemas beberapa tisu pembersih dan bersihkan area yang sering disentuh di kamar Anda secara menyeluruh. Hotspot virus ini termasuk sakelar lampu, wastafel, toilet flush, telepon, remote, dan gagang pintu. Pastikan Anda membasahi permukaan yang Anda seka untuk membunuh kuman sepenuhnya.

5.Hindari ruang bersama

Mintalah kamar di lantai bawah dan pilihlah untuk naik tangga di atas lift untuk menghindari berada di ruang terbatas. Lewati penggunaan gym hotel, kolam renang, atau fasilitas bersama lainnya jika ada tamu lain dan jarak sosial tidak memungkinkan.

6.Minta kamar yang belum dihuni

Meskipun ini bukan cara utama penularan penyakit, Anda berisiko tertular COVID-19 melalui permukaan yang terkontaminasi. Kamar hotel harus dibersihkan cukup menyeluruh di antara tamu sehingga transmisi permukaan seharusnya tidak menjadi masalah, namun, untuk ekstra hati-hati, sebaiknya minta kamar yang kosong selama satu atau dua hari sebelum Anda check-in. 

7.Pilih layanan kamar

Makan di dalam ruangan, bahkan dengan meja terpisah, dianggap sebagai aktivitas berisiko tinggi oleh Centers for Disease Control (CDC). Kurangi risiko Anda dengan memesan layanan kamar atau membawa pulang makanan ke kamar Anda daripada makan di restoran hotel.

Sebelum pandemi, Pantai Sanur menjadi semakin populer seiring dengan bertambahnya jumlah hotel, restoran dan bar, serta wisatawan yang ingin menikmati alam Bali dengan santai serta kemudahan akses dari bandara dan kota.

IHG Hotels and Resorts dan mitra, PT Pancaran Kreasi Adiprima, bersemangat untuk mengembangkan merek hotel mewah pertama dan terbesar di dunia, InterContinental Hotels & Resorts, di Bali Indonesia. 

120 all-suite dan resor vila InterContinental Bali Sanur Resort akan berubah merek dari hotel yang sebelumnya dikenal sebagai Fairmont Sanur Beach Bali, dan akan diluncurkan kembali dengan identitas baru untuk menyambut tamu yang ingin merasakan gaya hidup InterContinental.

Resor tepi pantai ini terletak di Pantai Sanur yang terkenal dengan hamparan pantai berpasir dengan perairan dangkal dan menawarkan 26 vila, masing-masing dengan kolam renang pribadi, serta 94 suite. Resor ini terletak di sebelah Holiday Inn Bali Sanur yang telah lebih dulu dibuka pada Agustus 2021.

“Kami sangat senang dapat memperluas kemitraan kami dengan tim di PT Pancaran Kreasi Adiprima, dan menghadirkan hotel kedua ke kawasan hotel IHG yang terletak di Pantai Sanur,” kata Serena Lim, Vice President, Development, South East Asia and Korea, dalam keterangannya. 

Dato Sri Tahir, Chairman of Mayapada Group menambahkan, “Indonesia, termasuk Bali, sudah mulai terbuka untuk wisatawan internasional dan saya yakin kita akan melihat industri pariwisata domestik dan internasional pulih dengan cepat.”

 IHG Hotels & Resorts saat ini mengoperasikan 25 hotel di Indonesia dengan berbagai merek termasuk Six Senses, InterContinental, Crowne Plaza, Hotel Indigo, Holiday Inn, dan Holiday Inn Express. Dua belas hotel saat ini sedang dalam proses.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya