10 Tempat Wisata di Cirebon yang Sangat Ciamik dan Wajib Didatangi

Gua Sunyaragi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA Tempat wisata di Cirebon dapat menjadi salah satu pilihan liburan kali ini. Cirebon sendiri merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Barat, sehingga seluruh masyarakat di Tanah Air dapat mengaksesnya dengan mudah. Kota ini mendapat julukan sebagai kota udang lantaran dulunya pada abad ke-15 masyarakat setempat kerap mencari udang rebon yang menjadi mata pencaharian utama mereka.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Tidak heran bila banyak sekali kuliner di Cirebon yang terbuat dari bahan campuran udang rebon. Selain itu, kota ini juga dikenal dengan mangga gedong gincunya yang kerap dijadikan sebagai oleh-oleh. 

Ketika menghadapi libur panjang, Cirebon sering ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari luar kota. Meningkatnya para pengunjung ke Cirebon tidak terlepas dari perkembangan ekonomi dan infrastruktur yang lumayan pesat. Sejak diresmikan Tol Cipali, jarak tempuh menuju Cirebon menjadi semakin cepat.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Selain itu, tempat wisata di Cirebon ini didominasi dengan wisata alam, karena kota ini mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Mulai dari waduh, bukit, sampai telaga, bisa kamu datangi. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Cirebon

Lantas, Apa Saja Tempat Wisata di Cirebon?
1. Desa Wisata Cikalahang

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Desa Wisata Cikalahang

Photo :
  • Tangkapan Layar

Masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya mungkin sering menjadikan tempat liburan bersama dengan keluarga besar atau pasangan. Salah satu tempat wisata di Cirebon ini memang terkenal dengan ikan bakar dan memiliki pemandangan alam khas pegunungan. Bahkan, para pengunjung bisa menangkap ikan sendiri untuk dimasak menjadi makanan yang lezat. Selain itu, desa wisata yang satu ini juga menawarkan berbagai daya tarik wisata untuk para pengunjung. 

Mulai dari perahu wisata, pemondokan, dan kolam renang yang bisa kamu jajal untuk menyemarakan liburan bersama keluarga. Desa Wisata Cikalahang sendiri berada sekitar 2 kilometer dari Sumber, pusat Kabupaten Cirebon, tepatnya berada di Kecamatan Dukupuntang. Lokasinya juga bisa dijangkau dengan mudah oleh kendaraan pribadi. 

2. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland.

Photo :
  • U-Report

Setelah sempat terabaikan, Taman Ade Irma Suryani ini kemudian digubah menjadi sebuah taman air yang bernama Cirebon Waterland. Tempat ini buka mulai pukul 7 pagi sampai 9 malam dengan harga tiket yang mencapai Rp50 ribuan. Bukan hanya ada kolam renang, kamu juga bisa menemukan spot menarik, seperti restoran dengan gaya kapal laut dan pondok ikonik. Tempat wisata di Cirebon ini berada di Jalan Yos Sudarso, Nomor 1, Desa Lemahwungkuk. 

3. Taman Sari Goa Sunyaragi

Gua Sunyaragi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Tempat wisata di Cirebon berikutnya adalah situs cagar alam dengan luas mencapai 15 hektar di wilayah Sunyaragi, Kesambi. Pada awalnya, kompleks candi ini dipakai sebagai tempat beristirahat dan bermeditasi oleh sultan Cirebon. Maka dari itu, tidak heran bila banyak terowongan penghubung bawah tanah dan saluran ini. Selain itu, tempat ini juga dipakai sebagai lokasi pagelaran kebudayaan. 

Keaslian bangunan batu kuno Goa Sunyaragi ini masih terasa sangat murni sampai saat ini. Warga setempat kerap menggunakan tempat ini sebagai salah satu spot untuk berfoto. Bahkan, pengelola tempat wisata di Cirebon ini meluncurkan wahana balon udara yang tentunya akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sini. 

4. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong

Photo :
  • Tangkapan Layar

Cirebon juga memiliki destinasi pemandangan malam yang sangat ciamik, namanya adalah Bukit Gronggong. Tempat wisata di Cirebon ini adalah salah satu lokasi nongkrong favorit anak muda yang tinggal di Cirebon dan sekitarnya. Ketika berada di bukit ini, kamu akan menikmati pemandangan malam dari ketinggian sembari duduk di bangku dan menikmati minuman hangat.

Bahkan, saat ini Bukit Gronggong sudah dilengkapi dengan restoran dan penginapan yang menyajikan pemandangan alam perbukitan yang cantik. Jadi, liburan bersama keluarga atau pasangan pun akan semakin menyenangkan. Untuk kamu yang tertarik ke bukit ini, hanya perlu mendatangi daerah Patapan, Beber, Cirebon dan kamu hanya perlu membayar Rp2.000 saja. 

5. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan

Photo :
  • U-Report

Keraton Kasepuhan adalah salah satu tempat wisata di Cirebon yang wajib dikunjungi, terutama untuk kamu yang tertarik dengan sejarah Cirebon. Keraton Kasepuhan ini dibangun sekitar tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati. Pada masa lalu, keraton yang dinamakan sebagai Pakungwati ini dibangun sebagai pusat pemerintahan Cirebon. 

