5 Wisata Garut yang Harus Kamu Kunjungi

Suasana di Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat
Sumber :
  • Diki Hidayat/ VIVA.co.id

VIVA – Garut tidak dikenal dengan khas wisata kulinernya, seperti dodol, garut juga dikenal dengan pemandangan alamnya yang sangat luar biasa, mulai dari pegunungan hingga wisata pemandian air panas.

Blok Tegal Alun Gunung Papandayan Garut Terbakar, Api Kian Membesar

kalua wisata Lombok dan Bali terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, Garut sendiri memiliki beberapa pemandian air panas, yang terletak di beberapa daerah di garut.

Garut merupakan kabupaten yang terletak tidak jauh dari kota Bandung. Garut juga sudah cukup dikenal sejak zaman kolonial sebagai salah satu tujuan beristirahat. Salah satunya karena Garut dikelilingi banyak gunung, sehingga udaranya sejuk dan segar. berikut wisata garut yang dikutip dari beberapa sumber.

Candi Cangkuang Terbuat dari Cokelat, Tapi Tak Bisa Dimakan

1. Kawah Papandayan

Gunung Papandayan sangat cocok untuk destinasi bagi yang suka mendaki, namun tidak terlalu sulit untuk diterjar, pasalnya Gunung Papandayan tidak terlalu tinggi, hal ini sangat cocok untuk mengakhiri aktivitas di weekend.

Melenggang ke Kampung Naga, Tasikmalaya

Tidak hanya menyuguhkan panorama alamnya, di Gunung Papandayan juga terdapat danau yang sangat indah, bagai para pendaki bisa digunakan untuk berenang atau sekedar untuk mandi, Gunung Papandayan terletak di Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

2. Pemandian Air Panas Darajat Garut

Kompleks wisata Puncak Darajat terletak tidak begitu jauh dari pusat kota, dan cukup mudah untuk dijangkau. Disini anda bisa menikmati wisata air panas alami di ketinggian perbukitan yang hijau. Sensasinya cukup berbeda dengan Cipanas, yang terletak di daerah yang lebih rendah.

Anda bisa berenang, bermain di water boom, ataupun sekedar berendam air panas di ketinggian. Terkadang sambil diselimuti kabut dingin, lokasi ini  Jl. Puncak Darajat No.Km. 14, Karyamekar, Pasirwangi, Kabupaten Garut.

3. Kampung Naga

Tidak hanya menyuguhkan gunung dan pemandian air panas, di garut juga terdapat kampus wisata adat, yaitu Kampung Naga, salah satu kampung adat di Jawa Barat yang cukup terkenal. Secara administrasi, Kampung Naga sebenarnya masuk ke wilayah kabupaten Tasikmalaya. Namun lokasinya cukup dekat dari Garut. Karena hal ini juga, banyak yang mengira Kampung Naga masuk ke wilayah Garut.

Di Kampung Naga, suasananya masih terjaga asri. Anda bisa menemukan kondisi alami yang serasi dengan alam, belajar budaya masyarakat Sunda yang masih terjaga, sekaligus melepas penat, yang berlokasi Neglasari, Kec. Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

4. Kawah Kamojang

Berada di perbatasan Garut-Bandung, kawah Kamojang bisa anda jadikan alternatif tujuan wisata. Rutenya masih satu jalur dengan Kampung Sampireun dan juga Kebun Mawar Situhapa.

Meskipun namanya kawah, tapi disini tidak terdapat kawah biasa, lebih berupa uap panas bumi yang keluar dari area-area tertentu. Disini kita bisa berkeliling area, berendam air panas, dan lain sebagainya.

5. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang terletak di kecamatan Leles. letaknya sebelum memasuki kota Garut tidak jauh dari jalan raya sehingga tempat wisata ini bisa menjadi tempat wisata pertama yang anda kunjungi.

Candi Cangkuang terletak di tengah danau untuk menuju lokasi anda harus menyebrang terlebih dahulu menggunakan rakit yang banyak tersedia disana. Selain itu juga terdapat kampung adat Kampung Pulo yang terletak persis di pinggir candi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya