10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Eksotis nan Memesona

Bangsring Underwater 
Sumber :
  • Instagram @bangsringunderwater

VIVA – Banyuwangi merupakan kabupaten terbesar di Provinsi Jawa Timur. Tempat wisata di Banyuwangi saat ini menjadi salah satu tujuan wisata populer yang dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Kota yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini menyimpan sejuta pesona yang luar biasa indahnya.

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Banyuwangi adalah pintu masuk menuju Bali. Tempat wisata di Banyuwangi ini tak kalah menariknya dengan Bali. Banyuwangi memiliki wisata yang cukup beragam, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi, area pegunungan dan pantai, serta lokasi-lokasi bersejarah dan situs peninggalan zaman kuno lainnya. Berikut rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi.

1. Jawatan Benculuk

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

Hutan Jawatan Benculuk.

Photo :
  • U-Report

Jawatan Benculuk ini memiliki kemiripan dengan lokasi film trilogy Lord of the Rings. Jika kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan merasakan dunia para elf, peri hutan seperti yang dirasakan Frodo Baggins dan teman-temannya di Jawatan Benculuk. Wisata ini menyuguhkan pesona yang alami dan menakjubkan. Lokasi yang menghijau dengan beragam tumbuhan, pohon tanaman yang menjalar, ditambah sentuhan sinar mentari menjadikan wilayah ini begitu eksotis. Bagi kamu pecinta wisata alam, wajib banget datang kesini.

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Jam buka: Setiap hari hingga jam 18.00

Harga tiket: free

Biaya parkir: untuk motor Rp3.000, sedangkan mobil Rp5.000.

Lokasi: Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen, Banyuwangi.

Photo :
  • U-Report

Kawah Ijen telah ditetapkan sebagai kawasan cagar biosfer oleh UNESCO di tahun 2016. Sejak itulah Kawah Ijen Banyuwangi semakin populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawah Ijen masih termasuk ke dalam area Taman Wisata Ijen dengan luas 2.560 hektare, objek wisata ini terletak di puncak Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Banyuwangi. Eksotisme api biru di Kawah Ijen menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. 

Tiket masuk: Wisatawan lokal hari biasa Rp5.000, sedangkan hari libur Rp7.500. sedangkan untuk wisatawan mancanegara hari biasa Rp100.00, untuk hari libur Rp150.000.

Harga Tiket Parkir Kendaraan Kawah Ijen: Roda dua Rp5.000, roda empat Rp10.000, berkemah Rp5.000.

Lokasi: Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia

3. Air terjun Coklak, Glenmore

Air terjun Coklak, Glenmore

Photo :
  • Instagram @pergipedia

Air terjun Coklak di Glenmore memiliki tebing yang indah dan warna air yang beragam. Untuk dapat menyaksikan keindahan alam air terjun Coklak, kamu harus melewati jalan trecking yang cukup panjang. Meski demikian, perjuangan perjalanan ini sebanding dengan apa yang akan kalian saksikan yaitu curahan air dalam debit besar yang menghasilkan pelangi yang indah. 

Tiket masuk: Gratis

Lokasi: Tegalharjo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

4. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Photo :
  • U-Report

Taman Nasional Barunan ini memiliki sensasi alam savana Afrika. Banyak spot yang bisa kalian kunjungi di sini. Mulai dari padang savana yang luas, rindangnya hutan hijau, goa Jepang, teluk hingga bangunan candi. Hal yang paling istimewa adalah kehidupan hewan liar di taman ini. Bakalan memancing adrenalin kamu deh.

Jam buka: Senin -Jumat, 07.30 – 16.00

Harga tiket: Rp15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp150.000 untuk wisatawan mancanegara .

Lokasi: Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur

5. Bangsring Underwater 

Bangsring Underwater 

Photo :
  • Instagram @bangsringunderwater

Tempat wisata di Banyuwangi ini merupakan tempat favorit para penyelam. Tempat konservasi terumbu karang ini memiliki taman bawah laut yang memesona lho. Bangsring Underwater atau biasa disingkat Bunder ini adalah wisata alam berbasis konservasi terumbu karang. Ada terumbu karang yang alami, ada juga yang buatan. Tempat wisata ini tercipta sebagai buah hasil kerja keras para nelayan desa setempat.

Beragam fasilitas telah tersedia disana, mulai dari gazebo, penyediaan alat snorkeling, kamera underwater, hingga chasing waterproof. Terdapat juga persewaan watersport seperti kano dan banana boat. Tak hanya itu, disana juga terdapat penyewaan perahu tradisional bagi wisatawan yang ingin melanjutkan wisata ke Pulau Tabuhan. Jika kamu ingin menginap, ada beragam hotel dan penginapan di sekitar Pantai Bangsring Banyuwangi.

Harga tiket: Rp5.000/orang. 