Nama tempat ini kemudian diubah menjadi Keraton Kasepuhan setelah adanya pembagian wilayah di masa pemerintahan Pangeran Mertawijaya, yang dikenal juga dengan Sultan Sepuh Mohammad Syamsudin Mertawijaya. Tempat ini memiliki berbagai peninggalan bersejarah, mulai dari kereta kencana, sampai lukisan Prabu Siliwangi. Letaknya berada di Jl. Kasepuhan Nomor 43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. 

6. Setu Patok

Setu Patok

Photo :
  • Tangkapan Layar

Masyarakat setempat biasa menyebut Setu Patok dengan Danau Toba-nya Cirebon. Hal ini sangat wajar lantaran Setu Patok dikatakan sebagai danau terbesar yang ada di wilayah Cirebon. Tempat wisata di Cirebon ini dijadikan sebagai tempat bersantai dan berfoto oleh masyarakat setempat. Setu Patok paling ramai dikunjungi di sore hari karena pemandangan sunset-nya. 

Pemandangan yang indah dan dikelilingi dengan perbukitan bukan satu-satunya daya tarik yang dimiliki oleh Setu Patok. Di tempat ini para pengunjung bisa menjajal berbagai kegiatan menarik, mulai dari memancing, piknik, sampai mengelilingi danau. Akses menuju danau ini pun sangat mudah karena lokasinya berada di jalur pantai utara kawasan Mundu yang hanya memakan waktu 30 menit dari pusat kota. 

7. Pantai Kejawanan

Kapal bersandar di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan Cirebon.

Photo :
  • U-Report

Pantai Kejawanan dapat menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon untuk kamu yang merindukan suasana semilir pantai dan deburan air laut. Walaupun lokasinya kurang terawat bila dibandingkan dengan pantai lain, tapi banyak warga yang menghabiskan waktu di tempat ini sambil menikmati kopi dan camilan. 

Selain itu, kamu juga bisa menaiki perahu motor untuk mengelilingi area Pantai Kejawanan hanya dengan membayar ongkos sewa sekitar Rp15 ribu sampai Rp20 ribu saja. Pantai Kejawanan ini juga memiliki berbagai spot menarik yang bisa dijadikan sebagai salah satu objek foto kamu. 

8. Hutan Plangon

Objek wisata Plangon, Cirebon

Photo :
  • VIVAnews/ Reza Putra

Hutan Plangon bisa menjadi salah satu tempat wisata yang unik dan keramat untuk masyarakat Cirebon. Konon katanya, hutan ini adalah tempat menyepi dua pangeran keraton Cirebon. Banyak juga yang mengatakan bahwa kedua pangeran itu disemayamkan di hutan ini. Tak heran bila banyak pengunjung datang ke Hutan Plangon untuk berziarah ke makam tersebut.

Tempat wisata di Cirebon ini berada sekitar 3 kilometer dari pusat kota yang ditinggali oleh ratusan kera dan berbagai jenis flora. Pengunjung yang mendatangi hutan ini bisa bercengkrama dengan kera atau hanya memberikan makanan. Tapi perlu diingat, mayoritas dari kera yang ada di Hutan Plangon masih agresif, jadi harus berhati-hati. 

9. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon

Photo :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

Makam Sunan Gunung Jati ini kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata religi untuk para wisatawan yang berasal dari Pulau Jawa. Ketika berada di tempat wisata di Cirebon ini kamu akan merasakan suasana yang khidmat karena lantunan ayat suci yang bergema di seluruh kompleks makam. Gaya arsitektur khas Tiongkok, Jawa, dan Arab berpadu di tempat ini.

Daya tarik lain di makan ini adalah adanya sembilan pintu yang disusun secara bertingkat. Akan tetapi, para pengunjung hanya diperbolehkan untuk masuk sampai pintu yang kelima. Karena, pintu-pintu yang lainnya hanya untuk keturunan Sunan Gunung Jati. Kompleks Makam Sunan Gunung Jati ini berada di Jl. Alun-Alun Astana Gunung Jati 53, Kecamatan Gunung Jati.

10. Keraton Kanoman

Siti Hinggil Keraton Kanoman

Photo :
  • U-Report

Keraton Kanoman merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah di Cirebon yang tidak kalah menarik dari Keraton Kasepuhan. Walaupun sudah mengalami banyak pemugaran, keratin ini tetap mempertahankan gaya arsitektur khas Jawa dan Tiongkok yang mengandung nilai sejarah tinggi tentang kerajaan Islam di Indonesia. 

Keraton ini juga menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah, mulai dari lukisan, kerajinan, dan kereta kencana Paksi Naga Liman yang legendaris bisa kamu temui di sini. Sejak didirikan tahun 1678, tempat wisata di Cirebon ini masih mempertahankan adat dan tradisi sampai kini. Di tempat ini juga sering diadakan upacara keagamaan, seperti Ritual Panjang. 

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024