Spot snorkeling: Rp30.000/orang.

Lokasi: Lokasinya tempat wisata ini beralamat di Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

6. Pantai Pulau Merah 

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi.

Photo :
  • U-Report

Kamu suka wisata alam pantai? Tempat wisata di Banyuwangi ini cocok bagi kamu yang menyukai pantai. Pulau Merah atau Pulo Merah merupakan sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Pantai Pulau Merah juga terdapat Pura di mana warga yang beragama Hindu di sana melaksanakan ibadah ataupun upacara Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

Jam buka: Wisatawan bisa datang ke pantai ini setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung pada saat siang menjelang sore. Karena pengunjung bisa menyaksikan sunset yang cantik. Sedangkan pantai ini sendiri buka selama 24 jam.

Harga tiket: Rp10.000

Lokasi: Pantai ini berlokasi di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi Jawa Timur.

7. Kampung Warna-Warni Kalilo

Kampung Warna-Warni Kalilo

Photo :
  • banyuwangibagus.com

Banyuwangi juga memiliki sebuah kampung warna-warni seperti kota Malang. Lokasinya terletak di bantaran sungai Kalilo, sebuah perkampungan disulap oleh pemerintah setempat menjadi objek wisata kekinian yang kini banyak menarik wisatawan lokal dan hingga wisatawan luar kota.

Sungai Kalilo yang terletak di tengah kota Banyuwangi ini memiliki sejarah panjang dan air yang bersih. Pemerintah setempat berupaya untuk memberi edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya peran sebuah sungai dan untuk menjaganya agar tetap bersih. Salah satu daya tarik utama kampung ini yaitu sebuah jembatan yang kerap dimanfaatkan pengunjung untuk berswafoto. 

Tiket masuk: kamu cukup membayar tiket parkir saja seharga Rp2.000 yang dikelola oleh warga setempat.
Lokasi: Kampung warna-warni ini berada di bantaran Sungai Kalilo.

8. Kampung Durian

Durian di Kampung Duren Banyuwangi

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

Selain terkenal dengan alamnya, Songgon - Banyuwangi juga sangat populer berkat  buah durian. Kali ini, Songgon menyajikan tempat wisata yang sangat cocok bagi kamu pencinta durian. Kampung Durian, menjadi tempat liburan wisatawan yang ingin menikmati berbagai jenis durian yang ada di Banyuwangi, mulai durian merah, durian orange, hingga durian pelangi.

Songgon merupakan salah satu daerah penghasil durian. Di kecamatan ini terdapat 465 hektare lahan yang ditanami durian. Khusus di Kampung Durian, terdapat sekitar 4.000 pohon durian. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata ini, lokasinya berada di Sembawur, Songgon, Banyuwangi. 

9. Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Banyuwangi selanjutnya ada Teluk Hijau. Tempat ini berada di dalam area Taman Nasional Meru Betiri. Teluk Hijau atau Green Bay merupakan sebuah teluk dengan air berwarna hijau turquoise yang sangat indah dan memiliki pasir putih yang lembut. Disekitar teluk juga terdapat area hijau yang menambah pesona indahnya. Karena letaknya di dalam taman nasional, para wisatawan bisa saja bertemu dengan monyet-monyet di sekitar pantai. Sebab itu, pastikan semua barang bawaan selalu disimpan dalam kondisi yang aman dan jangan pernah memberi para monyet makan ya. Nanti jadi habit yang tidak bagus.

Jam Buka: 07.00 - 16.30

Harga Tiket: Rp5.000 - Rp7.500

Lokasi: Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68488

10. Wisata Pantai Plengkung atau G-Land Banyuwangi

Pantai Plengkung

Photo :
  • Istimewa

Rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang terakhir yaitu Pantai Plengkung. Pantai Plengkung atau G-Land ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan dari berbagai negara. Terutama bagi mereka yang memiliki hobi berselancar atau surfing.

Pantai ini digadang-gadang sebagai salah satu wisata di Banyuwangi yang menjadi destinasi surfing terbaik di dunia. Pantai Plengkung memiliki gulungan ombak yang sangat besar dan tinggi. Pantai Plengkung dijuluki sebagai “The Seven Giant Waves Wonder” oleh peselancar asing karena memiliki 7 gulungan ombak yang memiliki ketinggian hingga 6 meter.

Tiket masuk: Rp5.000

Tiket parkir Pantai Plengkung Rp.3.000 saat anda menggunakan sepeda motor dan mobil Rp.5.000.

Lokasi: Beralamat di Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang eksotis dan instagrammable dikutip dari berbagai sumber. Pastikan untuk menerapkan protokol Kesehatan ya jika ingin berlibur. Selamat berakhir pekan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur tengah menyidik dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menyeret ahli nuklir dari UGM.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024